Cumulus swf - flash

Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Panduan Praktis Cara membuat Label Animasi Tag Cloud Cumulus Suka-Suka

Tak dapat di pungkiri bahwa Label Animasi Tag Cloud Cumulus merupakan satu widget label tercantik yang hingga detik ini belum tersaingi oleh widget label manapun. Animasi yang tercipta melalui file berekstensi .swf ini mampu memberi nuansa keindahan sebuah animasi dan tidak mengurangi sedikitpun fungsi utamanya sebagai sebuah label yang mampu melengkapi kebutuhan sebuah blog.

Meskipun dibeberapa waktu belakangan ini Label Cloud Cumulus mengalami beberapa kendala penggunaan berkaitan dengan matinya sumber pengaktifan tag cloud oleh sebuah situs (dihanguskanya javascript dan file swf oleh halotemplates.s3.amazonaws.com?), namun kini sampeyan tidak perlu khawatir lagi karena kita bisa membuat tag cloud animasi cumulus ini secara mandiri dengan cara mengupload file flash cumulus dan javascript-nya di free swf dan javascript hosting.
.

Mengapa kita perlu untuk membuat tagcloud cumulus yang mandiri :

Penggunaan tagcloud cumulus tidak berbeda dengan yang terjadi pada Side Menu(yang akan kita bongkar lagi di posting selanjutnya), yang akhirnya mulai menghilang juga dari peredaran. Pengalaman seperti ini bisa kita gunakan sebagai pemicu semangat untuk selalu berusaha mandiri dan tidak menggantungkan diri pada 1 (satu) situs saja. Kemandirian ini tentunya tidak dalam arti sepenuhnya semua kita lakukan sendiri dengan semua fasilitas, sarana dan prasarana sendiri, melainkan setidak-tidaknya jika kita mempunyai file pribadi maka kemungkina-kemungkina buruk lebih bisa di tekan. Meskipun demikian, apabila sampeyan nantinya tetap menggunakan URL javascript dan swf yang saya sertakan juga tidak menjadi masalah. Apa yang saya sampaikan di atas hanyalah sekedar saran saja demi kelancaran tag cloud cumulus yang akan di buat. Pembuatan Tag cloud cumulus ini akan kita buat dalam beberapa serial posting karena berbagai pengembangan yang dilakukan terhadap tagcloud ini mampu menghadirkan berbagai wajah yang berbeda.

Cara Paling Praktis Membuat Label Tag Cloud Animasi Cumulus Suka-Suka:

  1. Login to BloGGeR : Tuliskan "User Name/Alamat Email" dan Masukkan "Password/Sandi".
  2. Dasboard/Dasbor : Halaman Dasbor adalah halaman yang terbuka setelah login dilakukan. KLIK link "Layout/Tata Letak".
  3. Layout/Tata Letak : Setelah loading beberapa saat kita akan melihat sebuah halaman baru : "Layout-Page Element" atau "Tata Letak-Elemen Laman", yang di dalamnya terdapat blok-blok (kotak2/kolom2) dengan posisi di atas, kanan atau kiri dan tengah serta bawah. KLIK pada bagian bergaris putus-putus di samping kanan atau kiri yang bertuliskan "Add Widget/Tambah Gadget".
  4. Add Gadget/Tambahkan Gadget : Ada banyak wadget yang mungkin ditambahkan melalui window ini, di depan sampeyan tampak kolom penambahan widget "HTML/Javascript". KLIK di bagian gambar/image atau teks yang bertuliskan HTML/Javascript".
  5. Copy-Paste : Copy javascript dan pastekan pada box yang telah tersedia. Silahkan tulis judul/nama untuk label tersebut pada kolom bagian atas, jika sampeyan menginginkan.
  6. Copy-Paste : Copy javascript dan pastekan pada box yang telah tersedia. Silahkan tulis judul/nama untuk label tersebut pada kolom bagian atas, jika sampeyan menginginkan.
  7. Lihat Blog : Buka Blog untuk melihat hasilnya!.

Javascript Label Tag Cloud Animasi Cumulus Suka-Suka

<div align="center" style="padding:4px;border:5px solid #555;">
<script src='http://tagcloud-cumulus.googlecode.com/files/bgsGR_cumulus.js' type='text/javascript'></script>
<div id='flashcontent'>gubhug-reyot</div>
<script type='text/javascript'>
var so = new 
SWFObject('http://www.swfcabin.com/swf-files/1275932799.swf', 'tagcloud', '180', '220', '7', '#343664');
/*  bgsGR -gubhug reyot */
// so.addParam("wmode", "transparent");
so.addVariable("tcolor", "0xfbfe01");
so.addVariable("mode", "tags");
so.addVariable("distr", "true");
so.addVariable("tspeed", "160");
so.addVariable("tagcloud", "<tags><a target='_blank' href='http://gubhugreyot.blogdetik.com' style='14'>gubhugreyot blogdetik</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Adobe%20Photoshop' style='14'>Adobe Photoshop</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Animasi' style='12'>Animasi</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Blink%20Effects' style='14'>Blink Effects</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Blog%20Design' style='18'>Blog Design</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Cursor' style='14'>Cursor</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/read%20more' style='16'>read more</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Tagcloud' style='14'>Tagcloud</a></tags>");
so.addParam("allowScriptAccess", "always");
so.write("flashcontent");
</script>
</div>

Keterangan - Catatan :

  • Tag Cloud Suka-suka : Mengapa tag cloud ini berlabel seperti itu? Hanya masalah sederhana sebenarnya. Dengan menggunakan model yang seperti ini, maka kita bebas mau memasukkan URL apapun. Mau URL blog sampeyan yang lain bisa, mau URL posting bisa, mau URL label pun bisa juga. Bahkan kalau rumah mertua sampeyan punya URL, masukkan sekalian juga boleh, he .... he ....
  • Coba Dulu Baru Perbagian di Rubah : Langkah yang terbaik adalah sampeyan coba dulu, setelah berhasil ditampilkan, coba lakukan perubahan yang diperlukan.
  • Ganti URL dan Title : Ganti seluruh URL berikut titlenya dengan milik sampeyan sendiri. (Jangan sekali-kali milik tetangga sebealah yang sampeyan ambil. Bisa celaka kalau suaminya bawa pedang ! He ....).
  • Padatkan Link : Padat sama artinya dengan merapatkan setiap link yang digunakan di tag cloud.
    Contoh :
    <tags><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Adobe%20Photoshop' style='14'>Adobe Photoshop</a><a href='http://gubhugreyot.blogspot.com/search/label/Animasi' style='12'>Animasi</tags>
    Jadi dimulai dari tag pembuka :
    <tags><a href="...." style=".."> .... </a> ...... dst hingga </tags>");
    kode/javascript di atas tidak boleh terputus sama sekali.
  • Transparant :Untuk membuat background transparan pada tagcloud, hilangkan tanda
    "//" di depan kode : so.addParam("wmode", "transparent");
  • Upload : Untuk jaga-jaga atau membuat tag cloud mandiri sebisa mungkin lakukan upload terhadap javascript dan file flash-nya (secara pribadi tak akan pernah sekalipun saya menghapus file tersebut!).
  • Speed/Kecepatan : Kecepatan animasi gerak akan bertambah bilai nilainya diperbesar. Demikian pula sebaliknya akan semakin lambat bila diperkecil.
  • Double Simpan/SAVE : Pada saat melakukan perubahan apapun (setelah di coba), sampeyan terakhir kali pasti akan menutup perubahan dengan KLIK "Simpan. Jangan lupa untuk sekali lagi KLIK "Simpan, yang terletak di bagian kanan atas halaman "Elemen Laman", baru buka blog untuk melihat hasilnya.

Penting diperhatikan
  1. Silahkan coba seluruh kode tanpa melakukan perubahan apapun.
  2. Setelah percobaan berhasil dengan baik silahkan untuk mengganti beberapa kode untuk penyesuaian dengan kebutuhan yang ingin di tampilkan.
  3. Akan lebih baik jika javascript dan file flash-nya diupload sendiri di file hosting agar tagcloud dapat selalu terloading dengan baik karena apabila javascript dan file flash ini nantinya digunakan banyak blogger maka bandwidth akan tersita habis!
  4. Panduan upload javascript (http://tagcloud-cumulus.googlecode.com/files/bgsGR_cumulus.js) dan file flash/.swf (http://www.swfcabin.com/swf-files/1275932799.swf) dapat sampeyan buka melalui link berikut:
    Panduan Upload dan simpan file di Google Sites
  5. Khusus upload javascript, selain di Google Sites, sampeyan bisa upload di yourjavascript.com. Buka link berikut untuk mengikuti panduannya:
    Panduan Upload dan simpan javascript di yourjavascript.com
  6. Panduan berikutnya untuk upload file .swf di swfCabin dan cara mendapatkan linknya :
    Panduan Upload dan cara mendapatkan link file .swf di swfCabin

180lebar (width) tagcloud
220tinggi (height) tag cloud
#343664warna background
fbfe01warna teks link
300kecepatan gerak animasi tag cloud
16ukuran font

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :





» Happy Blogging - gubhugreyot «

22 komentar:

  1. cara menambahkan background warna biru gradasi dalam kotak cloud itu gmana juragan??? sama ada tulisan gubhug reyotnya itu lho...
    Script juragan dah tak coba berhasil..tp warna background cm biru polos...mohon pencerahannya.thx

    BalasHapus
  2. kok pnya saya animasi cloud'a kok gk ad tulisan'a

    BalasHapus
  3. maturnuwun thanks you verimamat bos, udah lama nyari yg beginian nggak pernah berhasil.tp sekarng dah oke bgttttt..sukses deh....
    http://tropisliving.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Matur nuwun kang...blog'e sae tenan...

    BalasHapus
  5. berhasil tag cloudnya.. thanks

    ttd


    catatan-si-tito.co.cc admin

    BalasHapus
  6. Wah.. tengkyu so much niyh.. It' works
    Tapi..Bisa di ganti tipe fontnya ga? sama efeknya jangan kotak?

    BalasHapus
  7. Wah....
    makasih info.a.....
    blog.Q jd tmbah keren......

    BalasHapus
  8. saya benar2 kagum ama admin GR,anda luar biasa..diluar yang namanya forum,jarang banget ada yang mau berbagi pengetahuan dan membuat tutorial sebanyak ini dan bagus bagus pula..bahkan dengan menyertakan filenya hehehe..hebat hebat,moga rezeki dan ilmu senantiasa berlimpah buat anda,menulis disini gak bakal pegallah,orang anda saja mau menuliskan tutorial sebnyak itu jarang jarang bilang pegel he.he.he..salam kenal mas..dari saya yg belajar,kemarin kemarin oprek joomla,tapi pas liat blog GR,wew..jadi pengen rasain ngeBlog via Blogspot tentunya dengan berguru disini hehehe..

    BalasHapus
  9. terima kasih banyak mas... tutorial2 di GubhugReyot ini memang luar biasa, benar2 membantu saya yang baru belajar blogging.

    BalasHapus
  10. Blog nya keren banget Mas,,,,
    aJarin saya donk,,,
    hub. 085740018967
    and follow: www.fadllu-robbi.blogspot.com

    BalasHapus
  11. gan ane mo nanya neh ... gmn cara nua bisa buat kolom kotak yg yg penuh ling berputar bila cursor di arah kan . bisa ga di kasih tutorial nya ? maaf gan ane newbie jd butuh byk nanya . truz nama gadget nya apa master ? mohon pencerahan nya .... moga rizki selalu melimpah tuk agan yg punya "gubhugreyot" mhn secepat nya di cerahkan . s x lagi maaf ?

    BalasHapus
  12. buat: Mei Risalah, silahkan tunggu sbntar
    pro: alviz stevan
    Cara membuat tagcloud cumulus suka-suka dan full color udah aku update. Silahkan ikuti panduannya dan segera buat tagcloudnya.

    - tagcloud cumulus suka-suka
    - tagcloud cumulus full color

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. pagi gan.gmn cara sisipkan -moz bordernya.agar sesuai dengan tampilan sidebar blog sy.mksh(siput part2)

    BalasHapus
  15. Maz, Warna background dari Label Tag Cloud Cumuls Panjenengan asyick bangett, itu pake kode warna berapa?, matur suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pro : Danang Sastra Wijaya
      Background Tagcloud Cumulus ada di:

      http://gubhugreyot.blogspot.com/2010/07/tag-cloud-cumulus-full-color-buat-dan.html

      Salam ...

      gubhugreyot

      Hapus
  16. masbro, cara ganti font nya gimana yah?

    BalasHapus
  17. TERIMA KASI GAN ATAS POSTINGAN LAM KENAL

    BalasHapus
  18. gan kalau mau di buat tiap judul beda warna gimana gan
    di tunggu balasannya ya gan

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot