Search here

Type a word related to the post, then click the search button !

Memuat...
English
Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Penting diperhatikan:Compress Javascript Stabilkan Loading Blog

Banyak cara dilakukan untuk menjaga kestabilan loading blog atau menjaga supaya loading blog tidak semakin bertambah parah. Sangat jelas memang, hal yang sangat mustahil membuat blog tetap berkecepatan prima seperti di awal-awal posting. Kecepatan loading blog ekuivalen dengan bertambahnya jumlah posting. Jadi semakin posting bertambah banyak, maka loading blog perlahan-lahan akan semakin berkurang. melihat kondisi seperti ini selayaknya kita selalu berupaya menjaga supaya loading blog tetap mempunyai tingkat kestabilan prima. Apabila hal ini dapat tercipta, niscaya kinerja (blogging) akan tetap lancar dan tentu saja intensitas kunjungan para penikmat posting juga akan tetap terjaga atau bahkan semakin meningkat. Beberapa hal sudah aku sampaikan melalui posting di blog ini tentang berbagai cara menjaga kestabilan loading blog, diantaranya yang terposting (lihat di sini).

Bagaimana cara lain yang sangat efektif untuk mempercepat atau istilahnya menjaga kestabilan loading blog?

Penggunaan javascript memang tak dapat dihindarkan oleh pengguna blog karena hanya melalui javascript inilah berbagai variasi, gaya dan berbagai fasilitas blog yang atraktif, keren dan terlihat indah dapat diwujudkan. Begitu banyak desain dibuat melalui javascript dengan begitu banyak fungsi. Javascript yang selama ini beredar dan dikonsumsi, sebagian besar (hampir 100%) merupakan javascript dalam bentuk edukatif, dimana javascript tersebut di dalamnya masih berbentuk javascript yang diharapkan dapat dengan mudah dipelajari penggunaannya ataupun dengan mudah di pelajari untuk dimodifikasi dan dikembangkan sehingga diperoleh fungsi-fungsi baru dengan menambahkan beberapa script pengembangan. Javascripr dalam bentuk seperti ini tentunya menjadi berlipat beban-nya. Sebuah javascript yang seharusnya mempunyai beban 5kb, bisa terjadi membengkak bebannya menjadi 10kb s/d 20kb. Dus ... artinya dengan menggunakan javascript yang masih berbentuk normal, maka beban blog akan semakin bertambah-tambah.

Bagaimana cara mensiasati kondisi seperti ini?

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk membuat javascript ini mempunyai beban normal (beban terkecil) :
  1. Desain Ulang : Cara pertama ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang benar-benar mampu dan mengusai javascript berikut membuat sebuah fungsi prgram menggunakan javascript.
  2. Kompres Javascript
    • Compress Lewat layanan kompress gratis : Kompres Javascript dapat dilakukan dengan memanfaatkan jasa compress gratis Javascript yang tersedia cukup banyak. Sampeyan tinggal lakukan browsing dan temukan jasa kompres gratisnya. Cara kedua ini merupakan sebuah solusi yang paling mudah tetapi tidak secara otomatis selesai dengan mudah. Beberapa javascript tidak dapat berfungsi lagi akibat kompress yang dilakukan melalui cara seperti ini. Ya ..., maklum saja ... namanya juga mesin! Bukankah pikiran mesin dan manusia tidak sama? mesin tetaplah sebuah mesin yang tidak berakal dan tidak berbudi. Jadi intinya tidak semua yang dilakukan manusia dapat dengan mudah diselesaikan oleh sebuah mesin yang diciptakan oleh si manusia sendiri. Akan tetapi sampeyan tidak perlu berkecil hati, banyak javascript lainnya berhasil terkompres dengan baik dan fungsi tetap dapat bekerja secara sempurna. Cobalah dan semoga tips ini akan bermanfaat buat seluruh blogger tercinta! He ... emang kaya sama pacar saja! Pakai tercinta-tercinta segala ... Udah gila, kali, ya si gubhug reyot ?! he .... he ... Atau udah kebelet kawin?! He ....
    • Kompress dilakukan secara manual : Kompress javascript secara manual (dilakukan sendiri) merupakan langkah yang paling baik dan sempurna. Dengan cara ini semua javascript (tanpa terkecuali) dapat dilakukan pemadatan sehingga bebanpun menjadi sangat ringan. Kompres manual harus dilakukan secara telaten dan pada beberapa tahap kompres perlu dilakukan pengecekan fungsi. Cara ini juga memberi keuntungan lebih karena kita secara tidak langsung sekaligus belajar tentang javascript tersebut. Untuk melakukannya, silahkan beli buku panduan tentang javascript atau silahkan kembali browsing tentang tutorial khusus javascript.

Melalui ini pula perlu saya sampaikan kepada seluruh sobat bloGGeR: Di blog ini, pada tutorial yang menggunakan javascript, beberapa javascript yang terpostingkan dan bisa di copy-paste, sebagian sudah sedikit terkompres (hanya sedikit). Mengapa hanya sedikit? Ya ..., karena kalau betul-betul di kompres total maka penulisannya bisa-bisa hanya dalam bentuk satu baris memanjang. Tentunya sampeyan sendiri jadi pada bingung! Apa sih ini maunya si gubhug reyot?! Masa buat script hanya satu baris "njlentir" memanjang. Emang rel kereta api? Emang asap pesawat hipersonic yang lagi terbang? He .... Pasti, khan?! Oleh karena itu bila sampeyan pingin yang sudah terkompress, silahkan ambil melalui "download".

Bila sampeyan pingin coba kompress javascript, silahkan coba link-link berikut ini :

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :


» Happy Blogging - gubhugreyot «

Panduan dan Tutorial BloGGeR serta terutama Tips dan Trik BloGGeR tentang Compress Javascript ini semoga membantu sampeyan semua untuk semakin lancar melakukan blogging dan meningkatkan traffic blog!

5 komentar:

  1. http://ranselpendidikan.blogspot.com/

    RANSEL DUNIA

    BalasHapus
  2. mas..gimana si cara buat menu horizontal,saya sudah coba buat tapi ga bisa-bisa...
    tolong kirim jawabanya ke sini iaaa
    joesetapart@yahoo.com

    BalasHapus
  3. kreatif sesekali ciptakan template yang bagus dan unik kyk gini donk
    intinya ada slogan made in indonesia
    maju terus anak indonesia

    BalasHapus
  4. gan, ane datang.. kangen nih ama ni blog.. hehe
    ane ijin minta link nya mo tak pasang di blog ane gan. biar ane ndiri mudah masuk ke link agan.. biar ane kebagian pinternya juga.. wkwkwk

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot