Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Cara Buat dan Rubah Judul Blog (blog Title) BloGGeR Baru Menjadi Bentuk Link

Panduan dan Tutorial BloGGeR Baru ini akan memberikan sebuah panduan untuk merubah Judul Blog menjadi sebuah link, sehingga di dalamnya bisa kita masukkan (pasang) sebuah link. Ketika pengunjung blog mencoba meng-KLIK Judul Blog (Blog Title), maka pengunjung akan kita bawa ke sebuah alamat tertentu. Untuk menciptakan link pada judul blog tersebut, kita akan gunakan sebuah kode HTML dan menyimpannya di template.

Background Image (Gambar) di Judul atau Nama (Title) Blog BloGGeR Baru

Keterbatasan sebuah template membuat seorang blogger harus pandai-pandai mensiasati sehingga keterbatasan yang ada bukan menjadi suatu penghalang untuk membuat penampilan blog bertambah menarik. Hal seperti ini harus dimaklumi karena membuat sebuah desain blog yang sesuai dengan selera jutaan pengguna pastilah sesuatu yang mustahil dilakukan. Kondisi yang seperti ini tentunya harus mendorong semangat blogger untuk lebih memperdalam pemahaman desain blog. Ketelatenan untuk mengothak-athik template menjadi kunci keberhasilan segala bentuk modifikasi hingga didapatkan sebuah desain blog baru yang benar-benar sesuai dengan cita rasa atau selera pengguna.

Sebagai bahan modifikasi blog di blogger baru, kali ini akan kita pelajari bersama cara membuat sebuah penampilan berbeda pada judul atau nama blog (Blog Title) dengan memanfaatkan sebuah background gambar (background image) dan beberapa efek seperti misalnya opacity effect (efek transparansi), hover effects, box shadow, text shadow, dan rounded corners. Kelebihan penggunaan background image pada sebuah blog terletak pada kemampuannya untuk menciptakan sebuah tampilan dinamis dengan berbagai variasi pewarnaan, pengaturan posisi bacground serta dimungkinkanya penggunaan sebuah gambar animasi yang membuat blog semakin terlihat atraktif.

Dari kode css yang tersertakan nanti, silahkan sampeyan bisa lakukan pengurangan atau mungkin bahkan penambahan kode supaya bentuk header dari desain yang akan kita buat ini mampu memberikan nilai tambah terhadap tampilan blog. Kode CSS yang akan kita pergunakan untuk merubah penampilan header blog adalah seperti di bawah ini :

Cara Membagi Kolom Header Blog di BloGGeR Baru

Panduan dan Tutorial BloGGeR ini merupakan sebuah panduan untuk membagi header blog menjadi 3 kolom di bagian kiri, tengah dan kanan. Meskipun demikian bila sampeyan menginginkan, sampeyan dapat membaginya sesuai jumlah kolom yang diinginkan. Membagi header blog menjadi 3 kolom dalam tutorial ini akan menempatkan blog title di bagian tengah dan 2 elemen (kolom) baru di sebelah kanan & kiri.

Membagi kolom header menjadi beberapa bagian memungkinkan kita menempatkan berbagai widget baru dalam berbagai bentuk dalam header yang menyatu dengan bagian blog title dan deskripsi blog. Mungkin saja sampeyan akan memansang adsense (iklan), slide show, video, image atau bisa saja beberapa teks. Jika penambahan elemen baru ini selesai, semua fungsi penambahan widget dapat dilakukan melalui "Dasboard - Page Elements - Add Gadget".

Cara Buat dan Pasang Background Image di Header BloGGer Baru: Cara Menampilkan background Image di Header

Ah .... BloGGeR ...., BloGGeR .... Kenapa harus diganti total ya, templatenya. Jadi bikin banyak orang bingung saja. Bukan hanya pembuat tutorial BloGGeR BlogSPOT saja yang jadi tambah kerjaan, blogger lama dan blogger baru pun pastinya harus lebih banyak lagi belajar tentang desain terbaru template BlogSPOT (New BloGGeR Template). Bukan pekerjaan yang ringan karena lebih banyak tutorial yang telah terposting umumnya terfokuskan di panduan pengenalan dan modifikasi template BloGGer Lama.

Tapi apapun juga, dibalik beberapa keluhan di atas, kalau dihitung-hitung, ada untungnya juga bagi blog yang mengambil segmen posting Tutorial dan Panduan BloGGeR BlogSPOT. Apa sebabnya, coba? He ... he ... Jadi punya bahan posting baru, khan?! Repotnya ..., yang kemarin dulupun belum kelar, sekarang harus mulai mengarahkan ke sasaran baru yang tentunya harus kembali menguras kemampuan otak yang sudah mendekati pikun. Ya ada senangnya ... ya ada posingnya juga. Ha ya ...., susah, khan?! yah ..., seperti inilah manusia. Selalu pandai mengeluh dan jarang bersyukur. Lebih parah lagi, begitu udah enak .., lupalah dia sama asal muasal apalagi tetangga dan saudara.

Blog tanpa sebuah background yang kita ambilkan dari sebuah gambar atau image (background-image) sebenarnya nggak masalah juga, tapi sialnya ..., penggunaan background image ini tidak membuat blog semakin jelek tapi justru semakin membuat penampilan blog tambah manis saja. Jadinya ..., apapun juga, untuk membuat wajah blog sampeyan supaya terlihat lebih menarik, bersahabat dan penuh senyuman ramah, tidak boleh tidak sebuah background gambar harus dipergunakan. Nggak ada ruginya, kok. Secuil gambar dengan beban entengpun mampu merubah tampilan kepala blog (header blog). Mungkin sampeyan bisa membayangkan wajah (header) orang yang bangun tidur dengan mata yang masih belum tersiram air (ngeri, ya?! Biasanya di matanya itu, lho. Ada sisa ampas tahu yang mengkilap klo terkena sinar lampu! He ... he ...), sementara terlihat juga di samping kanan atau kiri bibir ngowohnya juga masih ada seleret lukisan berwarna putih kecoklat-coklatan yang terlihat mulai mengering. Ha .... ha .... Seperti itulah wajah blog kalau sama sekali belum tersentuh modifikasi. Wagu tur ora mboys kata orang! He .... he ...

Manfaatkan Berbagai Font Rubah Judul Blog di BloGGer Baru

Sedikit sentuhan pada kode html melalui perubahan yang kita lakukan pada kode css di template BloGGeR Baru pastinya akan membuat penampilan yang jauh berbeda yang membuat bentuk teks judul atau title blog semakin terlihat menarik. Sebenarnya banyak sekali modifikasi yang dapat kita lakukan di bagian header blog ini, tetapi kita akan bahas satu demi satu setiap modifikasi yang mungkin kita lakukan.

Terbatasnya jenis font yang disediakan blogspot menjadi salah satu titik penting modifikasi dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan jenis-jenis font yang tersedia dan mampu diserap blog. Kekayaan jenis font yang dipadukan dengan berbagai efek yang tercipta melalui kode css3 diharapkan semakin memperkaya bentuk penampilan header blog. Setelah di blog ini kita sediakan berbagai bentuk font yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan bentuk gaya teks baru, maka kini tinggal kita bedah cara menggunakannya pada template BloGGeR Baru.

Cara Merubah dan Mengganti Jenis Font pada Judul Blog atau Title Blog untuk Menciptakan Style dan Gaya Tampilan Baru dan Berbeda di BloGGer Baru (New BloGGer Template)

  1. Login to BloGGer (login ke BloGGer)
  2. Dasboard (Dasbor) : KLIK link Editing atau Rancangan.
  3. Design (Rancangan) : KLIK link Edit HTMl.
  4. Back Up Template (Amankan Template) : KLIK link Download Full Template atau Download Template Lengkap, kemudian lanjutkan dengan menyimpan file template sampeyan di folder PC.
  5. Find CSS Code (Cari kode CSS) : Cari kode CSS berikut :

Cara Merubah dan Mengganti Background Image Template BloGGer Baru

Mulai detik ini, jam ini, hari ini, ketika hari mulai menapak temaram yang mulai menggelayut menjemput senja hari, gubhug reyot akan memulai membuka Panduan dan Tutorial Serta Cara Memodifikasi Template (Desain Blog) BloGGeR Baru (How to change Background Image New Blogger Templates), yang tidak boleh tidak memang harus segera dimulai.

Meskipun kalau kita lihat secara utuh, sebenarnya template ini masih perlu banyak perbaikan di sana-sini, tetapi apa boleh buat karena ternyata memang sudah di mulai menjadi sebuah pilihan wajib bagi para blogger. Beberapa bagian yang menjadi sedikit permasalahan adalah loading Posting Mode Edit HTML yang terasa begitu lama, beberapa kode html atau CSS yang sudah disertakan tetapi belum difungsikan, pemakaian background Image dengan ukuran Super Besar dan bahkan ada yang mempunyai beban hingga 247,06 KB (252.988 bytes) pada salah satu background image di Template Awesome Inc (akan memperberat loading blog!) serta beberapa hal lain.

Sebagai langkah awal Panduan dan Tutorial Modifikasi blog BloGGer Baru, kita akan sentuh permasalahan yang terjadi pada penggunaan background image. Panduan ini hanya akan mengupas tentang bagaimana cara merubah dan mengganti background image tersebut sebagai upaya untuk mendapatkan sebuah tampilan maksimal pada background dengan cara memperkecil atau mengganti secara penuh dengan background image baru dengan cara membuat sebuah background image sendiri. Dengan cara ini tentunya akan banyak sekali pilihan bagi sobat-sobat blogger untuk menampilkan background yang paling tepat bagi blog.

Oya ..., perlu aku sampaikan ke sobat blogger semua, saat ini aku juga tengah

Membuat Drop Cap Disertai Beberapa Efek dan Background Image

Panduan BloGGeR kali ini mencoba memberikan sebuah tips dan triks untuk menampilkan bentuk huruf yang berbeda dan dipadukan dengan berbagai efek pada huruf terdepan sebuah posting baik disetiap alinea atau paragraf. Bentuk huruf terdepan seperti yang tertampilkan dalam blog ini bisa dilakukan secara berulang atau hanya pada huruf terdepan posting.

Terus terang saja ..., bingung juga aku ketika mau menuliskan judul untuk posting ini. Hayo ..., coba seandainya sampeyan yang posting mo di kasih judul apa? Ho yo .... apa coba? Lha ..., bingung to?! Lho ..., kok malah komat-kamit! Emang ada hantu lewat, ya? Ha .... ha ... rasain, tuh! Biar sama-sama bingungnya! Dah ... sambil mikir judulnya mo di kasih kalimat seperti apa, silahkan sampeyan sambil lihat barangnya. Lihat yang cermat, tuh, pantat si bocah jorok yang sukanya membeledingkan pantat!

Untuk membuat model huruf depan dengan tampilan lebih besar dengan background tertentu, kita hanya perlukan sebuah syntax yang terdiri dari beberapa kode CSS. Penggunaanya tergantung selera dan berbagai bentuk tambahan kode CSS seperti misalnya efek kedip (blink sffects) dan efek bayangan teks (text-shadow), efek transparansi atau efek blur (opacity effects) dan efek background lengkung (rounded corners) bisa dijadikan pelengkap untuk membuat tampilannya semakin "nganeh-anehi". Ho ... ho ... super komplit toh, jadinya. Sampeyan silahkan lakukan modifikasi dengan menambah atau mengurangi kode CSS yang nanti aku sertakan. Misalnya background image-nya mau diganti photo tetangga atau photo simbah juga boleh. Mau dihilangkan juga boleh. Mau diperbesar hurufnya juga bisa. Udah, pokoknya terserah sampeyan mo ditampilkan seperti apa. Yang penting blog tambah keren dan punya tampilan berbeda. Oye ...?!

Potong Gambar Berbentuk Lingkaran, elips dan Potong Semau Gue Menggunakan Adobe Photoshop

open-fileSelain memotong gambar dalam bentuk empat persegi panjang, dengan menggunakan Adobe kita bisa melakukan pemotongan gambar dalam bentuk bulat atau lingkaran, elips serta memotong dengan berbagai sudut yang tidak terbatas (semau gue). Model pemotongan seperti ini akan membuat kita mampu menciptakan berbagai bentuk gambar menarik dengan lengkungan pada setiap sisinya.

Cara Memotong Gambar Dalam Bentuk Lingkaran/Bulat/elips :

  1. Adobe PhotoSHOP : Buka Adobe PhotoSHOP.
  2. Ambil Gambar : KLIK "File di ujung kiri-atas. Lanjutkan KLIK "Open". Pilih gambar dari folder PC dengan ukuran sedang (lebar atau tinggi berkisar 100px s/d 300px)
  3. Rubah pemotong : Setelah tool pemotong yang sebelumnya digunakan berbentuk segi-empat ("Rectangular Marquee tool"), maka kita akan rubah menjadi pemotong elips dengan cara KLIK Kanan pada "tool seperti terlihat di samping. Selanjutnya akan terlihat 4 buah tools. KLIK Kiri Mouse pada tool yang berbentuk elips "Eliptical Marquee tool (M)". Setelah tool tersebut di KLIK maka gambar yang terlihat di posisi awal menjadi berbentuk elips.
    KLIK Gambar untuk melihat detail posisi setiap tool yang digunakan
    .

Cara Menyembunyikan Menghapus Menghilangkan Judul Nama Widget BlogSPOT BloGGeR

Hari-hari terakhir ini tentunya beberapa rekan blogger jadi sibuk dan punya tambahan pekerjaan hanya gara-gara aturan penambahan widget di BlogSPOT yang berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. Pemberian Judul atau Nama Widget kini menjadi satu kewajiban yang tak mungkin dihindari atau ditolak. Susahnya ...., kewajiban memberi judul ini pada beberapa penambahan widget yang berasal dari luar BlogSPOT justru sebenarnya amat tidak diharapkan karena hanya menjadi pemenuh ruang dan sangat mengganggu upaya kita untuk menciptakan halaman blog yang terlihat rapi dan efisien. Kita bisa membayangkan pada satu hal kecil saja, misalnya untuk penambahan widget baru yang berupa javascript atau kode css dan xHTML untuk membuat sebuah cursor animasi. Mungkinkah kita akan beri judul pada widget tersebut? Tentu saja jadinya nggak lucu. Orang dibawah judul yang misalnya tertulis "Cursor Animasi", harusnya dibagian bawahnya ada sebuah bentuk barang (fungsi) yang menyertai judul tersebut ... e .... si cursor justru keliling sana-keliling sini nun jauh dari Judul Widgetnya. Sebuah tindakan aneh yang justru membuat semua jadi kacau menurut aku.

Bagaimana mengatasi permasalahan Judul Widget ini? Akankan sampeyan juga akan mendiamkan saja dan mau untuk menampilkan setiap judul widget sebagai pemenuh halaman blog semata? He .... he .... kalau mau, ya, syukur ...! Biar tambah ramai blognya. Ramai Judul, he .... he ... Biar orang yang buka pada ketawa, heh ... heh ... sambil terbatuk-batuk, uhuk ... uhuk ... uhuk .... thot .... Ha .... ha ....! Ha ... kalau ketawa terus sambil dibarengi kentut suaranya khan seperti itu. Uhuk ... uhuk ... uhuk ... thot ....!

Yo ... bareng-bareng pada buang kesungai, tuh judul widget! Biar nggak di ketawain pengunjung juga biar nggak jadi sarang judul. Emang dianggap tawon, ya kita?

Gunakan Save dan Preview Minimalkan Update Berulang di Posting BlogDETIK

Ini hanyalah sebuah tips kuno dan amat sederhana yang mungkin sudah terbiasa dilakukan oleh para blogger di blogDETIK, namun demikian kemungkinan masih banyak juga yang belum memanfaatkannya dengan baik. Tutorial BlogDETIK dalam bentuk Tips dan Trik ini dimaksudkan untuk meminimalkan kemungkinan harus dilakukannya Update Posting hanya karena beberapa kesalahan yang terjadi pada saat penulisan, penataan atau pemberian judul. Posting di BlogDETIK memang amat jauh berbeda dengan posting di blog lain pada umumnya. Hasil posting yang langsung termonitor oleh pengunjung blog dalam jumlah jutaan, benar-benar membuat kita harus berhati-hati dan memeriksa dengan teliti setiap detail kata hingga kode yang dipergunakan. Kesalahan sekecil apapun akan mewajibkan kita untuk kembali meng-update posting. Hal yang di BlogDETIK sungguh sangat tidak nyaman untuk dilakukan secara berulang hanya karena keteledoran kita. Ada perasaan sungkan, malu, kuwatir jika dianggap sesama blogger atau pengunjung blog "pasti ada maunya". 

Cara yang paling tepat untuk menjaga agar posting bisa diterbitkan dalam kondisi "siap tampil" adalah dengan melakukan "SAVE" terlebih dahulu kemudian dilanjutkan "Preview" untuk melihat bentuk hasil akhir posting yang kita buat. Melalui cara seperti inilah beberapa koreksi atau edit ulang segera bisa dilakukan hingga ketika posting diterbitkan maka benar-benar sudah dalam kondisi "siap tayang". Yah ..., ini hanyalah sebuah cara untuk meminimalkan kemungkinan update berulang yang disebabkan karena kesalahan-kesalahan kecil yang "amat manusiawi" dan biasanya terjadi akibat kekurang telitian saja. Tidak menutup kemungkinan sekalipun "SAVE dan Preview" telah dipergunakan akan tetapi beberapa kesalahan masih saja terjadi. Sekali lagi ini hanyalah sebuah upaya dan kita telah mencoba melakukannya .....

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :


» Happy Blogging - gubhugreyot «

Jangan Terlambat Pasang Flag Counter: Tutorial BloGGeR Monitoring Blog

Ini hanyalah sebuah tips dan triks sederhana berdasar apa yang telah aku alami selama ngeblog. Dan sebelum dilanjutkan, "tak ada satupun pikiran buruk tersebul di bathok kepala bothak ku selain sebuah keinginan untuk sekedar berbagi dengan sampeyan semua.

Sebelumnya aku sama sekali tak pernah peduli dengan apapun yang namanya counter yang berhubungan dengan rating, popularitas, ranking dan apapun sebutan untuk sebuah peningkatan prestasi ngeblog. Ketakutan dan rasa pesimistis selalu menggelayut diotak ditelan keputusasaan akan sebuah harapan yang sepertinya hanya sebuah angan kesia-siaan. Ya ..., ngeblog dengan rutinitas tinggi, melek sampai pagi dan pekerjaan jadi terabaikan adalah sebuah wujud kecintaan akan dunia blog dan segmen posting yang aku pilih. Tutorial BloGGeR dan Panduan BloGGeR itulah yang jadi pilihanku. Beberapa yang lain tentang masakan, komputer, software, politik dan sastra hanyalah pengisi kejenuhan dan keputusasaan akan harapan yang sering menghantam semangat ngeblog ku. Yah, .... bayangkan

Cara Membuat dan Memasang Floating PopUp Box: Panduan BloGGeR

Setelah beberapa waktu dalam Panduan BloGGeR dan tutorial BloGGeR dan Panduan BlogDETIK ini tidak menghadirkan DEMO, kali ini kita akan menampilkan sebuah demo "Floating PopUp Box" yang memang tidak boleh tidak harus melalui sebuah demo di luar blog. Ya ..., karena bila digunakan di blog ini tentunya akan semakin menambah beban blog yang harus ditanggung. Penggunaan gambar animasi yang cukup besar ditengah posting menumpuk tentunya akan membuat loading menjadi manggut-manggut seperti orang sudah pikun.

Seperti namanya, Floating PopUp Box, dia akan selalu melayang-layang mengikuti pergerakan cursor/mouse kearah vertikal. Ketika cursor menjelajah halaman blog ke bawah, maka diapun akan mengikuti ke bawah. Demikian pula sebaliknya ketika cursor bergerak ke atas. Box spesial ini dapat dimanfaatkan untuk menempatkan/memuat iklan, gambar/photo/banner/kata sambutan kepada pengunjung blog dan banyak hal lain yang yang mungkin sampeyan inginkan. Karena sifatnya merupakan pelengkap blog yang secara sengaja ditampilkan di setiap halaman blog di tempat strategis, untuk menjaga supaya penampilan blog tidak terganggu, maka floating popup box ini juga dilengkapi dengan sebuah controll untuk menghilangkan box dari halaman blog. Supaya lebih nyentrik dan bergaya, bagian ini (close) kita design dengan memanfaatkan blink effect dan efek marquee. Untuk lebih jelasnya silahkan sampeyan KLIK link demo berikut :

Box Lengkung Rounded Corners dilengkapi Efek dan Animasi di Judul Posting: Panduan BloGGeR Cara Membuat Rounded Corners

Panduan dan Tutorial Cara Membuat Box Melengkung atau Rounded Corners pada Judul Posting dimaksudkan untuk memberikan tampilan baru yang berbeda dengan penampilan biasanya. Untuk membuat box judul posting seperti di atas, kita hanya akan menggunakan kode CSS dan xHTML sehingga beban kode sama sekali tidak mempengaruhi loading blog atau bahkan bisa dikatakan beban blog sama sekali tidak bertambah. Keunggulan dari desain ini adalah dengan ditambahkannya efek transparansi serta background animasi yang membuat penampilan menjadi sangat luar biasa cantik, serta ...dan ini yang paling penting ....! Dia kompatibel di semua browser! Jelas sebuah accecories blog yang pantas dipertimbangkan untuk ditampilkan guna membuat blog tampil semakin manis.

Photo BloGGeR di Judul Posting: Panduan Cara Membuat dan Memasang Gambar dan Photo di Judul Posting

Mau pasang photo sampeyan di sebelah judul posting blog? Ho ... pasti keren, bung! Sampeyan bisa meletakkan gambar, thumnail atau photo di sebelah kiri atau kanan judul posting. Atau mungkin mau diganti dengan gambar animasi? He ... he ... jangan kuatir! Bisa .. bisa ...! Silahkan sampeyan cari gambarnya dan langsung pasang saja. Ya ..., karena dua metode pemasangan yang akan kita buat panduan cara membuatnya, kesemuanya bisa digunakan untuk pasang gambar statis seperti foto dan gambar dalam bentuk animasi. Gambar animasi yang mungkin kita pasang juga bervariasi. Bisa berbentuk teks, animasi sampeyan yang lagi ketawa sendiri atau mungkin ambil dari emoticon yang gampang carinya.

Panduan BloGGeR Cara Memasang Emoticon di Kolom Komentar BloGGeR BlogSPOT

Panduan dan tutorial cara memasang Emoticon di Box Komentar Blogger ini khusus diperuntukkan bagi template lama blogger Template Klasik dan Template Tata Letak (Layout Template) yang masih belum menggunakan "Threaded Comment". Penggunaan widget emoticon merupakan sebuah pengembangan dalam template untuk mempermudah pengunjung menyisipkan emoticon dalam komentar. Widget emoticon on blogger comment ini merupakan sebuah javascript yang di dalamnya berisi kode terpadu yang terdiri atas javascript, kode css dan xHTML. Javascript dapat disimpan di atas </body> atau melalui Add a Gadget/Tambah Gadget.
Bagi yang menggunakan "Blogger Template Designer (New Blogger Template)" dan semua template yang sudah menggunakan "Threaded Comment" dan ingin memasang Yahoo smileys/emoticon, silahkan ikuti panduannya melalui link di bawah ini:
Add Emoticons on Blogger Comment Box (Blogger Template Designer).
Javascript :
<script src='http://gubhugreyot-javascript.googlecode.com/files/GRsmileys-nonthreaded.js' type='text/javascript'></script>

Cara menggunakan javascript :

Panduan BloGGeR Cara membuat Navbar Rahasia atau Tersembunyi

Navbar atau sampeyan bisa mengenalinya dengan melihat bagian teratas blog yang di dalamnya terdapat link "Search Box, Ikuti, Berbagi, Blog berikut, Entry baru dst". Adanya Navbar sebetulnya cukup bermanfaat bagi blogger karena dapat menggunakan link-link yang tersedia seperti tersebut di atas, oleh karena itu mungkin ada yang menginginkan "Navbar tetap ditempatnya semula tetapi dibuat tidak terlihat (tersembunyi), maka silahkan ikuti Panduan BloGGeR berikut. Panduan cara membuat Navbar tersembunyi atau membuat navbar siluman (display navbar on mouseover) ini sebetulnya sudah terpostingkan berbulan-bulan yang lalu dengan judul "Display Navbar on Mouse Over". Judul seperti di atas mungkin tidak terlalu dikenal, oleh karena itu pada kesempatan ini coba aku postingkan lagi dengan pertimbangan supaya sobat blogger lebih mengenal bagaimana rupa dan tampilan navbar yang dibuat menjadi "navbar siluman".

Penggunaan kode HTML navbar tersembunyi atau banyak blogger menyebutnya "Navbar Rahasia" berfungsi untuk membuat kesan seakan-akan navbar tidak ada. Navbar hanya akan terlihat ketika cursor pengunjung blog mulai menyentuh (disentuhkan) pada bagian navbar yang tersembunyi tersebut.

Panduan Cara Membuat Cursor Bertabur Bintang Cinta

Panduan dan Tutorial BloGGeR Cursor Animasi

He .... he ... he .... Latah juga ini si gubhug reyot. Yang lain pada buat cursor bertabur bintang, eh .... ikutan juga! Ha .... Nggak apa-apa, ya? Emang nggak boleh, he ... Biar saja ..., yang lain khan cuma bertabur bintang! Iya, nggak?! Kalau yang ini lain! Lihat saja tuh judulnya! Masih ada ekornya, khan?! Lha, itu ... Cinta itu khan ikutan judul juga. Emang nggak di anggap belakangnya. Hu ... kasihan, dong! He .. eh ... Yang ini lain, kok. Emang nggak sekedar bertabur bintang si cursor animasi ini. Dia sesungguhnya bertabur cinta beneran. Jadi kalau cursor di gerakkan maka bunga-bunga cinta sampeyan akan bertaburan, berserakan sepanjang jalan. Ya ... sampeyan khan play boy, toh?! Atau play girl?! Tuh, lhoh yang suka gonta-ganti pacar. Yang sukanya sabet sana-sabet sini tuh, lhoh! He ... he ... Jangan marah, ya? Gini, lhoh. Cursor ini dibentuk menggunakan javascript yang di dalamnya didesain untuk membuat sebuah taburan cinta dengan jumlah yang bisa di atur juga. Bunga-bunga cinta ini ketika mulai berjatuhan, maka dia akan berubah menjadi semacam kotak-kotak dengan ukuran yang lebih besar dari bunga cinta itu sendiri. Ketika kotak-kotak itu semakin turun, maka diapun akan berubah lagi menjadi bentuk titik-titik yang jauh lebih kecil lagi. Seremnya kalau cursor ini digerakkan menyamping ke kanan dan ke kiri. Dia akan terlihat menjatuhkan bunga-bunga cinta (waru abang kui, lho!), kemudian seakan-akan dia dikejar-kejar oleh naga yang ganas yang mengikuti kemanapun dia pergi. Hayo .... Serem, nggak?! Mau buat? Yo, ikuti cara membuatnya. Gampang, wis. Teplak-teplek langsung jadi! He ....

Panduan Praktis Cara membuat Label Animasi Tag Cloud Cumulus Suka-Suka

Tak dapat di pungkiri bahwa Label Animasi Tag Cloud Cumulus merupakan satu widget label tercantik yang hingga detik ini belum tersaingi oleh widget label manapun. Animasi yang tercipta melalui file berekstensi .swf ini mampu memberi nuansa keindahan sebuah animasi dan tidak mengurangi sedikitpun fungsi utamanya sebagai sebuah label yang mampu melengkapi kebutuhan sebuah blog.

Meskipun dibeberapa waktu belakangan ini Label Cloud Cumulus mengalami beberapa kendala penggunaan berkaitan dengan matinya sumber pengaktifan tag cloud oleh sebuah situs (dihanguskanya javascript dan file swf oleh halotemplates.s3.amazonaws.com?), namun kini sampeyan tidak perlu khawatir lagi karena kita bisa membuat tag cloud animasi cumulus ini secara mandiri dengan cara mengupload file flash cumulus dan javascript-nya di free swf dan javascript hosting.
.

Mengapa kita perlu untuk membuat tagcloud cumulus yang mandiri :

Penggunaan tagcloud cumulus tidak berbeda dengan yang terjadi pada

Penting diperhatikan:Compress Javascript Stabilkan Loading Blog

Banyak cara dilakukan untuk menjaga kestabilan loading blog atau menjaga supaya loading blog tidak semakin bertambah parah. Sangat jelas memang, hal yang sangat mustahil membuat blog tetap berkecepatan prima seperti di awal-awal posting. Kecepatan loading blog ekuivalen dengan bertambahnya jumlah posting. Jadi semakin posting bertambah banyak, maka loading blog perlahan-lahan akan semakin berkurang. melihat kondisi seperti ini selayaknya kita selalu berupaya menjaga supaya loading blog tetap mempunyai tingkat kestabilan prima. Apabila hal ini dapat tercipta, niscaya kinerja (blogging) akan tetap lancar dan tentu saja intensitas kunjungan para penikmat posting juga akan tetap terjaga atau bahkan semakin meningkat. Beberapa hal sudah aku sampaikan melalui posting di blog ini tentang berbagai cara menjaga kestabilan loading blog, diantaranya yang terposting (lihat di sini).

Bagaimana cara lain yang sangat efektif untuk mempercepat atau istilahnya menjaga kestabilan loading blog?

Panduan Cara Merotasi - Memutar Gambar - Image dengan Adobe Photoshop

Panduan BloGGeR dan Panduan BlogDETIK tentang merotasi gambar atau image merupakan serial lanjutan tentang penggunaan Adobe Photoshop sebagai Tutorial BloGGeR praktis dan sederhana guna melengkapi kemampuan blogging dengan sebuah kemampuan editing gambar. Panduan editing sederhana yang tersampaikan di sini diharapkan terus dikembangkan sehingga setiap blogger mempunyai ketrampilan editing dan mampu mengelola dengan baik posting dalam bentuk gambar serta mampu membuat sendiri gambar/image yang diperlukan saat melakukan perubahan desain blog.

Merotasi gambar mempunyai banyak manfaat untuk seorang blogger. Satu contoh sederhana adalah bagaimana membuat tanda panah pada gambar visualisasi sebuah tutorial yang harus ditata sedemikian rupa sehingga tanda panah tersebut tidak mengganggu apa yang disampaikan. Merotasi gambar juga akan sangan bermanfaat ketika kita membuat sebuah gambar berbentuk

Cara membuat Teks Animasi Ganda di Header dan Sidebar Blog: Panduan BloGGeR Animated Text

Panduan Blogger dan Tutorial BloGGeR tentang animasi teks ini aku yakin akan membuat sampeyan tertarik. Tidak banyak kok, kode yang digunakan. Hanya sejumput javascript yang dibungkus dalam sebuah tag DIV guna membangun bingkainya. Tepat digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada pembaca blog sekaligus penghias blog yang pasti menarik untuk ditampilkan. Atau mungkin akan sampeyan gunakan untuk memberi kata sambutan buat pengunjung? Atau mungkin buat iklan atau kata-kata mutiara yang nantinya akan terlihat mengalir seperti sungai Batanghari dan Kapuas? Hanya teks mengalir saja? Oho .... Tentu saja tidak. Dalam teks yang mengalir ini masih ada animasi lain yang membuat teks dalam bentuk 3 (tiga) warna dan seperti saling berkejaran. Warnanyapun bisa sampeyan rubah sesuai selera. Mau seperti

Cara Menambah Elemen Baru di Header Blog: Panduan BloGGeR Elemen Laman

Mungkin sampeyan ingin menambahkan sebuah elemen baru di bagian header blog? Lakukan saja karena pasti banyak gunanya apabila sudah terpasang dan terlihat. Dengan penambahan elemen baru ini, kita bisa memanfaatkannya untuk menempatkan kode html atau javascript guna membentuk sebuah fungsi yang baru. Kalau sampeyan melihat blog ini, penambahan elemen bagian header aku gunakan untuk fungsi translate dan box yang memuat pemberitahuan kepada seluruh pengunjung melalui sebuah marquee effects. Silahkan sampeyan gunakan untuk sesuatu yang memberi support ke blog jika elemen baru ini telah di tambahkan. O ..., ya...

Cara Mengganti Teks Link "Posting Baru" - "Posting Lama" dengan Image Gambar Animasi

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR Modifikasi Blog - Animasi :

Bagaimana menggunakan gambar animasi yang berisi teks untuk mengganti teks link "Posting Baru" ("New Post"), "Posting Lama" ("Older Posts""), dan "Beranda" ("Front Page") yang terletak di bawah kolom komentar (seperti di blog ini)?

Cara membuat dan memasang KATEGORI BlogSPOT dengan Background Animasi

How to Create and Install the category with animated background?
Kepriben carane nggawe kategori nganggo backgroun animasi kuwek?
を作成する方法およびインストールアニメーションの背景と種類を

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR Modifikasi Blog dan othak-athik Template :

He .... bener nggak bahasa planet yang aku buat di atas? Sial bener! Masa mo nulis pakai bahasa Inggris saja musti stress duluan. Biar saja ...! Salah juga "ndableg" saja. Niru gaya Thukul Arwana kadang penting juga. "Biar salah asal pede. Paling-paling orang tersenyum sendiri atau ketawa sampai terkentut-kentut. He ..... Nih..., semua gara-gara waktu pelajaran bahasa Inggris malahan ngacir ngerokok di kantin atau malahan nongkrong di "alun-alun". Menyesal sekarang! Mo nulis pakai bahasa Inggris saja musti buka kamus, google translate plus tambah bingung, he ....! Buat sobat-sobat blogger yang masih sekolah aku cuma pesan satu hal saja : Pelajari dengan sungguh2 MaPel bahasa Inggis kalian. Biar nggak menyesal kaya' si gubhug reyot. Bener-bener nyesel, dah! (Percaya, nggak?! Aku lagi nangis ,nich! menyesali goblognya aku berbahasa Inggris. tapi anehnya ... knapa mata malahan melotot sebesar jengkol? airmata nggak keluar, lagi! huh ... heran aku. Takutnya mata malahan melesat keluar, .. he ....)

Cara membuat dan memasang kategori dengan background animasi :

  1. Contoh : Arahkan mata sampeyan

Adobe Cara Memperbesar dan Memperkecil (Rezize) Gambar dan Photo: Panduan BloGGeR Image Editing

open-filePanduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR ini bisa dimanfaatkan sebagai Panduan BlogDETIK karena edit gambar dan photo tidak membatasi dari mana blog atau blogger berasal. Karena penggunaan Adobe Photoshop di sini hanya untuk mendukung kebutuhan blogger akan posting gambar, maka bentuk panduan dan tutorial juga menggunakan cara yang paling sederhana dan mudah, yang diharapkan nantinya bisa dikembangkan lagi oleh seluruh sobat blogger guna mencapai tingkat kemampuan jauh lebih tinggi.

Memperbesar dan memperkecil ukuran gambar (resize) dengan Adobe PhotoSHOP bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, akan tetapi untuk memulai silahkan buka Adobe terlebih dahulu kemudian lanjutkan ambil gambar yang akan dirubah ukurannya. Untuk melakukan pengambilan atau membuka gambar perhatikan langkah berikut

Cara Menampilkan Photo BloGGeR sebagai Background Shoutbox

Satu Panduan Blogger dan Tutorial BloGGeR spesial untuk sampeyan yang menginginkan shoutbox tampil dengan efek cantik dan photo terpasang sebagai background shoutbox. Photo ini akan terlihat selama cursor tidak diletakkan di atas shoutbox. Barulah ketika pengunjung mulai meletakkan cursor di atas shoutbox dan siap menuliskan pesan berikut data pribadi, photo akan menghilang sehingga semua data pesan dan seluruh bagian terlihat jelas. Silahkan KLIK di sini untuk melihat seperti apa kira-kira bentuk shoutbox dengan background photo blogger ini.

Untuk dapat membuat shoutbox spesial ini sampeyan harus mengikuti tutorial sebelumnya tentang "Cara Membuat dan Memasang Shoutbox" serta ""Cara Membuat Hidden Shoutbox", karena kode baru yang nantinya digunakan masih berkaitan dengan kode pada posting tersebut.

Setelah sampeyan

Cara Membuat dan Memasang Hidden Shoubox - Shoutbox Nongol Hilang

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR kali ini merupakan kelanjutan Panduan BloGGeR sebelumnya tentang (langsung KLIK untuk membuka panduan tersebut!). Supaya shotbox yang sudah sampeyan pasang tidak terlalu meemenuhi halaman blog dan terutama biar terlihat lebih genit, maka akan kita lengkapi menjadi sebuah hidden shoubox yang nongkrongnya di blog sampeyan bagian sebelah kiri atau sebelah kanan. Untuk membangun "Hidden shoutbox" ini, dibutuhkan sebuah javascript dan kode html yang terdiri dari kode css dan xhtml. Melalui bantuan kode tambahan inilah, maka shotbox bisa ngumpet seperti burung beo sampeyan yang pinter ngomong "mboke ..., nambah maning, mboke ..." he ... he ... iya, khan, to?! he .... Dengan perubahan sedikit kode, Hidden shoutbox ini juga tidak hanya dengan cara di "KLIK", baru bisa nongol, kandang burung beo pinter ini bisa juga nongol hanya gara-gara sebuah elusan dan sentuhan yang di berikan pada pintu sangkarnya. Ndak percaya? Coba saja, pasti sampeyan baru percaya! Emang burung Perkutut saja yang bisa merespon elusan tangan? He ....

Pada prinsipnya shoutbox ini akan kita sembunyikan dari halaman blog sampeyan, sehingga yang terlihat hanya sebuah teks dengan bentuk tulisan "Buku tamu". Teks yang berupa gambar (tinggi 145px dan lebar 30px - seperti gambar di samping) ini akan menjadi kunci untuk membuka dan mengumpetkan (menyembunyikan, he ... he ...) si shoutbox supaya kembali ke ...

Cara Membuat dan Memasang Shoutbox:Panduan BloGGeR - BlogSpot Cuap-Cuap

Kembali melalui tutorial BloGGeR kita akan lengkapi
blog dengan "ShoutBox" yang berfungsi memberi kebebasan buat BloGGer untuk cuap-cuap sepuas-puasnya. Shoutbox bisa sampeyan dapatkan di banyak situs yang memberi kelengkapan widget ini secara gratis. Ada yang harus daftar (registrasi) dan ada pula yang bebas ambil tanpa harus banyak cing-cong (KLIK gambar di atas untuk melihat contoh shoutbox dalam ukuran penuh!). Secara serial kita akan postingkan bagaimana cara mendapatkan shoutbox, memasang di blog dan berbagai variasi lain menggunakan javascrip, kode css dan kode html untuk membuat shouthbox semakin keren. Beberapa aplikasi lain untuk membuat shoutbox tampil beda di antaranya membuat shoutbox sembunyi di sisi kanan atau kiri blog dan hanya nongol ketika pada titik tertentu cursor disentuhkan atau di KLIK, membuat shoutbox melayang, dan beberapa aplikasi tambahan lain seperti misalnya bagaimana cara memunculkan gambar sampeyan atau tetangga sampeyan dalam shouthbox dan cara memasang emoticon di shoutbox.

Cara memasang shoutbox di blog :

Cara Ke-2 Memotong Gambar Lebih Presisi dengan Adobe PhotoSHOP

open-file
Dalam Tutorial BloGGeR dan Panduan BloGGeR kembali saya menyarankan sobat bloGGeR untuk bisa menggunakan Adobe demi mendapatkan gambar-gambar yang terbaik dan terkendali dalam ukuran dan beban. Terus terang aku sama sekali nggak punya kepentingan pribadi apapun dengan Adobe. Semua yang aku sampaikan semata-mata hanya melihat betapa pentingnya menggunakan Adobe untuk mendukung aktifitas blogging.

Kali ini kita akan belajar cara memotong gambar menggunakan Adobe Photoshop dengan cara berbeda yang lebih teliti sehingga diperoleh akurasi yang cukup baik pada setiap bidang potong. Posting kali ini merupakan kelanjutan posting sebelumnya tentang memotong gambar posting  dengan cara yang paling sederhana dan gampang. Pemahaman tentang gambar memang sangat penting berkaitan dengan kebutuhan posting gambar yang hampir dilakukan oleh semua blogger untuk memberikan bentuk visualisasi terhadap apa yang disampaikan melalui kata-kata sehingga makna dan maksud yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami. Ketepatan pemakaian ukuran gambar, selain menjadi kebutuhan vital saat posting, bagi blogger yang melakukan aktifitas diluar blogDETIK, terutama BlogSPOT juga sangat dibutuhkan ketika beberapa gambar difungsikan sebagai pelengkap desain blog. Ukuran yang tepat tentunya akan menjadikan loading blog tetap terjaga dan prima.

Cara memotong gambar menggunakan Adobe PhotoSHOP:

Ciptakan Posting Tersusun Rapi: Panduan BloGGeR Cara Membuat Posting

Tutorial BloGGeR dan Panduan BlogSPOT, Tutorial BloGDETIK tentang posting bisa digunakan sebagai dasar untuk memulai sedari awal menciptakan tatanan posting yang rapi mudah dipahami dan beberapa bagian mampu ditonjolkan secara maksimal sehingga orang dengan sangat mudah dan cepat mengikuti alur posting yang kita lakukan. Untuk menyusun posting yang seperti ini kita harus mampu membuat sebuah tatanan posting bertingkat menggunakan kode html "ol" ,"ul" dan "li", yang dalam posting mode "Tulis" di kenal sebagai "daftar bernomor" dan "daftar berbutir". Posting daftar bernomor dan daftar bertingkat yang dilakukan "melalui perpaduan "posting mode tulis" dan "posting mode edit html" akan dapat membuat sebuah daftar bertingkat tersusun secara lebih baik.

Contoh posting "daftar bertingkat" memanfaatkan "daftar bernomor" dan "daftar berbutir" :

Cara Cara Membuat Posting supaya Rapi :
  1. Gunakan daftar bernomor.
    • Dapat dilakukan melalui posting mode "Tulis".
    • Dapat dilakukan melalui posting mode "Edit HTML".
      1. Gunakan kode html "ol" dan "li".
      2. Gunakan kode html lain untuk menciptakan bentuk teks yang berbeda.
    • Dapat dilakukan melalui penggabungan posting mode "Tulis" dan "mode Edit HTML".
  2. Gunakan daftar berbutir.
    • Dapat dilakukan melalui posting mode "Tulis".
    • Dapat dilakukan melalui posting mode "Edit HTML".
      1. Gunakan kode html "ul" dan "li".
      2. Gunakan kode html lain untuk menciptakan bentuk teks yang berbeda.
    • Dapat dilakukan melalui penggabungan posting mode "Tulis" dan "mode Edit HTML".
Contoh seperti di atas apabila selalu digunakan dalam membuat posting, niscaya posting akan dengan mudah dan nikmat untuk diikuti oleh pembaca. Tentu saja membuat model penulisan seperti di atas membutuhkan ketelatenan dan lebih banyak waktu. Inilah salah satu kelebihan kita terlibat dalam dunia blog. Blogging mampu membuat seseorang menjadi lebih cerdas, lebih berwawasan, lebih kreatif dan ada hal yang sangat penting yang membuat hati dan jiwa kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Membuat perlahan-lahan sifat kesabaran kita menjadi terdidik dan terlatih!

Kode html untuk membuat daftar posting bertingkat :

Cursor Animasi Molor2 Gila: Cara Merubah ,Cara membuat, dan Cara Memasang Cursor

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGer kali ini gubhugreyot ngucapin trima kasih yang setulus-tulusnya kepada akang Untung di ujung barat pulau Jawa sono, yang sudah bener-bener ikut berbagi melalui blog ini. Ya ... karena beliaunya stress mikir cursor animasi molor-molor (disampaikan lewat komentar), sekarang jadinya si gubhugreyot jadi ikutan stress (berbagai, ya, kang Untung!). Lha gimana nggak stress, wong masternya dah tak hapus, e .... begitu coment masuk kemudian aku coba di blog ... oalah ... ngggak mau berjoget si cursor molor. Stress ... stresss. Sebagai Ganti si bayi nakal curssor animasi molor-molor (yang masih terus kucoba perbaiki), di kesempatan ini coba keberikan sebuah cursor molor2 gila yang juga menampilkan animasi gif dan animasi molor-molor gila. Nggak percaya? Coba saja, dah! (yang ini masih aku pajang di blog percobaan dan tetap masih beraksi... he ... Aksi gila he ....).

Cara Membuat Cursor Animasi Molor2 Gila :
  1. Login ke BloGGeR
  2. Dasbor : KLIK link Tata Letak.
  3. Elemen Laman : KLIK link Tambah Gadget.
  4. Widget : KLIK link HTML/Javascript.
  5. Copy Paste : Copy Javascript dan simpan di box penambahan widget HTML/Javascript.
  6. Simpan : KLIK "SAVE/Simpan", kemudian lihat hasilnya dengan membuka halaman blog.
Javascript Cursor Animasi Molor2 Gila :

Submit Express: Perlukah Promosi Langsung ke 40 Search Engine?

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR untuk promosikan blog langsung ke 40 search engine.

Pingin sedikit hemat energi buat promosi blog? Datang saja ke Submit Express! Gratis , layanan mudah, cepat dan informasi yang disampaikan gamblang. Melalui Submit Express informasi tentang blog kita akan langsung dikirimkan ke Google, Yahoo, AOL Search, iWon.com, Exactseek, Jayde, Scrubtheweb, Entireweb serta sekaligus akan langsung terdaftar pada beberapa Meta Search Engines, seperti Search.com, metacrawler, Dogpile, mamma, C4, Canada.com, ixquick, Infogrid, query Server, WebInfoSearch, 800go dan beberapa yang lain. Mau coba ?! Ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

Panduan proses registrasi di Submit Express :

  • Submit Express
    Datanglah ke Submit Express dengan KLIK di sini!(http://www.scrubtheweb.com).
  • FREE SUBMISSION
    Lihat gambar di bawah ini :

    » Tulis URL blog kalian : http://..... .blogspot.com/
    » Next --> KLIK "Next" button.
  • FREE Website Submission
    Perhatikan gambar di bawah ini :

    Isi seperti gambar di atas. Alamat email, tanda centang dan tulis karakter kemudian KLIK "submit" button.
  • Thank you for using Submit Express.
    Apabila submit berjalan sesuai harapan (sukses), maka akan disediakan sebuah link dalam bentuk kode html (seperti di blog ini). Copy dan simpan di template kalian.

    Contoh KODE :

Free txt File Hosting Tempat Upload Gratis File txt Panduan BloGGeR Serba Gratis

Posting ini adalah update dari posting sebelumnya yang dibuat ketika saat itu masih banyak free file hosting masih mampu menunjukkan keberadaannya. Seiring berjalannya waktu ternyata satu demi satu hosting gratisan ini berguguran ditelan jaman dan kebangkrutan. Peristiwa seperti ini sungguh terasa sangat memilukan karena ketika dunia blogger semakin bertumbuh dan berkembang dengan pesat justru tak ada lagi pilihan yang bisa dilakukan untuk menyimpan file template seperti javascript dan kode css. Jika dahulu kita dengan mudah menemukan hosting javascript atau kode css baik yang berekstensi .js, css atau .txt, kini itu hanyalah kenangan belaka. Hanya google sites dan google code sajalah kini tempat satu-satunya tempat bagi para blogger untuk dapat menyimpan kode css ataupun javascript. Sampeyan dapat menyimpan file javascript atau css dalam ekstensi txt di google code. File berekstensi .txt ini berfungsi sama dengan ekstensi .js atau .css, jadi tuliskan saja kode yang ingin disimpan menggunakan notepad kemudian silahkan upload sebanyak yang sampeyan perlukan.

Cara Login di Google Code

Bagaimana Mengetahui Secara Cepat Jumlah Komentar Posting BloGGeR?

Hal yang sepele sering kali terlewat dari benak pikiran. Iya, toh?! Ya ... barang yang kelihatannya seperti tidak begitu penting pasti nggak terlalu diperhatikan. Mungkin banyak dari kalian sudah tahu, tapi mungkin banyak lagi yang nggak "nggagas" (kepikiran). Hanya masalah sederhana sebetulnya. Men-set jumlah posting di halaman "Posting-Edit Entri", yang posisinya terletak di ujung sebelah kanan bagian atas agak ke bawah sedikit. Ya .. itulah .. di markas besar data posting tersimpan, yang di dalamnya juga terdapat kolom keterangan tentang jumlah komentar yang masuk. Ada beberapa pilihan jumlah data posting yang bisa ditampilkan di halaman ini, dari jumlah 5 hingga 300. Apa untungnya dengan mengatur tampilan data posting ini?

Beberapa hal jelas menjadi keuntungan bagi blogger. Untuk yang postingnya sudah cukup banyak, sebaiknya atur setting dengan angka di atas jumlah posting yang sudah diterbitkan. Pengaturan seperti ini akan memudahkan dan mempercepat blogger dalam

Membuat dan Memasang Cursor Animasi Molor-Molor

Kembali di Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR ini akan kita kupas tuntas satu persatu yang namannya cursor animasi. Dari Sabang sampai Merauke, dari Ujung Kulon sampai Ujung Pandang. He ... aku ketawa sendiri ketika kubaca judul di atas. Emang apa cursor molor-molor? Aha ... yang penting coba dulu baru tahu apa tuh nyang molor-molor! Emang yang molor cuma milik .... doang?! Jangan tanya molornya cursor. Buih ... bisa satu meter, lhoh! Hi .... Ha ... he ....

Catatan :

  1. Sebelum sampeyan lanjutkan, alangkah baiknya aku sampekan terlebih dahulu, bahwa cursor ini tidak kompatible untuk desain blog "BloGGeR Baru" yang di kenali dengan "BloGGeR Dalam Konsep". Memang aneh juga si BloGGeR ini. Masa dari dulu masih dalam konsep terus. Emang nggak ada yang sanggup lembur nyelesaiin. Ah ... emang repot pakai desain yang masih "diproses". Coba saja lihat di ruang posting. Puh ... bikin gemes pokoknya. Masa mo posting di mode HTML saja loadingnya minta ampun. Kurang sesaji, kali, ya ?
  2. Cursor ini kompatibel dengan semua browser yang ada. Ditanggung bisa dipakai karena aku sendiri dah coba di template blogger "Minima Black" dan tak satupun tercipta masalah.

Cara membuat dan memasang cursor animasi molor-molor :

  1. Login : Loginlah ke BloGGeR terlebih dahulu dengan menuliskan User Name/ alamat email dan Password (Sandi).
  2. Dasboard : Setelah masuk di halaman Dasbor, KLIK link "Tata Letak (Layout)".
  3. Elemen Laman : KLIK di salah satu tempat penambahan widget (Tambah Gadget). Terserah pilih sendiri di bagian sebelah mana "Tambah Gadget" yang mau di KLIK.
  4. Copy Paste : Javascript di bawah ini di ruang "HTML/Javascript (Widget). Bila ingin lebih jelas tentang bagaimana menambah widget blog, silahkan sampeyan buka dulu di sini, atau yang di sini juga hampir sama saja. Kayaknya saling melengkapi juga klo ada kekurangan.
  5. Javascript Animasi Molor-Molor :


    <script language="JavaScript">
    var author="gubhug mleyot";
    var expandspeed="10"; /* semakin besar semakin lebar */
    var collapsespeed="5"; /*semakin besar semakin cepat */
    var numimages="10"; /*jumlah gambar molor. Semakin besar semakin banyak */
    var distance="50"; /* panjang molor-nya */
    var image="http://i964.photobucket.com/albums/ae124/gubhugreyot/anima/LatemBleding.gif";/* gambar pengikut cursor */
    var regkey="";
    </script>

    Download Javascript berikut ini :

  6. Letakkan Javascript hasil download di bawah javascript di atas dengan menambahkan kode :

Penting: Buat Satu Posting Saja di Halaman Utama Blog

Ini adalah sebuah tips dan triks BloGGeR, akan tetapi bisa juga dikatakan sebagai Panduan dan Tutorial BloGGeR. Terserah sampeyan mau menyebutnya sebagai apa. Hanya ...., masalah yang waktu itu aku alami, mungkin saja saat ini terjadi pada sampeyan. Saat itu aku menyadari pentingnya tools "pengatur jumlah posting di halaman utama" setelah ngeblog berjalan selama beberapa-bulan. Betul-betul tak terpikirkan atau terlintas dalam pikiran tolol ku, bahwa masalah sederhana ini punya peran yang sangat penting dalam usaha kita untuk meningkatkan ranking. Hanya sesuatu yang terlihat sepele tapi justru punya peran penting untuk sebuah kemajuan. Ya ...., kemajuan blogger dalam usahanya untuk meningkatkan traffic atau ranking blog atau biasa juga orang menyebutnya popularitas blog. Blogger memang memberi kebebasan yang bisa dikatakan hampir tanpa batas. Bagaimana tidak? Bahkan hingga jumlah 500 posting boleh kita letakkan di halaman utama. Sebuah jumlah yang mungkin saja butuh berbulan-bulan untuk membuatnya.

Bagaimana kita menyikapi masalah ini? Menampilkan banyak jumlah posting dihalaman utama memang gampang membuat kita puas diri dan mungkin saja membuat pengunjung yang membuka halaman utama akan menganggguk-angguk sambil mengacungkan jempol. Hebat! Hebat! Katanya sebelum membuka keseluruhan posting yang dibuat. Ya , karena kesan yang pertama muncul adalah "betapa banyaknya posting yang telah dibuat". Langkah seperti ini sebetulnya baik-baik saja asalkan sampeyan pintar membuat posting yang benar-benar menarik, yang membuat pengunjung merasa betah dengan bertumpuknya posting blog sampeyan. Apabila hal ini tak terjadi niscaya pasti .... slaaaap .... URL blog sampeyan langsung lenyap dari peredaran. Wuih .... repot nggak?! Sia-sia tenaga dan pikiran tercurah untuk bikin posting. Uang bayar ngenetpun terbuang percuma. Eman tenan, to? Jadi gimana langkah terbaiknya?

Panduan BloGGeR Tips Memilih Bentuk File Gambar untuk Blogging

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR tentang bagaimana memilih jenis file gambar yang paling tepat untuk digunakan sebagai penyerta posting atau melengkapi desain blog sangat perlu diperhatikan oleh para sobat BloGGeR. Pemilihan jenis file gambar akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Bagi beberapa blogger yang menggunakan template dengan background gambar besar (gambar yang merupakan background body), pasti akan merasakan perbedaan kecepatan dengan blog yang meskipun sama-sama menggunakan background body akan tetapi di lakukan modifikasi terlebih dahulu terhadap background yang digunakan. Dari beberapa blog yang sempat saya amati, termasuk background bawaan blogger di "BloGGeR Baru", ternyata beban gambar sangatlah besar. Rata-rata mempunyai beban hingga 170 kb. Sebuah beban yang sebenarnya bisa dikurangi hingga 1/4 nya, hingga bahkan berkisar 35kb. Tentu saja perbedaan ini menjadi sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan loading. Gambaran seperti ini, kiranya bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi kita semua, bahwa pengaturan gambar, baik yang digunakan sebagai pelengkap desain blog ataupun posting haruslah ditata dan diatur sedemikian rupa sehingga beban minimallah yang digunakan. Mungkin pada saat awal blog mulai digunakan, masalah loading ini tidak akan begitu terasakan, tetapi sampeyan boleh merasakan nanti setelah terjadi penambahan banyak kelengkapan blog dan posting semakin banyak. Wow ..... baru akan kerasa betapa ... ndut ... ndut ...ndut ... seperti layaknya orang berbadan gendut (seperti aku , he ...) mau naik orang gendut di tanjakan yang miringnya 90' (He ..., mana ada, ya?). Aku tidak bisa menjelaskan secara panjang lebar karena memang nggak tahu sama sekali, tapi yang penting kira-kira ya seperti di bawah ini... He ...he ... (lama-lama kya' orang gila saja! He-ha ... he-he sendiri.... Ha ....).

Tips untuk memilih jenis file ..

Cara Cepat Mempromosikan Blog di StumbleUpon: Panduan BloGGeR Kilat Tingkatkan Popularitas

Satu lagi Tempat untuk promosikan blog sampeyan lengkap dengan cara melakukan promosi blog dan sekaligus cara melakukan registrasi di StumbleUpon. Situs ini tak ubahnya seperti MyBloglog yang didalamnya juga disediakan fasilitas untuk melakukan banyak interaksi dengan semua manusia termasuk blogger seluruh penjuru jagad raya. Tempat yang sangat manis dan ideal untuk promosikan blog, apalagi dengan jumlah member jutaan dan .... wow ... satu lagi yang pastinya spesial dan tepat buat sasaran menjual blog kita. Ssst ... jangan jauh ... sini tak bilangin .... He ... ehhh ... yang nyanggong di sana banyak banget orang Indo ... He .. he ... Maksudnya sobat-sobat kita sendiri. Indonesia, broer! He ... mathuk, khan?! Cocok, khan ?! Yo , cepat saja daftarnya! Keburu ketinggalan becak baru tahu rasa, sampeyan! Lho kok malah diam saja?! Apa barangkali sampeyan tukang becaknya? Kok malah plola-plolo gitu, sih? Nih ... Klo mo daftar caranya dah lengkap. Apa mau di fotocopy dulu? Ha ...... :

Cara Daftar dan Registrasi di StumbleUpon :

  1. StumbleUpon : KLIK "Gambar" di bawah ini untuk naik becak ke StumbleUpon.
  2. Join Lihat di ujung atas sebelah kanan halaman baru (StumleUpon) yang sudah terbuka. KLIK link "Next", kemudian lanjutkan KLIK link "Join StumbleUpon".
  3. Sign Up : Tuliskan data kalian di bawah teks Sign Up to Explore the web like never before.
    • Username : Tulis nama seperti yang digunakan di blog.
    • Your email : Tulis lengkap alamat email.
    • New password : Gunakan password yang sama seperti di email atau blog.
    • Gender : Beri keterangan yang jelas tentang kelamin kalian. Beri tanda pada 2 pilihan yang ada.
    • My birthday : Pilih bulan, tanggal dan tahun kelahiran.
    • Sign Up : KLIK "Next". Lanjutkan KLIK "Sign Up".

  4. Prove you are human! :
    • KLIK "Next". Lanjutkan kembali dengan

Daftar dan Promosi Blog di MyBlogLOG: Cara Cepat Meningkatkan Ranking Blog

Promosi blog menjadi bentuk Tutorial BloGGeR dan Panduan BloGGeR yang sangat penting karena tanpa melalui promosi, blog juga sangat sulit untuk bisa eksis ditengah persaingan yang semakin ketat. Jutaan blogger yang memenuhi dunia internet membuat kita harus jeli untuk melihat peluang yang memungkinkan blog menjadi mudah di kenali oleh mesin pencari. Banyak cara dan tempat untuk melakukan promosi, salah satunya adalah di my Bloglog. Sebuah situs yang tidak hanya merupakan tempat menangkringkan blog saja, tetapi didalamnya kita dapat melakukan banyak

Panduan BloGGeR Detail Cara Menambah Widget Cursor Animasi Jam

Sebelum melanjutkan mengikuti tutorial ini perlu diperhatikan bahwa anda harus mengikuti tutorial sebelumnya guna mendapatkan kode css dan javascript cursor jam dengan identitas/nama blogger melalui link di bawah ini:

Cursor jam dengan identitas blogger

Tutorial ini dimaksudkan untuk memperjelas cara menambah widget yang berupa javascript, kode css atau xHTML, seperti halnya membuat animasi cursor jam yang dilengkapi identitas blogger. Yah, mungkin saja bagi beberapa sobat blogger hal seperti ini cukup gampang dilakukan, tapi mungkin saja beberapa yang lain mungkin akan terasa begitu sulit dilakukan, hingga sering jengkel sendiri.

Untuk memasang cursor jam yang termuat di posting sebelum ini, coba ikuti detail langkah di bawah ini :

  1. Login : Lakukan Login ke BloGGeR dengan cara menuliskan User Name atau Alamat Email.
  2. Dasboard (Dasbor) : Setelah terbuka halaman Dasbor, silahkan KLIK Layot (Tata Letak).
  3. Page Element (Elemen Laman) :

    Halaman yang tersaji di hadapan sampeyan adalah halaman untuk menambahkan widget. Di dalamnya terdapat beberapa kolom penambahan widget, baik di sidebar, footer, header atau main. KLIK Gambar untuk melihat detailnya.
  4. Tambah Gadget :

    KLIK pada bagian yang bergaris putus-putus. Silahkan pilih tempatnya mau yang sebelah mana tidak menjadi masalah.
  5. HTML/Javascript :

    KLIK tepat di teks HTML/Javascript seperti terlihat di gambar tersebut di atas. Untuk melihat detail gambarnya silahkan "Gambar HTML/Javascript" tersebut di KLIK
  6. Paste Kode : KLIK Gambar untuk melihat detailnya!

    Setelah terlihat box penyimpanan KODE HTML/Javascript, letakkan Kode CSS dan Javascript secara berurutan.
  7. Kode CSS di copy kemudian letakkan di antara kode di bawah ini :

Cara Membuat Cursor Jam dengan Identitas BloGGeR: Tutorial BloGGeR Spesial Cursor

Cursor Animasi Jam Dengan Identitas BloGGeR dapat digunakan di seluruh desain blog yang disediakan BloGGeR dan dengan amat sempurna tampil di browser manapun. Sebuah cursor yang cukup elegan sebagai pelengkap tampilan blog sekaligus bisa digunakan sebagai pengingat waktu bagi siapapun agar nggak lupa janji atau jadwal kondangan. Javascript yang kita gunakan untuk membangun cursor jam ini tidaklah terlalu besar sehingga loading blog juga tetap prima. Javascript cursor jump tidak berdiri sendiri, melainkan kita dukung dengan secuil kode css yang berfungsi untuk membentuk karakter teks (font), yang meliputi warna, jenis font (font-family) dan ukurannya. Sampeyan bisa menyimpan javascript dan kode CSS melalui penambahan gadget atau dengan cara meng-upload-nya ke javascript hosting (file hosting) supaya blog tidak terlalu berjubel. Untuk KODE CSS-nya silahkan sampeyan simpan di template saja karena jumlah kodenya tak seberapa.

Cara membuat cursor jam dilengkapi identitas BloGGeR :

Copy dan simpan kode CSS dan javascript berikut dalam template sampeyan!
KODE CSS Cursor Jam :

Panduan BloGGeR Spesial Cursor Animasi

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR (kalian bisa buka juga panduan yang di BlogDETIK = tinggal ganti blogspotnya dengan blogdetik) berikutnya kita akan bahas semua yang berkaitan dengan cara membuat dan memasang cursor animasi di BloGGeR atau BlogSPOT. Banyak sekali jenis cursor animasi yang dapat kita buat untuk menciptakan bentuk cursor baru di BloGGeR, di antaranya cursor animasi jam yang menyertakan identitas blog atau blogger seperti yang anda lihat di sini. Hampir semua cursor animasi tak lepas dari penggunaan javascript karena hanya melalui cara inilah berbagai efek dapat dimunculkan.

Membuat Text-Shadow Ciptakan Efek 3 Dimensi: Panduan BloGGeR Kode CSS

Text-Shadow
Teks dengan Efek Bayangan

Panduan cara membuat efek bayangan pada teks atau text-shadow merupakan satu Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR tentang Kode CSS yang sangat  diperlukan untuk membangun berbagai kreatifitas cantik dengan sedikit kode tetapi mampu memberi penampilan terkini. Pemanfaatan efek bayangan pada teks kode css text-shadow sungguh memberi gaya tersendiri yang hingga saat ini amat jarang di manfaatkan para blogger. Ide untuk memposting teknik membuat text-shadow ini hanya disebabkan "Parmin si gigi tongos" teman blogger ku yang minta supaya dibuatkan "epek" bayangan di blognya.

Ya ..., semua ini gara-gara si Parmin yang kemarin nyerocos minta tolong supaya dibuatkan cara membuat teks yang ada bayangannya. Bagus, katanya! "Wah...., seandainya aku mau nikah, undangannya mau aku buat epek bayang-bayang", kata si Parmin sambil matanya menerawang ke arah rembulan yang terbungkus segumpal mega, "biar pada tahu kalau Parmin nggak kampung amat", mulutnya merenges sambil di sorongkan ke muka ku hingga gigi tongosnya tepat di depan mata. "Kurang Asem...!!!", umpat ku sambil melempar muka ke samping. "Baunya itu, lho! Ampun !" Dan ... Si Parmin hanya tertawa he ... ha .... he ... he ... kaya' kalian sekarang! Ha ......

Contoh text-shadow atau efek bayangan pada teks :

Happy Blogging - This is Tex-shadow

Happy Blogging - This is Tex-shadow

» Happy Blogging «

Happy Blogging - This is Text-Shadow

Cara membuat Text-Shadow :

Menampilkan Avatar, Gambar Animasi dan Photo di Navbar

Membuat Panduan Blogger, Tutorial Blogger atau Panduan dan Tutorial BlogDETIK yang aneh-aneh memang asyik dan bikin orang penasaran. Ya, mungkin saja sesuatu yang baru membuat banyak sobat blogger tetarik dan jadi penasaran juga. Membuat sebuah photo atau gambar animasi yang bertuliskan identitas blog atau identitas blog saya kira pasti jadi sesuatu yang menarik untuk ditampilkan. Untuk membuat ini, kita akan menggunakan permainan hover effects dan opacity effects yang mampu menciptakan transparansi, sehingga sebuah background image mampu tertampilkan di navbar.

Cara Membuat Gambar Animasi dan Gambar Avatar atau Photo di tampilkan di Navbar :

  1. Login to Blogger (Login ke Blogger)

  2. Dasboard (Dasbor) : Setelah masuk dasbor

 
GR | Edited by | gubhug reyot