Search here

Type a word related to the post, then click the search button !

Memuat...
English
Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Cara Membuat Penambahan Widget Baru; Satu Tutorial BloGGer Penting.

Langkah Penambahan Widget Baru dari Blodspot dan Penambahan Widget dari Luar Blogspot melalui "HTML/Javascript"


LOGGIN
BLOGGER
==>
Design
Rancangan
===>
Elemen
Laman
==>
Tambah
GADGET
==>

Lanjutkan dengan :


HTML/
Javascript
=========>
Tambahkan
KODE/Javascript
====== >
SIMPAN/
Save


Untuk mengetahui secara detail soal template memang mengharuskan kita lebih banyak belajar. Hal baru ini benar-benar menarik dan membuat kita tertantang untuk mengetahui kedalamannya. Banyak hal yang belum kita kenal membuat kita perlu menguak lebih dalam lagi secara telaten satu demi satu. Mengapa pada masa awal ini kita terus berkutat ngurusin template? Ya, memang inilah yang harus dikuasai terlebih dahulu. Template inilah ruang kerja kita. Tanpa mengetahui segala fasilitas beserta fungsinya tentu akan mengganggu optimalisasi kerja. Ya, kalau pas kebetulan tidak ada masalah, kalau suatu ketika muncul masalah, sementara kita hanya tahu tentang membuat posting, pasti kebingungan yang akan muncul. Melalui pemahaman akan template ini pula, kemampuan kita untuk berkreasi dan membuat inovasi baru dalam memperindah template mejadi tersalurkan.

Menambah widget menjadi satu dari sekian banyak kemungkinan yang dapat kita lakukan guna menambah unsur (tampilan/fasilitas) baru yang berfungsi untuk melengkapi atau mempercantik blog. Widget apa saja yang bisa tambahkan dalam blog yang kita kelola? Yo ... , coba kita ikuti langkah berikut yang sekaligus akan membuat kita tahu apa saja yang dapat kita tambahkan di blog.

Langkah yang harus di lakukan untuk menambah widget baru :

  • Login : Login to BloGGeR (Login ke BloGGeR).
    • Masukkan/tuliskan "User Name" atau "Nama Pengguna". Sampeyan bisa juga menggunakan "Email Address".
    • Tuliskan "Password" atau "Sandi".
    • KLIK Login. Tunggu beberapa saat hingga sebuah window baru yang berupa halaman "dasboard" terlihat.
  • Dasboard (Dasbor) : Beberapa link akan ditampilkan, pilih dan KLIK link "Design" atau "Rancangan" (sebelumnya dikenal sebagai "Tata Letak" atau "Layout". Tunggu kembali untuk beberapa saat.
  • Design (Rancangan) : Bagian Design atau Rancangan yang akan terlihat adalah "Page Elements" atau "Elemen Laman". Halaman ini ditandai dengan terlihatnya beberapa kolom yang berisi box dan merupakan pola dasar desain blog sampeyan. (akan terlihat beberapa kotak (box) dengan garis terputus-putus). Sebuah Widget baru bisa ditambahkan melalui proses yang berawal di bagian ini. Untuk melanjutkan proses penambahan widget baru, silahkan KLIK "Tambah Gadget" atau "Add a Gadget" yang terdapat dalam box bergaris putus-putus.
  • Selanjutnya akan terlihat beberapa macam widget yang bisa ditambahkan dalam halaman blog. Kita bisa memilih salah satu widget dengan KLIK pada widget terpilih. Contoh widget : Pages, Followers (Pengikut), Search Box, HTML/Javascript (berfungsi untuk menambahkan kode baru (CSS, Javascript dan xHTML) yang membentuk sebuah fungsi yang akan ditampilkan di blog), Text, Picture, Slideshow, Label dan banyak lagi yang lain.
  • Setelah tentukan pilihan, KLIK "SIMPAN".
  • Lihat hasilnya dengan membuka tab baru melalui "Lihat Blog".

Catatan/Keterangan :

Penambahan wadget meliputi beberapa kategori pilihan (sisi sebelah kiri):

  • Dasar-dasar.
  • Unggulan.
  • Paling Populer.
  • widget lainnya, dan
  • Tambahkan milik anda.

  • Pada widget yang telah digunakan atau ditambahkan pada blog akan ditampilkan teks sebagai pernyataan bahwa widdget telah ditambahkan. Sebuah widdget yang kemudian di tandai dengan teks seperti tersebut sudah tidak dapat ditambahkan lagi.
  • Widget yang belum dipergunakan bisa ditambahkan dengan KLIK widget terpilih.
  • Untuk menampilkan penambahan wadget yang lebih variatif biasanya digunakan padaHTML/Javascript. Penambahan wadget di unsur ini bisa dilakukan berulang-ulang, baik pada sisi sidebar, main, footer ataupun header.
  • Hasil penambahan widget yang tersusun di "Elemen Laman", bisa ditata ulang dengan men"Drag" ke tempat baru yang diinginkan.

Cara Menambah dan Simpan Kode HTML Baru melalui Widget HTML/Javascript

Banyak desain HTML yang dapat kita tambahkan melalui "HTML/Javascript". Penambahan fungsi baru melalui widget ini dilakukan dengan menyimpan kode CSS, Javascript dan xHTML di box yang akan terlihat setelah sampeyan melakukan KLIK pada HTML/Javascript". Caranya sebagai berikut :
  • KLIK "HTML/Javascript".
  • Tunggu hingga sebuah box tempat kita meletakkan kode HTML terlihat.
  • Copy kode CSS, Javascript atau xHTML dari sebuah desain/fungsi yang akan kita tampilkan di blog. (Seperti misalnya Text Resizer, Image Gallery, Show-Hidden Conten/DIV, Drop-in Content Box, Collappsible, Expand Collapse, Cursor Animasi, Image Enlarger, Image Zoommer, Hidden Menu, Horizontal Tab Menu serta banyak lagi yang lain).
  • Pastekan seluruh kode HTML dalam box.
  • KLIK SAVE/Simpan.
  • Buka blog untuk melihat hasilnya.
  • Apabila widget baru dari panambahan yang dilakukan lewat Add a Gadget ini sudah tidak dikehendaki, sampeyan bisa menghapusnya dengan KLIK "Edit" (di box bergaris putus-putus yang telah berisi widget baru), kemudian KLIK "Delete" atau "Hapus". Akan lebih aman jika selanjutnya KLIK "SAVE" yang terletak di pojok kanan "Elemen Laman".

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :

Update » Setu Pahing, January, 14, 2012

» Happy Blogging - gubhugreyot «

6 komentar:

  1. pak untuk menghapus salah satu gadget gimana..?
    mohon solusinya... terimakasih

    BalasHapus
  2. aq mau nanya ne bro, gmn cranya membuat halaman pada blog..aq mau halaman blog aq terdiri dari 5 halaman tapi sekarang cuman 1 doang

    BalasHapus
  3. pak mau tanya soal blog klo dalam satu blog kita diizinin masang javacript/kode html berapa kolom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Duitonline21
      Di blogger tak ada pembatasan pemasangan javascript atau kode html baru. Yang sangat perlu diperhatikan adalah jangan sampai kode baru tersebut menjadi beban berlebihan yang mengganggu loading blog!
      Kesimpulannya:
      Pembatasan kita lakukan sendiri demi lancarnya loading blog.

      Hapus
  4. terimakasih banyak buat informasinya... sangat bermanfaat..

    http://obattpenyakit.com/

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot