Cumulus swf - flash

Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Optimalkan Search Engine (SEO) dengan Merubah Tag Title Blog

Trik ini sebenarnya sudah banyak digunakan blogger untuk mengoptimalkan daya tangkap mesin pencari terhadap judul posting yang kita buat. Yah ..., karena judul posting inilah sebenarnya yang menjadi sasaran pencarian netter dikala browsing. Upaya optimalisasi dilakukan dengan perubahan kode HTML (tag style) yang terdapat di template bagian atas. Perubahan tag style dimaksudkan agar judul posting lebih mudah ditangkap (terindeks) mesin pencari.

Bagaimana memahami kaitan perubahan tag title, search engine dan browsing para pengguna internet dengan SEO?

Kemudahan dan kecepatan sebuah "data yang berupa teks" untuk terindeks oleh mesin pencari sangat bergantung kepada kemudahan deteksi "teks dimaksud". Hal ini akan sesuai dengan fakta yang terjadi dilapangan saat para netter beraksi. Mereka akan lebih banyak melakukan browsing dengan cara melakukan pencarian berdasarkan "teks atau kata-kata yang umumnya digunakan sebagai judul posting" dibandingkan dengan pencarian yang didasarkan atas nama web/blog. Kenyataan seperti ini membuat blogger harus merubah "desain awal template" yang menempatkan judul/nama blog di depan judul posting. Membalik penataan yang seperti ini akan memungkinkan setiap judul posting lebih cepat terindeks mesin pencari.

Cobalah buka blog sampeyan, kemudian lakukan klik kanan pada mouse kemudian pilih View Page Source. Setelah terlihat seluruh kode blog, carilah pada bagian atas maka akan terlihat seperti contoh di bawah ini:

<title>Nama Blog: Judul Posting</title>
Dalam bentuk riil akan terlihat seperti ini:
<title>gubhug reyot: Cara Membuat Teks Berjalan dengan Marquee Effect</title>

Bentuk seperti di atas itulah yang selama ini ada di web/blog dan dihasilkan dari kode HTML (tag title) yang digunakan di template. Bentuk tag stylenya sendiri seperti berikut:

Tag Title Bawaan Template


<title><data:blog.title/></title>


Agar optimalisasi pencarian search engine terhadap judul posting terjadi maka tag style akan kita ubah dalam bentuk seperti berikut:

Kode HTML Baru


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> 
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>

Penggunaan kode HTML baru seperti yang terlihat di atas, yang nantinya akan digunakan untuk menggantikan tag style menghasilkan bentuk berbeda pada ouput web/blog seperti terlihat di bawah ini:
<title>Cara Membuat Teks Berjalan dengan Marquee Effect | gubhug reyot</title>
Judul posting terlihat di bagian depan baru disusul dengan nama blog! Dengan tatanan baru ini tentu saja optimasi search engine akan lebih maksimal.

Cara merubah tag title


  • Login ke Blogger.
  • Design (rancangan).
  • Edit HTML.
  • Back-up template dengan klik "Download Template Lengkap".
  • Simpan file template di folder PC.
  • Cari kode:
    <title><data:blog.title/></title>
    Gunakan Ctrl+F untuk mencari kode tersebut.
  • Ganti kode di atas dengan kode berikut:

  • <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> 
    <title><data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    </b:if>
  • KLIK "SAVE Templates/Simpan Templates".
  • Buka blog dan cek hasilnya dengan klik kanan pada mouse dan dilanjutkan dengan pilih "View Page Source" untuk melihat tatanan teks baru yang terdapat di tag title!


Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :





» Happy Blogging - gubhugreyot «


7 komentar:

  1. thanks mas broo, setelah saya, terapkan trik dari sampean ini, link postingan saya yg ini "http://dwicell57.blogspot.com/2010/11/nokia-x-2-rm-618-v0490-bi-only.html" masuk diposisi pertama di google, dengan kata kunci "nokiax2 bi only". salam kenal dari cak jowo lampung.

    BalasHapus
  2. tks bos..mampir juga ke blog ku

    http://loviabatikdancraft.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Gan salam bloger... gan permintaan saya sangt sederhana buat agan,, tp buat saya sangt bingung mngkn krn saya pmuala... gmana gan cara mmbuat kotak backguond pembungkus search engine contoh nya spt agan ini... bukan form tp search engine bawaan tp pngn di background,,, dtunggu scpt y gan.. makach...

    BalasHapus
  4. haturnuhun...ditunggu kunjungan baliknya...
    http://wydcom.blogspot.com

    BalasHapus
  5. ide bagus Gan.. Blgnya pun juga bagus.. Newbi niih.. mapir ya gan.. www.ken-zoo.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Trima kasih Pak, sangat membantu sekali. akan saya Ikuti Terus Yang Terbaru dari anda karna Untuk Mengedit Blog Baru sangat begitu susah bagi saya pemula.

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot