Search here

Type a word related to the post, then click the search button !

Memuat...
English
Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Trik Panduan BloGGeR: Cara Menempatkan dan Memasang Javasript

Hampir semua blog kecuali wordpress membebaskan penggunanya untuk menambahkan javascript di template/thema. Ini menjadi keuntungan tersendiri yang membuat blogger lebih bebas dalam berkreasi dan improvisasi. Bahkan, Blogdetik yang pada awalnya tak memberi kesempatan d'blogger untuk menambahkan javascript kini sudah banyak memberi kelonggaran untuk menggunakannya meskipun dalam beberapa hal masih tak sebebas di blogger.

Meskipun sepertinya menggunakan javascript gampang dan tinggal pasang, sebenarnya ada trik khusus yang perlu dicermati saat javascript dipergunakan. Karena sifatnya penambahan, tidak bisa dihindari bahwa akibat yang timbul tentunya berupa peningkatan beban pada template yang berkorelasi dengan tingkat kecepatan akses dan loading blog. Penempatan yang tidak tepat juga mengakibatkan fungsi yang seharusnya muncul diawal loading menjadi terkendala karena penempatan yang salah. Bukan persoalan yang rumit, tetapi membutuhkan kejelian bagi pengguna untuk pintar-pintar saat menata penempatannya.

Pada dasarnya javascript bisa ditempatkan di semua bagian template, baik di ujung bagian atas ataupun ujung terbawah.Tempat yang paling sering digunakan adalah di atas tag <head> dan di atas tag </body>. Namun beberapa javascript juga bisa di tempatkan di luar wilayah itu, misalnya di bawah tag <body> atau di bawah kode ]]></b:skin>. Semua sebenarnya tergantung dari fungsi javascript serta desain yang direncanakan atas javascript tersebut. Dengan luasnya bidang ruang yang dapat ditempati,ini mestinya mejadi kesempatan dan peluang bagi pengguna untuk secara cerdas memanfaatkannya.Proses loading pada sebuah blog berjalan seperti halnya aliran air. Dari ujung teratas merambat hingga ujung terbawah. Dengan analogi yang seperti ini, tentunya bisa dipahami bahwa beberapa KODE yang merupakan fungsi harus ditata sedemikian rupa sehingga terbagi dalam tatanan prioritas.

Pemahaman yang kurang tentang template menjadi sumber keterbatasan setiap blogger (seperti juga aku, mbul. Lha gimana, wong biasanya pegang arit ma pacul kok "penthalitan" di dunia lelembut. Ya, cilakak, to, Mbul!!). Hal ini menjadi sesuatu yang sangat wajar dan dapat dimaklumi karena background kehidupan atau (apa, ya, mbul?) ah....iya..basic setiap bloger sangat variatif dan tidak semua paham tentang hal yang berkaitan dengan tethek-bengek KODE css, javascript dan HTML (banyak yang hanya tahu bagaimana memberi KODE pada istrinya saja. Hi....!).

Dengan pemahaman yang secuil ini (karena aku juga hanya tahu-tahuan saja), semoga bermanfaat buat para blogger tercinta. Satu yang jelas tatalah penempatan javascript berdasar prioritas fungsi. Contoh sederhana, misalnya kita menggunakan javascript  sekedar sebagai pemanis blog , tentunya bisa kita letakkan pada bagian terbawah dimana loadingnya akan jatuh pada giliran terakhir yang membuat blog pada bagian-utama bisa lebih cepat nongol. Heh... hehh Itu saja, ya! Posing, aku! Asma menyerang modem ku! Biasa ..... Nafasnya kembang kempis kaya' mo copot. Heh ... heh ...gara-gara modem udah tua karatan ato seperti inilah memang model layanan ngenet berbayar di negeri "lelet" ini?
HORAS, bah !! Barusan waras digebuk simbah !!!! Ick...ick...ickkkh... uhuk...uhuk...thet!!!!

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :

Update » Setu Pahing, January, 14, 2012

» Happy Blogging - gubhugreyot «

5 komentar:

  1. wah kulo badhe blajar ki dab..

    BalasHapus
  2. saya pake ilmunya ya gan... ikhlas ya.. thank's

    BalasHapus
  3. cakep bang...
    salam kenal dari ana, yang haus ilmu blogging..

    BalasHapus
  4. Salam kenal mas...benar-benar blog yang banyak manfaatnya, makasih mas jadi banyak belajar disini.

    BalasHapus
  5. bang Minta Template Keren nya donk

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot