Search here

Type a word related to the post, then click the search button !

Memuat...
English
Bru masuk angin!

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Tips & Trik Membuat & Menggunakan Lightbox di blogger

Membicarakan tentang lightbox yang berfungsi sebagai image viewer di blogger tentu tak akan lepas dari lightbox blogger plugins yang sudah terinstall di template. Perlu diketahui bahwa lightbox blogger plugins ini memang telah menjadi satu bagian terintegrasi dalam blog dan akan aktif bersamaan dengan saat kita mulai menggunakan template blogger dan memulai blogging.

Menilik penerapan plugins dengan metode seperti yang dikembangkan blogger (lightbox) sesungguhnya dalam beberapa hal dapat menimbulkan masalah baru apabila pengguna tidak menyadarinya. Pengintegrasian secara langsung menimbulkan masalah baru ketika seorang blogger mencoba menggunakan widget lightbox yang bersumber dari luar blogger dimana sumber kinerja preview image pada lightbox baru tersebut menggunakan kode rel="lightbox". Kode html ini ternyata identik dengan kode yang digunakan pada lightbox blogger plugins sehingga ketika fungsi lightbox dijalankan maka lightbox baru akan bekerja berbarengan dengan lightbox blogger plugins. Agar masalah seperti ini bisa dihindarkan, ada 2 ( dua) cara yang dapat digunakan.
  1. Matikan terlebih dahulu fungsi lightbox blogger plugins sebelum menggunakan lightbox baru.
  2. Gunakan lightbox (image viewer) yang menggunakan kode berbeda dengan yang digunakan pada lightbox blogger plugins (kode lightbox plugin » rel="lightbox")
Dari ke-2 hal yang tersampaikan di atas, cara pertama merupakan solusi yang paling banyak digunakan blogger agar dapat membuat lightbox baru yang jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan lightbox blogger plugins. Untuk menonaktifkan lightbox blogger plugins ikuti langkah berikut:
  1. Login ke Blogger.
  2. Halaman Dasbor (Dasboard).
  3. Klik Setelan (Settings).
  4.  Klik Format (Formatting).
  5. Cari Tampilkan gambar dengan Lightbox (Showcase images with Lightbox). Ada dua pilihan berkaitan dengan lightbox. Set pengaturan pada posisi "No".
  6. Klik Simpan Setelan (Save Settings).
  7. Selesai.
Dengan perubahan setting pada posisi "No" maka secara otomatis lightbox blogger plugins tak lagi difungsikan sehingga lightbox baru dapat segera dibuat dan digunakan.

Jika pada cara pertama kita harus menonaktifkan terlebih dahulu fungsi lightbox blogger plugins, untuk cara ke-2 kita bebas untuk menonaktifkan atau tetap membiarkan lightbox plugins. Jika kita tetap membiarkan lightbox dalam keadaan aktif maka hal ini berarti dalam blog, ada dua buah lightbox yang berbeda yang dapat dipergunakan secara bersamaan. Agar lightbox baru bisa difungsikan maka kode pengaaktifan lighbox baru harus dibuat berbeda dengan kode yang telah digunakan lightbox blogger plugin (rel="lightbox"). Bagaimana caranya? Tentu saja harus mencari lightbox baru yang sesuai dengan syarat yang telah disebutkan di atas. Dimana kita harus mencari? He... he... ya ..., segra saja browsing dan temukan yang sesuai atau ..... he... he ...., yah... daripada posing silahkan sampeyan buka saja di sini! (Lightbox Spesial untuk Blogger) dan di sini! (Lightbox Slideshow), serta di sini! (Lightbox : Demo & Tutorial).

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :

Posting » Selasa LEGI, January, 23, 2012

» Happy Blogging - gubhugreyot «

5 komentar:

 
GR | Edited by | gubhug reyot