Search here

Type a word related to the post, then click the search button !

Memuat...
English
Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Istilah-istilah dalam blog -2

Kembali kita lanjutkan untuk memahami istilah-istilah dalam dunia blog sebagai penambah wawasan serta untuk lebih meningkatkan pemahaman seputar blog, template, posting dan semua yang terkait dengan dunia blogger.
  1. Template : Desain blog. Desain blog dibuat dalam bentuk bahasa HTML yang di awali dengan tag <html> dan diakhiri dengan tag </html> . Ada 4 bagian utama template, yaitu : Header, sidebar, main dan footer.
  2. Header : bagian teratas (top) dari sebuah template. Header biasanya berisikan nama blog, dan deskripsi blog. Meskipun demikian dapat juga ditampilkan gambar, baik dalam bentuk gambar statis ataupun gambar bergerak.
  3. Main (main-wraper): bagian utama sebuah blog dengan posisi ditengah. Bagian ini di desain untuk dipetrgunakan sebagai ruang posting blog dan kolom komentar. Dalam penggunaanya bisa dimanfaatkan untuk menampilkan teks gambar dan video.
  4. Sidebar (sidebar-wrapper) : Sesuai dengan namanya (sidebar), posisi bar ini berada di sisi kanan atau sisi kiri dan bahkan bisa di kedua-duanya. Sisi kanan dan sisi kiri. Desain sidebar umumnya diperuntukkan sebagai tempat label (kategori), arsip (archive) dan kolom untuk profil ringkas pemilik blog. Meskipun demikian dalam perkembangan selanjutnya, melalui pemanfaatan KODE HTML/javascript, pada sidebar juga bisa ditambahkan fungsi-fungsi yang lain seperti gambar, blogroll, iklan dan banyak lagi yang lain.
  5. Footer (pengikut): bagian template ujung paling bawah (bottom). Berfungsi untuk tempat menampilan hal yang berkaitan dengan pembuat/designer template.
  6. Arsip (archive) : kumpulan dokumen posting dalam bentuk judul posting yang dilengkapi dengan link posting. Pengelompokan arsip bisa dilakukan berdasarkan tanggal/hari, minggu, bulan atau tahun.
  7. Label (kategori) : Kumpulan data posting yang dikelompokkan berdasarkan jenis/fungsi. Pemakaian label sangat variatif karena ditentukan oleh pemilik blog. Bisa terjadi penggunaan nama label yang berbeda dipergunakan untuk materi yang sama. Umumnya label di letakkan pada sisi sidebar sebuah blog.
  8. Bookmark : tempat untuk menyimpan link/URL situs. Biasanya dipergunakan khusus untuk situs-situs yang paling sering diikuti/favorit.
  9. Feed : sindikasi yang mempermudah pembaca blog untuk membaca blog melalui reader.
  10. Podcasting : metode untuk mendistribusikan file multimedia (video/audio) secara online melalui feeds.
  11. Atom: Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.
  12. Elemen : istilah bagi komponen dasar pembentuk dokumen HTML, seperti head, body, table, paragraf dan list.
  13. Tag : sesuatu yang dipergunakan untuk menandai berbagai elemen dalam dokumen HTML. Tag HTML menggunakan tanda < (lebih kecil dari) dan > (lebih besar dari) dan umumnya tag digunakan secara berpasangan.
    contoh :<td> dan </td>
  14. Atribut : KODE yang dipergunakan untuk melengkapi sebuah tag sehingga mempunyai fungsi secara detail.
    Contoh :
    - tag tanpa atribut : <table>
    - tag dengan atribut : <table bgcolor="red">
  15. Title : merupakan tag dalam head yang harus dituliskan untuk tempat memberikan judul blog atau nama blog (dapat juga berarti judul).
  16. Head : tag setelah tag html yang berfungsi untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan.
  17. Body : Merupakan bagian utama dalam sebuah dokumen web. Pada bagian ini semua isi dokumen yang akan di tampilkan dalam browser harus dituliskan.
  18. Bar : kolom pada desain web (template/blog) yang dipergunakan sebagai tempat sebuah fungsi.
  19. Adressbar : bar pada sebuah browser yang berisikan/menampilkan alamat web (URL).
  20. Toolbars : bar yang berisikan tool yang mempunyai fungsi tertentu dan berbeda.
  21. Alexa : Sebuah perusahaan online yang memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sejumlah pakar masih meragukan keakuratan hasil kinerja Allexa.

  22. berlanjut ....

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :



Update » Jemuah KLIWON, January, 27, 2012

» Happy Blogging - gubhugreyot «

1 komentar:

  1. Mas.. tolong dunks gimana cara ganti header? biasanya kalo donlot templete headernya kan standar, jadi cara gantinya sama foto atau glitter text gimana ya mas? Thanks'

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot