Cumulus swf - flash

Bru masuk angin!

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Cara Ganti Background New Blogger Template Lewat "variable definitions"

Hampir bisa dikatakan "99,9 % blog/web pasti menggunakan minimal 1 (satu) buah gambar/image sebagai background" atau dengan kata yang lain, "99,9 % desain blog selalu menggunakan background-image". Beberapa hal tentunya menjadi bahan pertimbangan yang cukup penting mengapa satu atau beberapa buah background image digunakan untuk melengkapi desain blog, diantaranya tentu saja untuk membuat blog mnenjadi lebih menarik. Bahkan jika kita melihat pada beberapa template dari "New Blogger Template", maka kita bisa melihat betapa background image digunakan secara maksimal pada keseluruhan bagian body dengan melibatkan efek transparansi sehingga background cantiknya selalu terlihat karena bagian-bagian dalam blog dibuat transparan. Ini memperlihatkan bahwa ada sebuah upaya untuk menciptakan daya tarik dan kecantikan blog melalui sebuah gambar atau background image. Agar pengguna bisa mendapatkan background image yang sesuai selera, tak ketinggalan bloggerpun telah menyediakan puluhan gambar yang bisa dipilih sesuka hati dan dapat sampeyan peroleh melalui link "Template Designer" yang terletak di halaman dashboard. Tapi ... sekali lagi .... tapi ...! Namanya juga manusia, sekalipun banyak yang telah disediakan, namun beberapa blogger mungkin merasa belom ada yang cocok dengan seleranya sehingga perburuan mencari backgroundpun dimulai. Lha ... setelah background yang cocok dan sesuai selera telah ditemukan, bagaimana cara pasangnya yang paling mudah dan "cespleng" tanpa merubah banyak kode?

Merubah background image pada body paling mudah kita lakukan lewat :"Variable definitions" yang terletak di template bagian atas. Ketika background kita rubah melalui "variable definitions", maka struktur desain sama sekali tak akan berubah, sehingga ketika kita akan mengganti kembali dengan background bawaan blogger, maka bisa langsung melalui link "Template Designer".

Cara Mengganti Background Image Body

  • Login ke Blogger dengan cara menuliskan Email Address, Password kemudian klik LOGIN
  • Setelah DASBOARD (Dasbor) terbuka, klik DESIGN (Rancangan).
  • KLIK Edit HTML kemudian lanjutkan klik DOWNLOAD FULL TEMPLATE (Download Template Lengkap) untuk melakukan penganmanan terhadap template (back-up templates). Simpan file template di folder PC.
  • Setelah file template tersimpan dengan aman, silahkan lihat kembali kode-kode di "Edit HTML" kemudian cari kode "Variable definitions".
    Contoh:
    <b:skin><![CDATA[/*
    -----------------------------------------------
    Blogger Template Style
    Name:     Travel
    Designer: Sookhee Lee
    URL:      www.plyfly.net
    ----------------------------------------------- */
    
    /* Variable definitions
       ====================
       <Variable name="keycolor" description="Main Color" type="color" default="#539bcd" value="#000000"/>
    ..... dst
    ....dst
  • Lanjutkan dengan mencari kode :
    <Variable name="body.background" ... dst
  • Posisi kode tersebut teletak di bawah teks "Variable definitions". Dibeberapa template sangat dekat di bawahnya tetapi bererapa yang lain agak jauh!
  • Salah satu contoh kode lengkapnya sebagai berikut:
    <Variable name="body.background" description="Body Background" type="background"
           color="$(body.background.color)" default="$(color) none repeat-x scroll top center" value="#000000 url(http://themes.googleusercontent.com/image?id=138nRoL9nnp3cpYZSFDboqkpZRjABppHx9mblsjLzm5iheWroBRtOkzISbanbAe9WPshv) no-repeat scroll top center /* Credit: jacomstephens (http://www.istockphoto.com/googleimages.php?id=6278539&platform=blogger) */"/>
  • Ganti kode yang tercetak miring dengan url image baru yang akan digunakan sebagai background body.
  • KLIK "SAVE TEMPLATE".

Catatan - Keterangan

  • Selalu gunakan "Ctrl + F" untuk mempermudah pencarian kode.
  • Upayakan menggunakan background dengan ukuran tepat (sebaiknya berukuran 1024px(tinggi) dan 683px (lebar)).
  • Kualitas gambar tidak harus dalam format terbaik, yang penting tetap cukup terlihat bagus agar beban tak terlalu berat.
  • Agar aman upload dan simpan gambar background baru di blogger saja melalui halaman posting.
  • Contoh hasil perubahan kode : Background sudah diganti dengan url baru
    <Variable name="body.background" description="Body Background" type="background"
           color="$(body.background.color)" default="$(color) none repeat-x scroll top center" value="#000000 url(http://4.bp.blogspot.com/-LFB-hI1KpbU/Tl_rGi88GvI/AAAAAAAAADg/oM95zEG75S4/s1600/wisata_pantai.jpg) no-repeat scroll top center /* Credit: jacomstephens (http://www.istockphoto.com/googleimages.php?id=6278539&platform=blogger) */"/>

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :

» Happy Blogging - gubhugreyot «

4 komentar:

 
GR | Edited by | gubhug reyot