Search here

Type a word related to the post, then click the search button !

Memuat...
English
Bru masuk angin!

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Panduan blogdetik: Cara Memasang, Menyimpan Kode CSS, Javascript dan xHTML di Template BlogDETIK

Khabar gembira ini kiranya patut untuk diketahui semua blogger dan khususnya d'blogger. Yah ...., meski sedikit terlambat tak apalah. Eee ...mungkin saja beberapa sobat ngeblog ada yang blom dengar beritanya.

Sejak beberapa waktu belakangan ini banyak sesuatu yang baru terjadi di blogdetik, seperti halnya tampilan dasbor yang baru serta kebijakan baru yang telah diberikan kepada seluruh d'blogger dimana masing-masing kini bebas untuk memasang, menambah atau menyimpan kode HTML baru yang berupa kode CSS, javascript ataupun xHTML. Banyak hal kini bisa kita lakukan terhadap template. Beberapa perubahan dan penambahan kode HTML baru memungkinkan d'blogger untuk merubah desain blogdetiknya hingga wajah yang terlihat baru dan sama sekali berbeda dengan blog bawaan blogdetik bisa kita ciptakan. Jika selama ini sampeyan tak mungkin merubah cursor default menjadi cursor image atau animasi yang dibangun dengan javascript, kini semua itu bisa kita lakukan dengan mudah. Yah ... semudah kita membuatnya di blogspot atau blog yang lain. Jika mungkin sampeyan ingin menampilkan tag cloud animasi cumulus full color seperti yang biasa kita lihat atau mungkin ingin menampilkan tooltip seperti yang terlihat di blog ini ...., he ... he ... sampeyan juga dengan mudah bisa membuatnya. Nggak percaya? Ho ... ho ... silahkan coba saja dan nikmati gaya baru blogdetik sampeyan!

Bagaimana Cara memasang atau menyimpan kode HTML di blogdetik?


Memang ada sedikit perbedaan dalam memasang atau menyimpan kode HTML baru jika kita membandingkan dengan cara yang selama ini kita gunakan di blogspot. Di blogdetik kita harus menyimpannya melalui penambahan widget dan tidak bisa kita lakukan secara langsung di antara tag pembuka <head> dan tag penutup </head> , sekalipun demikian dengan beberapa trik dan penambahan kode khusus (seperti !important - kode CSS), maka berbagai desain dan bahkan modifikasi besar-besaran dapat dilakukan. Dengan berbagai pertimbangan, setelah sekian lama posting yang berkaitan dengan tutorial dan panduan serta tips-trik blogdetik mandeg dari peredaran, maka mulai detik ini kita akan kembali coba postingkan berbagai panduan dan tutorial untuk melakukan berbagai perubahan desain dan modifikasi blogdetik agar blog kebanggaan nasional ini semakin tersupport dan mampu memberikan banyak hal baru kepada blogger dan d'blogger khususnya.

Cara Memasang Javascript, Kode CSS dan xHTML Baru di BlogDETIK

  1. Lakukan login di blogdetik dengan menuliskan USER NAME dan PASSWORD.
  2. Setelah halaman DASBOR terbuka, arahkan cursor pada menu "APPEARANCE" di sebelah kiri halaman.
  3. KLIK pada "WIDGET"
  4. Jika blog mempunyai sidebar lebih dari satu (template 3 kolom atau 4 kolom), pilih di sidebar mana box penambahan kode HTML hendak ditemplatkan dengan KLIK pilihan pada "SIDEBAR" (sidebar 1, 2 atau 3) yang terletak di sebelah kanan atas halaman.
  5. Setelah pilihan sidebar ditentukan, KLIK "SHOW".
  6. Tunggu beberapa saat hingga setting sidebar selesai, kemudian lanjutkan dengan KLIK "TAMBAH" pada Widgetize Any HTML (di sebelah kiri atas halaman).
  7. Widgetize Any HTML akan segera berpindah ke kolom sidebar yang sebelumnya telah kita tentukan. Lanjutkan kembali dengan KLIK "SUNTING" pada Widgetize Any HTML untuk membuka box penambahan kode HTML tersebut.
  8. Pastekan kode HTML (bisa berupa kode CSS, javascript atau xHTML) yang telah dipersiapkan sebelumnya ke dalam box Widgetize Any HTML.
  9. KLIK "SAVE CHANGES" dan bukalah halaman blog untuk melihat hasil perubahan yang berkaitan dengan penambahan kode HTML baru tersebut.

Penambahan Widgetize Any HTML baru di sidebar berbeda

Penggunaan Widgetize Any HTML di blogdetik dibatasi dalam jumlah 10 (sepuluh), meskipun demikian hal ini tak akan banyak membatasi blogger dalam usahanya untuk menampilkan banyak desain baru dan berbagai perubahan atau modifikasi. Dalam 1 (satu) Widgetize Any HTML berbagai kode dapat disimpan di dalamnya tanpa batasan. Sampeyan bisa mencampurnya antara kode CSS, javascript sekaligus xHTML dalam 1 box. Sekalipun demikian penambahan Widgetize Any HTML kadang diperlukan untuk membuat sebuah desain bisa tertampilkan. Saat ingin menambahkan box Widgetize Any HTML baru, silahkan ikuti panduan di bawah ini.
  1. Arahkan cursor ke menu "SETTINGS" (sebelah kiri bawah halaman), kemudian KLIK "Widgetize Any HTML".
  2. Akan terlihat sebuah pertanyaan "berapa widgets?". Tuliskan Jumlah Widgetize Any HTML yang diinginkan. Sebagai catatan: Akan lebih baik jika penambahan dilakukan satu demi satu sesuai kebutuhan saja supaya halaman dasbor tidak terlalu penuh sesak.
  3. KLIK "Update Options" dan lanjtkan dengan mengarahkan cursor ke menu "Appearance". KLIK "Widget" kemudian tentukan di sidebar mana "Widgetize Any HTML" mau ditempatkan (seperti langkah yang di atas-sidebar 1, 2 atau 3).
  4. KLIK Tambah pada Widgetize Any HTML dan selanjutnya tinggal gunakan boxnya untuk menyimpan kode HTML baru yang berbeda.
Selamat mencoba, berkarya, memmbuat dan menampilkan desain baru dan melakukan berbagai modifikasi di blogdetik!

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :
» Happy Blogging - gubhugreyot «

6 komentar:

  1. mas booz tolong dunk kasih tutor tentang bikin list posting seperti disamping kanan web mas bozzz..
    terima kasih mas boozz

    BalasHapus
  2. blognya kereeeeeeeeeeeeeennnnnnn te ope be ge te

    BalasHapus
  3. bagus banget nie,sip..

    mampir ya
    http://yantoes.blogdetik.com

    BalasHapus
  4. bagus banget nie,sip..

    mampir ya
    http://yantoes.blogdetik.com

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot