Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Tutorial BloGGeR Kejutan: Cara Praktis Merubah Tampilan Read More BlogDETIK

Merubah tampilan read more BlogDETIK? Lho? Masa iya, sih?

Kenapa tidak! Tentu saja bisa kita lakukan. Sebuah trik sederhana, hanya dengan menambahkan beberapa buah kode html, maka berubahlah tampilan read more. Hanya sekali lagi, sayangnya ... Tidak seperti yang dapat kita lakukan di BlogSpOT, yang dapat divariasikan dengan begitu banyak gaya, baik dengan melalui penambahan kode html, gambar animasi, marquee effects yang membuat read more bisa goyang pinggul dan tampil lebih fantastis, untuk BlogDETIK kita hanya mampu merubah besar ukuran read more, jenis font (font-family)dan menambahkan bingkai yang membuat read more terbungkus dalam sebuah box. Ya ..., setidak-tidaknya kita bisa menampilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Nggak monoton gitu, lhoh !!!!!! Untuk membuat read more gaya baru di BlogDETIK sampeyan, ikuti panduan berikut ini.

Read More Berjalan dengan Efek Marquee; Panduan Blogger Baru

Setelah pada Panduan Blogger dan Tutorial Blogger sebelumnya telah di bahas tentang cara membuat read more dengan efek marquee yang membuat sebuah efek dinamis pada "sepenggal kata read more" di read model lama, supaya dengan cepat sampeyan bisa menerapkan di read more blogger baru, silahkan ikuti panduan berikut ini:

Cara Membuat Read More Berjalan dengan Efek Marquee di Blogger Baru :

  1. Login : Loginlah ke Blogger.
  2. Dasboard : Halaman Dasbor, KLIK "Tata Letak" dan teruskan dengan KLIK "Edit HTML".
  3. Edit HTML : Amankan Template terlebih dahulu supaya bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerusakan/perubahan yang tak diinginkan , template bisa dikembalikan lagi ke keadaan semula. Untuk mengetahui cara mengamankan template kalian bisa KLIK
    di sini.

    Lanjutkan dengan KLIK "Expand Widget Template".
  4. <data:post.jumpText/> : Cari kode html tersebut dengan menggunakan Ctrl + F. Untuk mengetahui cara cepat mencari kode html menggunakan Ctrl + F, kalian bisa KLIK . Setelah ditemukan, hapus kode tersebut berikut kode di bagian atas dan bawahnya yang bentuknya seperti

Cara Merubah Teks Link Read More Blogger Baru

Untuk merubah teks link read more Blogger baru "Baca Selengkapnya », tak ubahnya seperti panduan blogger pada read more lama. Perbedaan hanya pada teks/kode yang di rubah. Untuk merubah ke bentuk teks lain yang sesuai dengan keinginan kita, kita harus merubahnya dengan menghapus kode yang disertakan blogger dan diganti dalam bentuk teks yang baru.

Cara Mengganti Teks Link Read More BlogSpot Baru :

  1. Login : Loginlah ke Blogger.
  2. Dasboard : Halaman Dasbor, KLIK "Tata Letak" dan teruskan dengan KLIK "Edit HTML".
  3. Edit HTML : Amankan Template terlebih dahulu supaya bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerusakan/perubahan yang tak diinginkan , template bisa dikembalikan lagi ke keadaan semula. Untuk mengetahui cara mengamankan template kalian bisa KLIK di sini.

    Lanjutkan dengan KLIK "Expand Widget Template".
  4. <data:post.jumpText/> : Cari kode html tersebut dengan menggunakan Ctrl + F. Untuk mengetahui cara cepat mencari kode html menggunakan Ctrl + F, kalian bisa KLIK di sini.

    Setelah ditemukan, hapus kode tersebut dan ganti dengan teks sesuka kalian.
  5. Ubah Warna dan Ukuran Teks Link Read More : Apabila sampeyan menghendaki untuk merubah ukuran ,

Panduan Blogger Baru:Cara Menggunakan Read More Blogger Baru

Read more di Blogger yang baru memang sangat berbeda dengan model read more lama yang biasa dipergunakan. Meskipun demikian, sekalipun sudah ada model read more yang baru, fungsi read more lama tetap bisa dipergunakan sebagaimana biasanya. Untuk melihat bagaimana penggunaan read more baru,  yang menggunakan fungsi jump-link, kalian bisa mencobanya dengan menggunakan template baru Blogger yang disebutnya "Blogger dalam Konsep". "Blogger dalam Konsep" rupanya sedang dipersiapkan secara matang oleh siempunya untuk menjadi desain blog masa mendatang. Beberapa hal banyak sekali yang telah dirubah, dalam hal ini ditingkatkan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada para penggunanya. Untuk mencoba "Blogger dalam Konsep", silahkan sampeyan buka halaman dasboard (dasbor), kemudian tarik halaman dasbor keujung bawah. Ada sebuah link "Alat dan Sumberdaya-Blogger dalam Konsep",  KLIK link tersebut. Selanjutnya silahkan beri tanda pada "Jadikan Blogger dalam Konsep sebagai dasbor default saya", yang terletak di halaman dasbor "Blogger dalam Konsep" di halaman teratas. Setelah itu silahkan sampeyan masuk ke halaman posting dan lihatlah beberapa fitur sudah berubah, termasuk di dalamnya sudah dilengkapi dengan read more baru. Untuk menggunakan read more ini sampeyan tinggal menandai pada posting bagian mana yang hendak dipotong baru kemudian KLIK insert jump break.

Panduan Blogger Terbaru: Membuat Read More Berjalan

Dalam tutorial Blogger, tutorial wordpress atau tutrial BlogDETIK maupun panduan blogger, panduan BlogDETIK aku sudah mencoba mencari untuk membuat read more berjalan dengan effect marquee. Setelah bolak balik mencari hingga berbagai panduan blogger dalam bahasa tarzan, ternyata tak kutemukan jua. Jadi ini mungkin tutorial dan panduan blogger pertama yang mencoba menggabungkan antara marquee effects dan read more, sehingga menciptakan sebuah inovasi baru yang sedikit "aneh dan atraktif". Selain sebagai sebuah read more berjalan, read more yang aku buat ini juga memanfaatkan sebuah animasi gif sehingga dalam satu buah link read more mempunyai dua buah effect yang saling mendukung. Jika mungkin sampeyan tertarik, silahkan mengikuti panduan ini. O ..., ya ...., selain aku mencoba read more baru, sekali ini aku juga coba memanfaatkan fungsi read more dalam posting setelah selama aku ngeblog sekalipun belum pernah aku pakai, ya ..., sekalipun aku tidak memanfaatkan secara penuh, karena aku sedang mencoba juga untuk membuat sebuah read more yang lebih fleksibel, yang bisa di kontrol tampilan link-nya, sehingga tidak setiap kali posting musti terlihat. Untuk kembali mencoba mengikuti panduan membuat read more berjalan ini, kalian harus .... (silahkan KLIK Read More-nya dulu , ya ! ... Ha .... ha .... ha ....

Cara membuat dan Memasang Read More Animasi

Cara membuat read more, cara memasang read more, panduan membuat read more menjadi bentuk tutorial di BlogSpot yang paling variatif bila di bandingkan di WordPress atau misalnya membuat Panduan BlogDETIK (maksudnya, panduan di BlogDETIK tentang read more. Salah, he ... Malas saja ngapusnya!). ]
Cara membuat read more dan cara memasang read more di Blogger atau BlogSpot masih mengacu pada kode html pembuatan read more sebelumnya, hanya link yang sebelumnya berupa teks (Read More ...) kita rubah menjadi ..

Membuat Read More Variatif dan Gaya dengan Kode CSS: Panduan Blogger Spesial

Selama ini membuat read more selalu hanya itu-itu saja tanpa pernah coba dikembangkan untuk menampilkan read more  atraktif yang mampu memberikan suguhan berbeda sehingga penampilan read more juga tidak monoton dan menjadi daya tarik tersendiri yang mampu mempercantik dan memperindah penampilan blog. Belajar tentang kode html memang seharusnya disertai dengan motivasi untuk mampu mengembangkan diri sekaligus mengembangkan fungsi kode sehingga diperoleh inovasi-inovasi baru yang memberi suguhan baru pula bagi dunia perbloggeran. Memanfaatkan kode css dalam mengembangkan fungsi dan peran read more hanyalah sebagian kecil dari banyak pengembangan fungsi kode html melalui kode CSS.

Sebelum melanjutkan celoteh ringan tentang read more, mungkin sampeyan ..

Obeng dan tang di blog sebuah Panduan Quick Edit

Kembali aku pingin sedikit mengungkap tentang obeng dan tang serta berbagai tutorial blogger maupun panduan blogger yang banyak memuat tentang obeng dan tang atau tang dan obeng ini. Anehnya kalau kita coba mengamati gambar tersebut, yang kelihatan sebenarnya bukanlah obeng dan tang, melainkan obeng dan kunci pas seperti yang biasa di gunakan para montir untuk memperbaiki mobil dan sepeda motor. Beruntunglah mereka yang di luar Blogspot! Nggak pernah bingung untuk coba membuang obeng dan tang-nya. Habis memang nggak ada, sih! Di  BlogDETIK, misalnya, setelah aku coba belajar BlogDETIK tentang desain temanya (templatenya), ternyata juga nggak kutemukan barang yang namanya jadi amat terkenal di jagad maya ini. Aneh memang si BlogSpot ini. Nggak pilih yang enak di makan, malahan pilih obeng dan tang yang justru banyak di buang orang, he ....

O ..., ya ... sebelum aku teruskan mengoceh untuk melepas kantuk sehabis posting, jika sampeyan mau menghilangkan gambar obeng dan tang di blog kalian, silahkan KLIK di link ini :

Cara membuat Read More: Panduan dan Tutorial bagi Blogger

Pemakaian fungsi read more adalah untuk menyembunyikan sebagian posting ditampilan halaman utama blog. Posting secara lengkap baru akan diperlihatkan di bagian yang lain halaman blog dengan alamat baru sesuai posting yang kita buat. Karena berfungsi untuk memotong atau menyembunyikan sebagian artikel, maka blogger berkesempatan untuk mengatur sendiri seberapa banyak kalimat atau teks yang akan di tampilkan. Untuk membangun sebuah fungsi read more, blogger harus melakukan penambahan kode html pada bagian template dan di halaman pengaturan - format. Read more sendiri nantinya dapat di variasikan penampilannya dalam sebuah teks atau sebuah gambar (image) dengan ukuran yang dapat di atur juga. Read more biasa dituiskan dalam bentuk teks seperti Read More, Klik di sini, Teruskan Baca , Lanjutkan Membaca atau bentuk kalimat yang lain yang memperlihatkan bahwa kata, gambar tersebut adalah sebuah link yang harus di KLIK untuk membuka halaman baru di mana kelanjutan posting akan ditemukan.
Cara Membuat Read More :

Tips dan trik Blogger Pasang Read More: Tutorial BloGGeR Ngeblog

Tutorial Blogger tentang cara membuat read more boleh dikatakan dipostingkan oleh semua blogger, terutama yang fokus dalam tutorial blogger ataupun bahkan oleh banyak blogger yang sebenarnya mempunyai kecenderungan posting di diluar tutorial tentang blog dan desain sebuah blog. Bukan sesuatu yang salah, bahkan hal-hal seperti ini wajib dilakukan oleh semua blogger. Sifat peduli, mau berbagi dan perluasan thema posting memang menjadi hal wajib, terutama dengan tujuan untuk semakin memacu dan meningkatkan rutinitas posting. Membatasi bidang posting kadang-kadang membuat kita terbelenggu dalam kemandegan ide-ide segar yang sebenarnya justru membuat matinya semangat dan daya imaginasi blogger.

Sebuah read more sebenarnya mempunyai beberapa fungsi yang saling berkaitan dengan beberapa aspek dalam blog/web, dimana maksud pembuatan dan pemanfaatannya harus juga dengan memberi keseimbangan melalui penataaan formasi blog, terutama berkaitan dengan ..

Panduan Blogger: Cara Menghilangkan Gambar Obeng dan Tang

Bung, mas, mbak, pak, dik, bu, tante, mbah, kek .....Pernahkan sampeyan melihat orang membuang tang dan obeng ? Barangnya masih kinyis-kinyis, lho! Masih terbungkus rapi dalam plastik dan belum belepotan oli sama stempet. Ditanggung dijual pun masih laku keras, he .... Kalau memang mau dan buat simpanan atau jaga-jaga barangkali ada orang yang butuh mau perbaiki sepeda kumbang, atau .... eee ... barangkali rumah sampeyan dimasuki pencuri, tang atau obengnya bisa buat mukul atau ngelempar kepalanya biar benjol sebesar telur kerbau kemudian lari terkencing-kencing .. ha ... Klo mau, nich, cari saja disekitar rumah blogger. Banyak, kok, yang pada buang tang sama obeng baru. Benar-benar baru dan asli barang impor, lho. Tu ... tuh ..., yang buat langsung dari

Panduan BlogDETIK: Posting File Flash (.swf)


Mungkin sampeyan ingin menyertakan sebuah file berekstensi .swf yang biasa dibuat menggunakan Adobe flash. Tentu akan menjadi sangat menarik mempostingkan sebuah artikel yang disertai gambar animasi berbentuk file flash. Disamping beban jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan animasi berbentuk file gif, kehalusan perpindahan setiap gambar dari file swf yang dibuat dengan memanfaatkan software superior Adobe Flash juga mampu membuat sebuah gambar animasi menjadi terasa lebih hidup. Panduan posting file Flash berekstensi .swf di bawah ini mungkin bermanfaat buat sampeyan. Nggak susah, kok membuatnya.
Cara Posting File Flash ( pinjam istilah di BlogDETIK: anarchymedia.flash ) :

Panduan Blogger Cara Memasang Meta Tag di Blog untuk Mempercepat Peningkatan Rating Blog

Cara memasang meta tag sudah banyak dipostingkan dalam bentuk panduan blogger dan tutorial blogger atau tips dan trik blogger. Juga di dalamnya banyak dijelaskan tentang meta tag yang berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat pengindexan mesin pencari (search engine) dengan tujuan untuk mempercepat peningkatan rating atau popularitas sebuah blog. Apa yang disampaikan dalam tutorial tersebut tidaklah salah. Ya ... jadi aku tinggal mengamini dan ikut menganjurkan sampeyan untuk segera membuat meta tag dan memasang metatag tersebut di template blog. Tidak perlu terlalu berpanjang lebar, yang paling penting adalah bukti nyata yang dapat segera dirasakan setelah meta tag terpasang. O ..., ya... meskipun meta tag ini banyak berpengaruh terhadap pengindexan search engine, tentu saja tanpa ..

Header Rounded Corners untuk BlogDETIK:Tutorial BloGGeR Desain Blog

Panduan Blog DETIK tentang Mengganti Gambar Header di BlogDETIK terasa belum lengkap karena untuk membuat gambar header tersebut belum aku lengkapi dengan detail cara membuat header blog yang mempunyai sisi luar melengkung atau biasa disebut rounded corners. Menggunakan header blog seperti ini akan memberi penampilan yang terlihat lebih "mewah" seperti layaknya blog "elite" yang mencitrakan "profesionalitas blogger". He .... Ngomong apa, sih, aku?

Panduan BlogDETIK: Cara Mengganti Gambar Header BlogDETIK

Mengganti gambar header di BlogDETIK seperti halnya di Blogspot atau Wordpress. Tak sesulit yang dibayangkan. Di Tutorial BlogDETIK atau Panduan BlogDETIK ini kita akan coba bahas cara mengganti gambar header atau Header Image BlogDETIK dengan cara yang paling gampang, cepat, hemat tenaga, tetapi menghasilkan kualitas prima. Kita bisa mengotak atik gambar yang akan dijadikan gambar header dengan menggunakan Adobe Photoshop atau software yang lain, atau kalau mau lebih praktis kita akan manfaatkan layanan gratis pembuatan gambar header blog/web. Tentu saja pasti sampeyan pilih cara yang kedua, khan?! Huh ... Maunya yang serba enak saja, sih, sampeyan! He .... Oke kita akan memulai langkahnya.

Menambah Halaman Baru BlogDETIK untuk Pusat Informasi

Satu yang spesial dari BlogDETIK dibandingkan BlogSpot adalah disediakannya sebuah halaman khusus yang berfungsi untuk menyampaikan semua informasi yang kalian punya. Kalian bisa menuliskan informasi diri (About me), seputar blog yang sampeyan kelola, hingga hal-hal yang menyangkut aktifitas diluar BlogDETIK, seperti misalnya dengan menyampaikan banyak hal tentang blog-blog lain milik sampeyan. Hitung punya hitung, tempat ini sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai media promosi buat semua blog yang kamu miliki. Atau .... mungkin sampeyan punya ...

Posting KODE HTML di BlogDETIK: PAnduan BloGGeR Ngeblog

Panduan atau Tutorial membuat posting KODE HTML, baik BlogDETIK, Blogspot atau Wordpress amat sering muncul dan dapat dilakukan dengan berbagai variasi untuk menampilkannya. Ya, meskipun tidak semua blogger memanfaatkan tutorial ngeblog menggunakan KODE HTML, karena memang orientasi atau bahan dan materi postingnya jauh dari segala hal yang berbau KODE HTML, namun pemahaman atau belajar tentang sesuatu yang baru tidaklah merugikan bagi semua orang, terutama kalian yang sudah menyandang gelar sebagai Blogger atau d'Blogger. Ya ..., sekali waktu pasti akan bermanfaat dan diperlukan untuk melengkapi postingan sampeyan. Lho ... Namanya juga manusia. Seperti halnya umur orang nggak tahu kapan akan berakhir, demikian juga kebutuhan akan pemahaman penulisan KODE HTML. Penulisan KODE HTML sebenarnya amatlah sederhana karena hanya beberapa kode saja yang harus dituliskan dalam bentuk khusus supaya di halaman blog bisa terkihat sesuai yang diharapkan. Contoh yang sederhana adalah penulisan tag pembuka dan tag penutup. Sebuah KODE yang paling sering digunakan dalam penulisan KODE HTML.

Beberapa KODE HTML dan Metode Penulisannya dalam Posting :

Read More: Potong Teks Beri Manfaat Lebih Pengguna BlogDETIK

Read More merupakan satu fasilitas yang di sediakan untuk bisa digunakan di semua blog, baik di Wordpress, BlogDETIK dan BlogSpot atau Blogger serta di banyak Blog yang lain. Pemahaman umum yang biasa disampaikan melalui Tutorial Blogger, Panduan Blogger, Panduan dan Tutorial BlogDETIK atau istilah keren lain seperti tips dan trik blogger, umumnya hanya dinyatakan berfungsi untuk memotong teks dalam sebuah posting supaya tidak terlalu panjang (tidak ditampilkan secara keseluruhan), sehingga pengunjung yang hendak membaca keseluruhan posting harus KLIK "READ MORE"

Panduan Blogger: Mengapa Harus Klaim Blog di Alexa

Panduan Bloger ...., Tutorial Blogger ..., Tutorial Blogspot ...., Tutorial dan BlogDETIK ...., selalu di ikuti kata lain yang membentuk sebuah judul yang berupa kalimat berita atau kalimat perintah, seperti misalnya daftarkan blog di Mypagerank ... atau Claim blog di Alexa .... dan masih banyak lagi teks judul posting yang seperti itu. Sekali-kali bikin judul dalam kalimat yang berbentuk pertanyaan mungkin akan membuat orang bertanya-tanya sekaligus penasaran. Toh bukankah yang penting isinya. Iya, to?! Lho, kok, malah dombang-domblong kaya orang lagi kerasukan setan beringin? Ha ..... O..., ya kembali kepada pertanyaan dalam judul di atas, mengapa harus klaim blog di alexa?.

Alexa rank sebenarnya adalah sebuah data yang berupa tingkat popularitas sebuah web/blog yang dilansir oleh alexa.com, berdasarkan traffic atau jumlah kunjungan setiap halaman blog. Pentingkah peringkat yang diberikan alexa bagi kita? Ya ..., tentu saja karena peringkatisasi (e ... kata peringkatisasi, tuh ada nggak, ya? he ..., biar saja aku pakai bahasa gondoruwo yang blom ditetapkan sebagai bahasa baku wong indonesia. Ha .. Toh aku bukan guru yang

Panduan Blogger: Buat Link di Posting BlogDETIK

Tutorial Blogger menjadi kebutuhan vital supaya setiap blogger mampu mengelola blog dengan baik. Seperti halnya bagaimana cara memanfaatkan sebuah link untuk menyampaikan sebuah informasi yang tidak kita tampilkan dalam blog akan tetapi kita mengharapkan pengunjung dapat menikmati informasi tersebut. Informasi yang dikehendaki tersampaikan melalui sebuah link sangat bervariasi. Dapat berupa sesuatu yang terdapat di dalam blog itu sendiri ataupun dari luar blog. Bisa berupa informasi tertulis dan dapat juga berupa gambar. Dalam sebuah blog yang materi postingnya banyak memanfaatkan gambar, sebuah link menjadi sangat penting karena pemanfaatannya sekaligus bisa digunakan untuk menjaga kecepatan akses atau loading blog. Dengan link maka kita cukup menampilkan gambar-gambar dalam ukuran kecil (thumbnail) atau bahkan hanya sekedar teks saja, sedang gambar yang berukuran besar cukup kita masukkan dalam link yang kita buat. Dengan cara seperti ini niscaya kecepatan akses atau loading blog tetap terjaga dengan baik. Ya ... Bukankah penyakit leletnya loading menjadi masalah krusial blogger setanah air?!

Contoh Bentuk Link

Silahkan untuk mencoba link-link yang aku buat di bawah ini :

Atur Ukuran dan Beban Muatan Gambar Posting BlogDETIK

Posting melibatkan gambar memang tidak boleh sembarangan. Gambar atau photo menjadi sumber terbesar terkendalanya loading blog. Fatal akibat yang ditimbulkan akibat permasalahan ini. Dengan kondisi pengguna internet yang kebanyakan masih mengandalkan kemampuan loading seadanya karena keterbatasan dana (seperti aku, broer!), penggunaan gambar harus dilakukan dengan perhitungan matang sehingga kecepatan akses tetap terjaga. Bukti dilapangan menunjukkan bahwa semakin lambat sebuah blog untuk di akses, maka semakin besar pula kemungkinan blog dibatalkan dibuka oleh pengunjung. Repot, khan. Apa jadinya posting-posting yang dengan susah payah kita buat dengan menghabiskan banyak waktu, tenaga dan pikiran sekaligus duit ini jika hanya terbuang mubazir? Apa, ya, mo buat bantal tidur?! Ya ..., bukankah ngeblog juga perlu dana buat langganan ngenet, trus perlu beli kopi jahe dan berbungkus rokok supaya ide terus mengalir? Atau mungkin sampeyan nggak ngerokok?! Klo nggak biasanya so ... pasti di depan meja penuh dengan segala macam camila! Iya, to? S o ... sama saja artinya! Tetap pakai biaya. Ha ....

Panduan Memulai Ngeblog di BlogDETIK: Panduan BlogDETIK

Apabila anda baru memulai untuk ikutan ngeblog, panduan ngeblog di BlogDETI ini mungkin akan bermanfaat. Setidak-tidaknya sampeyan pada ngerti kira-kira apa saja yang harus dilakukan ketika pendaftaran sudah dilakukan, kemudian di depan sampeyan terpampang deretan tools yang bikin posing kepala. Bagi yang baru sekali terjun di BlogDETIK dan sebelumnya blom pernah mengenal wordpress sama sekali so ... aku yakin pasti hanya lholak-lholok (bingung!) mau memulai dari mana. Lho ..., lha wong saya yang sudah lumayan lama di blogger saja nggak ubahnya cowok yang lagi cinta wuyung sama si denok deblong, kok. Bingung ! Apa saja fungsi setiap tools, icon, fitur dan link yang bagai barang dagangan di pasar tersebar memenuhi dasbor (dasboard) ini? Hoooo ... hooo ... Wajar, khan! Namanya juga baru sekali lihat kok disuruh mengoperasikan. He ....

Posting di BlogDETIK dengan Berbagai Jenis Font

Menampilkan teks variatif tentu akan membuat BlogDETIK kita menjadi tampil beda. Sebuah warna baru bagi blog yang pastinya bikin tampilan blog tambah bergaya. Selain bermanfaat untuk memperindah wajah blog, pemakaian jenis font berbeda dapat dipergunakan untuk memberi tekanan (ciri, identitas) pada beberapa teks tertentu yang kita anggap penting untuk ditonjolkan supaya perhatian pembaca spontan tersedot ke arah teks dimaksud. Satu contoh misalnya kita manfaatkan untuk membentuk sebuah link sehingga terlihat menonjol atau berbeda dibandingkan dengan teks sekitarnya. Bagi d'blogger yang sering mempostingkan

Tips Penting: Tutorial Blogger Rahasia Penulisan KODE CSS

Menambahkan kode CSS baru atau menuliskan kode CSS baru pada template sepertinya bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Ya ..., karena dianggap sangat sederhana dan seakan tidak perlu menggunakan banyak pikiran, maka sering terjadi kode CSS baru yang ditambahkan tidak berfungsi dengan baik. Supaya tidak terjadi kesalahan dan kegagalan pemasangan CSS baru, beberapa tips blogger penting di bawah ini perlu diperhatikan. Sebuah Tutorial Blogger sederhana tetapi saya tanggung akan banyak memberi manfaat.

Beberapa tips Blogger untuk penulisan, pemasangan kode CSS dan kaitannya dengan kode HTML :

  1. Huruf besar-huruf kecil : Kode CSS bisa dituliskan dalam bentuk huruf besar atau kecil. Meskipun tidak berpengaruh, sebaiknya untuk keseragaman dan kemudahan, karena sebagian besar menggunakan huruf kecil, maka

Tutorial BlogDETIK: Komentar dan Jawaban dalam Satu Kolom

Ide membuat komentar masuk dan tanggapan komentar dalam satu kolom tak terpisahkan ini muncul ketika aku melihat betapa pentingnya kedekatan komunikasi harus tercipta antara pemberi komentar dan pembuat posting. Ketika kolom komentar dibentuk semacam ini maka keduanya akan terasa terlibat seperti dalam sebuah dialog atau diskusi. Pemberi komentar akan dengan jelas melihat jawaban yang diberikan pembuat posting karena tanggapan persis beada di bawah pertanyaan atau komentar yang diberikan. Teknik ini nantinya juga akan bermanfaat sekali ketika kebetulan kita menggunakan desain blog yang memisahkan keseluruhan komentar masuk dan tanggapan komentarnya. Desain blog yang seperti ini membuat orang bingung ketika mencari tanggapan atas komentar yang telah diberikan. Ya ..., karena harus memelototi satu demi satu setiap jawaban yang terkumpul berderet memanjang.

Tutorial BlogDETIK: Cara Memasang Widget Mypagerank

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford (sumber: Wikipedia bahasa Indonesia).
Dengan gambaran di atas, secara sederhana kita dapat melihat betapa pentingnya ...

Tutorial BlogDETIK: Pasang Alexa Traffic Rank Button

Memasang Alexa dimaksudkan untuk mempermudah blogger mengetahui sejauh peningkatan ranking yang dicapai selama aktifitas ngeblog dilakukan. Mengetahui ranking blog melalui Alexa ditanggung tak akan mengecewakan karena situs ini sangat kredibel dan terpercaya untuk urusan yang berkaitan dengan trafic sebuah blog. Jika blog kalian blom dipasang, sebaiknya segera lakukan registrasi di Alexa supaya kalian bisa segera tahu sejauh mana blog yang kalian kelola, serta sekaligus bisa tahu seberapa besar pengunjung yang mampir. Untuk Rgistrasi dan pasang widgetnya, silahkan ikuti panduan berikut ini :

Cara Registrasi dan Pasang Alexa di Widget Blog :

  1. Alexa : Segera datang ke Alexa dan daftarkan blog sampeyan.

Tutorial Blogger: Cara Memasang Widget Jam di BlogDETIK

Ingin BlogDETIK sampeyan tampil lebih ciamik? Bagaimana kalau kita coba pasang jam di widget BlogDETIK kita? Percayalah banyak manfaat yang dapat kita ambil dari pemasangan jam ini. Disamping memperindah penampilan BlogDETIK sampeyan, tentunya dengan jam yang terpampang akan memberi manfaat tidak hanya bagi sampeyan sendiri, tetapi banyak orang lain yang akan merasakan. Menanam perbuatan baik setidak-tidaknya menjadi sebagian modal raport positif menggapai surga? Iya..., to?! Lho ya pasti iya, dong! Pengunjung blog sampeyan menjadi tidak perlu bersusah payah tengok sana-tengok sini hanya untuk ngeliat posisi jarum jam. Bukankah orang lagi nginternet paling malas melepas pantat dari kursi? Satu lagi yang penting : Biar para pengunjung selalu ingat waktu atau janji yang sudah dibuat. Ya ..., dengan jam terpampang dia pasti jadi selalu ingat janji yang dibuat atau mungkin karena besok punya acara di pagi buta jadi meleknya nggak terlalu larut. Oke?! O.., ya ....

Tutorial BlogDETIK: Membuat Teks Rata Kanan-Kiri


Apapun yang terlihat rapi pasti akan terasa enak dinikmati mata sekaligus membuat hati merasa nyaman. Seperti halnya rumah yang tertata dengan baik tentu akan menyenangkan, membuat siapapun betah untuk berlama-lama singgah, demikian pula halnya dengan sebuah blog. Penulisan posting yang rapi akan mampu menambah keindahan dan membuat sajian posting terasa lebih nikmat untuk diikuti setiap detailnya. Sekalipun sebenarnya apa yang saya coba bahas ini hanyalah sebuah hal yang sangat sederhana, saya hanya berharap akan memberi manfaat terutama kepada blogger-blogger baru yang masih begitu awam memahami keseluruhan fungsi tools dan fitur sebuah blog. Pengalaman juga menunjukkan, beberapa blogger yang telah cukup lama menekuni dunia blog kurang memanfaatkan secara maksimal fitur RATA KANAN-KIRI ini, sehingga sekalipun posting sudah bertumpuk , tak satupun diantaranya terlihat rapi. Tutorial dasar yang termuat dalam posting berthema Tutorial Blogger, tutorial d'blogger (BlogDETIK), Wordpress dan beberapa yang lain, masih sangat diperlukan karena pesatnya peningkatan jumlah blogger yang terasa luar biasa. Dari Tutorial Blogger ini diharapkan muncul blogger baru dengan kualitas mumpuni yang akhirnya mampu menggapai prestasi puncak sebagai blogger berkelas internasional.

Cara Membuat Teks Rata Kanan-Kiri di Posting BlogDETIK :

Edit Gambar di Ruang Posting BlogDETIK


Bukan hanya karena terburu-buru atau lupa saja yang membuat kita perlu melakukan edit ulang pada gambar posting yang kita upload. Memang ..., yang lebih sering terjadi adalah karena ketergesaan atau lupa, sehingga ketika kita terlanjur KLIK button Insert into post (di halaman upload/Add media files from ...), tiba-tiba saja teringat bahwa ada data gambar yang lupa dituliskan. Apabila terlanjur terjadi seperti ini, atau mungkin kita memang ingin melakukan perubahan pada beberapa data gambar, melalui halaman posting di posting mode Visual perubahan dapat secepatnya kita lakukan sebelum posting diterbitkan.
KLIK gambar di bawah ini untuk melihat kolom pengisian data gambar posting ketika upload dilakukan (Add media files from ...).

--> Fitur Edit Image : digunakan untuk Edit Gambar.
--> Fitur Delete Image : digunakan untuk

Visitor Counters untuk BlogDETIK

Tidak semua visitor counters atau penghitung jumlah pengunjung dapat berfungsi di BlogDETIK secara sempurna. Dari sekian banyak layanan gratis visitor counter yang ada, di bawah ini telah saya sediakan beberapa alamat penyedia perangkat visitor counters yang dapat berfungsi secara sempurna di BlogDETIK. Semua telah dilakukan uji dan

Membuat Bingkai (Border) Gambar dan Photo Posting di BlogDETIK

Setelah di posting sebelumnya sebelumnya kita mencoba membahas cara menata/mengatur gambar atau photo posting supaya terlihat rapi, di posting kali ini akan kita menambahkan bingkai pada gambar melalui penambahan kode html yang berupa "border". Border akan membentuk garis disetiap tepi gambar dengan ketebalan yang bisa diatur sesuai keinginan kita. Kalau dalam wujud nyata bentuk akhirnya akan seperti halnya sebuah pigura atau bingkai foto. Besaran boder adalah pixel(px). Penambahan border juga dilakukan dengan memanfaatkan fungsi posting mode HTML. Sampeyan bisa membuka posting sebelumnya supaya pemahaman tentang posting gambar dan photo di BlogDETIK ini menjadi lebih mudah. Silahkan KLIK link yang sya sediakan di bawah ini untuk melihat postng sebelumnya :

Tutorial BlogDETIK: Tips Menata Gambar di Postingan BlogDETIK

Sebaik apapun artikel atau posting, apabila tampilannya tidak ditata dengan baik tentu akan membuat pengunjung malas untuk berlama-lama menikmati suguhan posting yang sudah dibuat dengan begitu serius dan bahkan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Banyak blogger yang masih dalam tahap awal terjun di dunia blog mengalami kesulitan untuk melakukan penataan sekaligus merubah ukuran gambar yang akan ditampilkan. Kenyataan seperti ini tidak dapat dipungkiri karena pemahaman tentang kode HTMl tidak bisa dilakukan tanpa tuntunan dari blogger yang sudah cukup matang di dunia blog, terutama yang mendalami tentang desain sebuah blog. Bagaimana supaya dapat secara cepat mengatasi permasalahan tampilan gambar di postingan? Bukan sesuatu yang sulit karena kode html yang digunakan sekedar untuk sedikit mempengaruhi penataan dan penampilan gambar tidaklah banyak dan rumit. Hanya beberapa kode sederhana kita tambahkan pada file gambar, maka jadilah sebuah tampilan posting yang sedap dipandang sekaligus enak untuk dinikmati.

Cara menambah kode HTML pada file gambar di mode posting html :

  • Edit Post : Masuk terlebih dahulu di halaman Edit Post.
  • Upload Gambar : Lakukan upload gambar.
  • Posting Mode HTML : Atur posting dalam mode HTML (ada 2 pilihan mode Visual dan HTML).
  • Posisi Gambar di bagian KIRI : Apabila gambar ditempatkan pada bagian sebelah kiri halaman posting, gunakan tambahan kode sebagai berikut :

Cara Merubah Ukuran Gambar dan Photo Posting di BlogDETIK

Beberapa kalai saya menemukan posting dalam blog detik, dimana gambar dan photo yang ditampilkan jauh dari kesan rapi. Malah dibeberapa posting saya jumpai foto-foto dalam ukuran raksasa (melebihi ukuran halaman posting) menjadi pemenuh halaman blog. Sesuatu yang akhirnya amat mengganggu pengunjung saat hendak menikmati posting yang sebenarnya menarik untuk di simak. O ...,ya.. Tentu saja disamping tampilan blog menjadi kurang menarik, gambar dalam ukuran jumbo sangat berpengaru terhadap kecepatan loading. Yang kembali dirugikan terutama adalah pemilik blog. Acapkali terjadi, karena loading blog yang terlalu lelet akhirnya membuat petualang blog membatalkan niatnya berkunjung karana setelah ditunggu cukup lama, blog tak juga terbuka. Pengalaman seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi di blogdetik saja, tetapi karena pemahaman tentang kode html memang tidak dimiliki oleh semua blogger, maka akhirnya menjadi sebuah kewajaran. Sebuah tip sederhana yang simple akan membuat problem ini segera dapat terpecahkan. Silahkan ikuti panduan berikut

Tips Posting Gambar dan Photo di BlogDETIK: Tutorial BlogDETIK

Meskipun ngeblog dirasakan sangat nikmat dan membuat hidup lebih hidup, akan tepai bagi blogger yang baru dalam tahap memulai, pengalaman baru ini dirasakan justru menambah pusing kepala. Begitu banyaknya fasilitas (tools) yang berderet memenuhi halaman dasbor (dasboard) betul betul membuatnya kebingungan untuk memulai. Hal yang sangat wajar tak ubahnya seseorang mendapatkan sebuah lingkungan baru. Semua tampak asing dan seringkali membuat rasa putus asa muncul seakan mau mengandaskan niat besar yang sebelumnya begitu membara. Bagi yang saat ini baru mencoba memulai, janganlah putus asa. Tiada sesuatu yang diperoleh tanpa melalui perjuangan. Percayalah bahwa semua akan terpecahkan seiring waktu berjalan. Banyak, kok, manfaat yang diperoleh melalui aktivitas ngeblog. Tidak hanya teman baru yang kita dapat seperti halnya bila kita sekedar facebook-an. Melalui blog kemampuan, wawasan dan kepekaan seseorang akan selalu terasah membentuk pribadi yang lebih tangguh dan mumpuni. Anggaplah tantangan sebagai semangkok bakso (tentu saja bagi yang demen!) hangat dengan keharuman yang menggelitik perut dan membuat air ludah mengalir seperti derasnya sumber mata air pegunungan. Glek ....

Pasang Mini Visitor Counters dari Blogcounter;Panduan dan Tutorial BloGGeR Widget

Mini Counter ini sangat banyak digunakan oleh para blogger yang sudah senior. Bentuknya sangat kecil tetapi tingkat akurasinyan sangat tinggi. Kecil-kecil cabe rawit, adalah istilah yang sangat tepat bagi counter sekecil ini karena kemampuan hitungnya yang mampu memncapai jumlah 100.000.000 (seratus juta) pengunjung. Hebat, khan? Bentuk kecil ini memberi keuntungan lebih pada penataan ruang blog, karena ruang yang digunakan menjadi sangat minimal sekali.

Cara Registrasi dan menggunakan Mini Visitor Counters dari Blogcounter :

Cara Menambah Widget Baru di BlogDetik


Mungkin bagi kalian yang baru saja menjadi members di blog detik tidak menyadari kalau di blogdetik kalian bisa ditambahkan bermacam-macam widget seperti misalnya widget jam, kalender, penghitung jumlah pengunjung (visitor counters), gambar, teks atau pun link. Penambahan widget ini memungkinkan sampeyan menambah kelengkapan baru yang sebelumnya tidak ada sehingga penampilan blog bertambah menarik.

Cara menambah widget di BlogDetik :

Cara Membuat dan Memasang dan Visitor Counters yang Kompatibel di Semua Blog

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR serta Panduan BlogDETIK Widget Visitor Counter.

Tidak semua penghitung jumlah pengunjung blog kompatibel dengan blog yang kita miliki. Seperti halnya bila anda mempunyai blog di blogdetik, maka visitor counters yang berasal dari Histats.com tidak akan dapat difungsikan, sehingga kita harus mencari visitors counters alternatif yang memungkinkan digunakan semua blog. Visitor Counters dari easycounter.com menjadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah ini. Sangat sederhana tetapi tampilannya sangat menarik. Beberapa pilihan counter disediakan di sini sehingga kita dapat menyesuaikan dengan ruang dan background blog yang kita miliki.

Proses registrasi dan pasang widget visitor counters :

Pasang Penghitung Jumlah Pengunjung dengan Histats Counters

Mengapa Panduan BloGGeR tentang pentingnya penghitung jumlah pengunjung dan cara memasang memasang penghitung jumlah pengunjung ini kita sampaikan ke sobat blogger? Memasang penghitung jumlah pengunjung bertujuan untuk memonitor sejauh mana kemajuan blog yang kita kelola dengan melihat beberapa parameter yang tertampilkan seperti jumlah pengunjung hari ini, jumlah pengunjung online dan berapa jumlah total pengelana internet yang sempat mampir di blog. Melalui data ini diharapkan blogger dapat melakukan beberapa evaluasi untuk meningkatkan kwalitas dengan memilih materi posting serta kualitas posting berikutnya. Beberapa situs memberikan layanan pemasangan penghitung jumlah pengunjung, namun untuk kali ini kita akan membahas cara registrasi hingga mendapatkan kode html conters, kemudian bagaimana cara memasangnya di blog.

Cara mendapatkan Penghitung Jumlah Pengunjung Blog dan Cara menggunakan kode html counters

Buat Posting di Kompasiana: Panduan BloGGeR Promosi dan Daftar Ngeblog

Satu lagi peluang buat kalian untuk promosi blog. "Daftar di Kompasiana" dan buat posting sebanyak-banyaknya. Selipkan link blog kamu diantara posting yang diterbitkan. Ditanggung mantab untuk bantu tingkatkan jumlah pengunjung. Cara daftarnya sangat gampang, tak perlu othak-athik desain blog karena memang tidak disediakan template pribadi. Interaksi antara blogger dan pemberi komentar tak kalah seru dibandingkan dengan di blogdetik. Pasti akan menarik dan menantang kalian untuk lebih banyak menghabiskan waktu di depan kompu. Tak akan rugi, percayalah!

Cara Daftar di Kompasiana.com :

Numpang Promosi Blog Lewat Blogdetik: Tutorial BloGGer Promosi Blog

Mau tahu prospek pasar di blog detik? Nggak main-main, lho. Dari data yang tersampaikan di blogdetik, dinyatakan secara gamblang bahwa media online ini menjadi santapan sekitar 15 juta orang dengan domisili tersebar di segala penjuru dunia. Posting melalui blog detik memang hanya ditampilkan selama beberapa menit di halaman utama, tetapi dengan jumlah pembaca aktif sedemikian besar, waktu yang hanya beberapa detik merupakan sebuah peluang luarbiasa dan patut respon secara positif oleh semua blogger. Satu kelebihan lain yang dimiliki blog detik adalah adanya interaksi yang begitu hidup antara pembuat posting dan pemberi komentar. Komunikasi yang sangat nyaman dan penuh dinamika menjadi sebuah tantangan sekaligus kesempatan untuk lebih mengenalkan keberadaan kita sekaligus blog yang kita kelola, baik di blogspot atau yang lain. Mau tau cara buat blog di blogdetik?

Cara Menggabungkan Gambar dengan Adobe Photoshop: Tutorial BloGGeR Image

Ini adalah sebuah cara yang sangat sederhana untuk menggabungkan 2 buah gambar atau lebih menggunakan Adobe Photoshop. Kalian tinggal siapkan terlebih dahulu dua atau lebih gambar yang akan digabungkan menjadi satu. Sebagai contoh, kita akan menggunakan dua buah obyek gambar.
1. Obyek ke-1 (pertama) --> sebuah gambar dengan ukuran lebih kecil dari obyek ke dua.
2. Obyek ke-2 (ke dua) --> gambar dengan ukuran lebih besar dari obyek pertama.

Langkah untuk menggabungkan gambar menggunakan Adobe Photoshop :

Cara Mengganti atau Merubah Gambar Header Blog: Tutorial Desain BloGGeR

Serius menekuni profesi blogger atau dengan istilah lain serius ngeblog memang memunculkan banyak tantangan baru. Bukan hanya waktu yang harus banyak diluangkan untuk membuat posting saja, tetapi upaya untuk membuat sebuah blog yang lebih mempunyai citra diri atau identitas diri akhirnya jadi tantangan yang lebih besar lagi. Rasa tak puas akan desain asli bawaan blogger sebenarnya wujud dari semangat luar biasa yang menunjukkan keseriusan seorang blogger untuk menekuni aktifitas ngeblog. Sebuah vitalitas yang harus terus dipompa supaya nggak mudah kempes ditelan kerikil keputusasaan atau kejenuhan.

Memanfaatkan desain blog gratis yang banyak ditawarkan memang menjadi sebuah solusi untuk memperlihatkan keberbedaan dari desain asli blogger. Tetapi cara inipun akhirnya tak juga memberi kepuasan dan kebaggaan yang hakiki. Kalian tak perlu menyesali kejadian seperti ini. Semua orang waras pastilah ingin mempunyai jati diri. Sesuatu yang tumbuh dari dasar hati. Coba...

Adobe Photoshop dan Adobe ImageReady: Tutorial BloGGeR Posting Gambar

Blogger dan gambar (image) ibarat kepala dan leher. Dua hal yang tak mungkin terpisahkan. Mengapa bisa demikian?

Ada beberapa cara untuk mengungkapkan sebuah ide yang tumbuh dalam pikiran atau hati :
1. Dengan kata-kata (lisan atau tertulis).
2. Melalui sikap dan perbuatan.
3. Menggunakan gambar (gambar statis atau dinamis).

Penggunaan gambar merupakan cara pengungkapan pikiran atau hati yang terhitung paling mudah dicerna. Kadang-kadang kata yang panjang tidaklah cukup, tetapi secuil gambar akan mampu menerangkan yang sedikit terucap dan tertulis. Contoh yang paling bisa dirasakan adalah ketika sampeyan mencoba memahami tutorial di blog ini. Acapkali pembacaan tutorial harus diulang selama beberapa kali karena ...

 
GR | Edited by | gubhug reyot