Search here

Type a word related to the post, then click the search button !

Memuat...
English
Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Panduan Cara Merotasi - Memutar Gambar - Image dengan Adobe Photoshop

Panduan BloGGeR dan Panduan BlogDETIK tentang merotasi gambar atau image merupakan serial lanjutan tentang penggunaan Adobe Photoshop sebagai Tutorial BloGGeR praktis dan sederhana guna melengkapi kemampuan blogging dengan sebuah kemampuan editing gambar. Panduan editing sederhana yang tersampaikan di sini diharapkan terus dikembangkan sehingga setiap blogger mempunyai ketrampilan editing dan mampu mengelola dengan baik posting dalam bentuk gambar serta mampu membuat sendiri gambar/image yang diperlukan saat melakukan perubahan desain blog.

Merotasi gambar mempunyai banyak manfaat untuk seorang blogger. Satu contoh sederhana adalah bagaimana membuat tanda panah pada gambar visualisasi sebuah tutorial yang harus ditata sedemikian rupa sehingga tanda panah tersebut tidak mengganggu apa yang disampaikan. Merotasi gambar juga akan sangan bermanfaat ketika kita membuat sebuah gambar berbentuk animasi. Tentu saja diluar itu masih banyak lagi keuntungan yang diperoleh melalui teknik rotasi ini.

Karena cara merotasi gambar bisa dilakukan dengan dua cara, maka di blogspot ini akan kita postingkan cara pertama, sedang cara yang ke dua kita akan postingkan di BlogDETIK.

Cara Merotasi Image - Gambar Menggunakan Adobe Photoshop :

  1. Ambil Gambar : KLIK "File", lanjutkan dengan "Open". Pilih Gambar yang akan di rotasi. Untuk melakukan ini gunakan gambar yang berukuran kecil terlebih dahulu.
  2. Tarik Sisi Gambar : Arahkan cursor pada ujung kanan-bawah layar gambar hingga cursor berbentuk tanda panah di kedua ujungnya. Tarik cursor kearah kanan bawah sehingga background gambar bertambah besar. Gambar kini terlihat berada di bagian tengah dengan ke-4 sisi luarnya merupakan background.
  3. Copy Gambar : Kembali arahkan cursor ke bagian ujung kiri-atas gambar. KLIK kiri mouse, kemudian tahan dan tarik (drag) ke ujung kanan bawah gambar. Lepaskan mouse.
  4. Copy : KLIK "Ctrl+C". Lanjutkan dengan KLIK "File" --> "New".
  5. Pilih Transparent : Lihat bagian bawah pada "Background Contents" pilih "Transparent". KLIK "Ctrl+V". Catatan : Aku lebih suka menggunakan background transparansi karena sangat fleksibel untuk pengembangan editing gambar, termasuk dalam hal ini penting untuk pembuatan gambar animasi (gif).
  6. Close - Duplicate : Hilangkan/singkirkan gambar pertama (asli) dengan KLIK "Close" (tanda "X di ujung kanan-atas gambar). Lanjutkan KLIK "Image". KLIK "Duplicate" --> KLIK "OK". Duplikasi gambar harus selalu dilakukan untuk menjaga (back-up) seandainya gambar yang kita edit rusak/cacat.
  7. Rotasi : KLIK "Image" di ujung atas kanan-atas halaman. Pilih "Rotate Canvas". KLIK "Arbitrary".
  8. 2 Arah Pilihan Rotasi : Silahkan pilih salah satu (CW-kanan dan CCW-kiri). Buat sudut rotasi 45 derajat dengan menuliskan angka 45 pada box (kolom) yang tersedia. KLIK "OK".
  9. Kembalikan Rotasi : Kembalikan posisi arah gambar dengan mengulangi langkah di atas, hanya arahnya yang dibalik (jika sebelumnya CW rubah menjadi CCW. Sudut dalam posisi semula. Setelah langkah ini dilakukan, maka gambar akan berada dalam posisi tegak (seperti gambar awal).
  10. Ganti Mode Rotasi : Silahkan Ulangi langkah hingga pada titik "Arbitrary". Lihat di atas Arbitrary. Sampeyan bisa merotasi gambar secara langsung akan tetapi hanya dengan 4 sudut rotasi yang tersedia.
  11. Potong Gambar : Lakukan rotasi hingga kemiringan gambar yang diharapkan terwujud. Lanjutkan Potong gambar yang telah dirotasi dan simpan melalui "Save for web".

Untuk potong gambar juga tersedia tutorialnya di blog ini ataupun di BlogDETIK. Keduanya saling melengkapi.

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :


» Happy Blogging - gubhugreyot «

9 komentar:

  1. kulonuwun..
    pak kulo badhe tangklet...
    menawi njenengan ngertos caranipun ndamel pop up Effect kados kotak box kados ting http://bos-sulap.blogspot.com/(cobi dipun tingali)

    menawi saget kulo dipun bagi ilmune ngoten,,,
    BlogE kulo http://ranselpendidikan.blogspot.com/

    dipun tenggo pak nggih, matursuwun sanget

    BalasHapus
  2. Cobi pun bikak alamat puniko :
    http://djati.net/bgsGR_FloatingPopUpBox.html
    Leres menopo mboten menawi kados ingkang panjenengan pirsani wonten alamat nginggil puniko. Dos pundi tanggapan panjenengan? Menawi leres kulo damelaken turtorialipun!

    Buat sobat bloGGeR yang nggak bisa bahasa Jawa:
    Silahkan kalau mau lihat Floating PopUp Box buka URL : http://djati.net/bgsGR_FloatingPopUpBox.html
    Dalam waktu dekat saya usahakan untuk terpostingkan!
    Buka di tab baru

    BalasHapus
  3. inggih pak, leres kados niku. pripun nggih carane???kulo tenggo wangdulanipun

    http://ranselpendidikan.blogspot.com/
    RANSEL DUNIA

    BalasHapus
  4. MAKASIH BANYAK BERMANFAAT BAGI SAYA KHUSUSNYA BAIK JUGA BUAT BRO -BRO SEMUA TANK'S

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat sobat tutorialnya.

    blogwalking sobat, ditunggu kunjungan baliknya

    http://anthneic.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Boleh tanya?
    Photoshop bisa g rotasi foto pada sumbu x?

    BalasHapus
  7. http://www.japanwaarodu.club/2014/05/dorama-itazura-na-kiss-love-in-tokyo.html

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot