Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Cara Membuat dan Memasang Scroller Kolom Komentar: Panduan BloGGeR Scroller

Pembuatan box kolom komentar dimaksudkan untuk membuatnya menjadi terlihat lebih rapi, lebih sedikit memakan ruang dan tentunya lebih mempermanis halaman blog. Agar ruang untuk menuliskan komentar lebih longgar kita akan perlebar kolomnya hingga menjadi lebih seimbang dengan halaman blog. Diakhir perombakan kolom komentar, cobalah untuk melihat penampilan baru halaman blog anda. Akan tampak bentuk wajah baru yang lebih elegan dan membuat pengunjung blog menjadi lebih tertarik untuk memberikan komentar terhadap hasil jerih payah kita yang telah dituangkan dalam bentuk posting. Setelah pembuatan box kolom posting terselesaikan, untuk meningkatkan kepedulian pengunjung dalam memberikan komentar, di posting berikutnya kita akan coba merubah beberapa teks dalam kolom komentar supaya terasa lebih ramah dan bersahabat.

Cara Membuat Box Kolom Komentar dilengkapi Scroller:

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Variable Definitions

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR Tips dan Trik :

Sebuah hal yang wajar ketika sesuatu hal mempunyai kelebihan ataupun kekurangan. Bukankah segala yang diciptakan oleh manusia tak pernah "sesempurna" seperti yang diciptakan "Sang Khalik" ?! Hal seperti ini berlaku pula untuk desain sebuah blog atau web. Ketika sebuah web atau blog terlihat begitu sempurna, saat kita coba untuk menelusuri satu demi satu setiap sisi blog ataupun desain dasar-nya, pastilah akan kita jumpai ketidak sempurnaan itu. Hanya dalam masalah kecil, misalnya. Sangat sering terjadi KODE CSS dalam sebuah syntax yang ditulis "dobel". Ya..., kekurangan dan kelebihan bisa menjadi sebuah pertimbangan tatkala

Merubah dan Menambah Variable Definitions Font dan Warna

Panduan dan Tutorial BloGGeR Cara Modifikasi Blog :

Jika kalian menggunakan template bawaan Blogger, dengan cepat anda akan mengenali "Variable Definitions" yang terletak di bagian atas template. KODE ini berfungsi untuk pengaturan warna (color) dan jenis (family) font yang akan kita gunakan di seluruh halaman blog. Perubahan dilakukan dengan KLIK "Font dan Color (Font and Color)" saat kita berada di halaman "Tata Letak (Layout)" setelah dilakukan "Login ke Blogger (Login to Blogger)". Terbatasnya variabel yang dapat diatur font dan warnan-nya pada template bawaan blogger membuat kita tak mungkin menciptakan berbagai variasi warna pada blog sehingga terkadang membuat rasa kecewa karena beberapa bagian halaman blog kita sebenarnya ingin kita tampilkan dengan warna yang berbeda. Keterbatasan ini tentunya karena berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh Blogger sebagai penyedia template, meskipun demikian janganlah masalah sederhana ini membuat kita larut dalam kekecewaan karena dengan mudah kita dapat merubah sekaligus menambahkan banyak variable yang baru dan tentunya dengan cepat pula penampilan blog dapat kita rubah setiap saat.

Cara Mengenali Variable Definitions :

Cara Membuat Widget Recent Posts - Daftar Posting Terbaru

Panduan dan Tutorial BloGGeR Posts :

Recent Posts atau bisa juga nantinya di beri judul "Daftar Posting Lengkap" seperti contoh di bawah, sangat bermanfaat bagi pembaca blog untuk menelusuri dan mendapatkan posting dengan lebih cepat dan mudah. Apa yang terlihat di bawah ini hanyalah sekedar contoh untuk mendemonstasikan bentuk akhir dari recent post yang akan kita buat. Recent posts ini juga bermanfaat untuk meringankan kerja karena daftar isi secara otomatis tertambahkan dengan judul posting terbaru ketika posting diterbitkan. Untuk memudahkan kita melakukan improvisasi

Cara Membuat Daftar Arsip Blog "Open in New Tab"

Daftar arsip atau Achieve blog adalah salah satu widget plugins yang disertakan blogger untuk melengkapi setiap template. mengaktifkan widget archieve dilakukan melalui "Add a Gadget". Saat widget archieve di aktifkan, maka arsip secara otomatis akan memmuat semua posting yang diterbitkan berdasar tanggal, bulan dan tahun dan di dalamnya akan berisi "Link posting" beserta "title posts". Sebagai contoh bisa dilihat di blog ini. Posting List yang berada di bagian kanan halaman adalah "archieve" yang telah dimodifikasi hingga punya title berbeda. Sebagai sebuah widget plugins, "archieve blog" didesain sebagai sebuah link yang ketika di klik akan terbuka di tempat, sehingga jika pengunjung ingin sebuah link dari archieve terbuka di tab yang baru harus klik kanan baru kemudian open in new tab. Dalam tutorial, tips dan tricks blogger kali ini kita akan membuat setiap arsip blog secara otomatis terbuka di tab lain (atau acap kali disebut juga open in new window). Jadi setelah modifikasi ini, klik kanan tak diperlukan lagi. Jika ingin melihat bagaimana hasil modifikasi yang telah dilakukan, silahkan klik pada salah satu daftar posting yang ada di Posting List. Tentang mengapa harus dirubah menjadi sebuah link yang open in new tab adalah karena beberapa kali terjadi sebuah posting yang masih diperlukan karena terlanjur terindih oleh posting baru yang dibuka melalui "arsip blog", maka dengan terpaksa harus kembali dicari kembali. Toh... "dengan dibuatnya archieve blog" menjadi "open in new tab" sama sekali tak akan merugikan bagi siapapun. Seandainya pengunjung tak menginginkan halaman yang terbuka semakin berderet-deret dia juga bisa menutupnya (close tab). Jadi apa salahnya kita buat menjadi open in new tab?!

Salahkah Penggagas "Boikot Pajak" ?

Salahkah penggagas Boikot Pajak ? Entah dari mana asalnya si penggagas ide brilyan ini, tetapi yang jelas "ide cerdas sekaligus reaktif" ini patut kita tanggapi secara positif. Dalam hukum alam sudah jelas terpateri dan menjadi dogma "akibat timbul karena ada sebab". Lha ... Sekarang justru yang perlu digali bersama adalah "pangkal muasal" ide boikot bayar pajak timbul. Jangan seperti kasus "MARKUS di POLRI", begitu "Sang Hero Baru" teriak ada maling, reaksi yang muncul : bungkam sang hero "Susno Duaji", "bongkar "borok-borok Susno" dan seabrek cara untuk "banting balik" si "Peneriak ada maling di Kepolisian RI".

Dalam kasus "Boikot Pajak", munculnya "Kancil Gayus" si pegawai kecil pajak (perlu saya tegaskan : Gayus si Pegawai Negeri Sipil), "unthul" pintar yang lihai mengutil sekaligus merampok uang rakyat bukanlah menjadi sebab utama. Kasus Gayus hanyalah sebagai pemantik dari "ribuan ton bahan peledak" ketidak puasan rakyat terhadap kinerja pemerintah dengan juataan PNS sebagai tangan-tangan kecilnya yang sudah dikenal sebagai tukang bolos, pemalas, korup dan suka memeras rakyat. Seruan boikot pajak seharusnya membuat pemerintah dengan jajaran birokrasi dari pusat hingga daerah melakukan instropeksi diri sebelum berencana "menangkap dan memenjarakan" pencetus dan penggagas ide cemerlang yang sanggup membakar jenggot (orang jenggot saja cuman satu, kok !) ini. Bertobatlah segera mumpung 2012 (kiamat ?!) belum tiba. Atau mungkin kalian mau menumpuk "harta haram" untuk bekal ke neraka ?

Aku sendiri sebagai orang miskin yang tak perlu bayar pajak apapun untuk negara ikut memberi support kepada si penggagas ide menggegerkan dan segar "Tolak Bayar Pajak" ini. Ya ... Buat apa rajin bayar pajak klo cuma untuk di "untal" petugas-petugas negara yang bermental maling. Jujur saja... Sebenarnya kalau bumi dan kekayaan alam yang terkandung di bumi pertiwi ini diurus dengan benar, dengan ketulusan, dengan kejujuran, dengan niatan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, niscaya rakyat tak perlu bayar pajak akan tetapi justru rakyat akan dapat subsidi buat hidup. Hanya pengusaha-pengusaha dan industri saja yang perlu bayar pajak buat rakyat! Untuk menghidupi rakyat! Untuk memakmurkan rakyat! Untuk membangun lapangan bola yang bagus buat rakyat ! Untuk gratiskan berobat bagi ralyat !! Banyak lagi untuk untuk yang lain yang dengan amat mudah bisa dilakukan negara untuk kesejahteraan rakyatnya. Tentu saja dengan satu syarat : Semua dilakukan dengan penuh kejujuran !

Boikot Pajak !

Sebuah "Wacana" yang muncul karena "sakit hati, kemarahan, hilangnya kepercayaan dan kemuakan" terhadap polah para pelaksana mandat rakyat yang selama ini kita kenal sebagai pemerintah atau pegawai negeri, yang terbagi dalam berbagai departemen. Menyedihkan sekaligus membuat hati pilu. Bertahun-tahun sudah negeri ini merdeka. Bertahun-tahun sudah masalah agama di urus oleh negara melalui departemen Agama, bertahun-tahun sudah Pancasila menjadi Dasar Negara dan menjadi kewajiban seiap anak untuk mempelajarinya ketika mulai masuk sekolah. Tetapi lacur ! Apa yang terjadi ?! Kebobrokan moral nggak pernah berubah apalagi hilang dari bumi tercinta ini.

Boikat Pajak ? Sebuah ide cantik yang menggelitik hati dan patut menjadi renungan untuk disikapi. Sebuah keniscayaan yang cerdas untuk "menghajar" pemerintah yang tak kunjung berjalan menindak para koruptor. Ya ..., bagaimana mereka mampu dan bisa memberangus koruptor, orang mereka sendiri sedang terbelit dugaan makan uang Century untuk memenangkan PEMILU. Bagaimana mungkin menangkapi para pelaku korupsi ketika lembaga yang dipercaya rakyat untuk menjadi pemburu, pengadil dan algojo bagi koruptor malahan dikenal sebagai "mafia" pelaku MARKUS dan Pakar Korupsi.

"Bangsa Bengek" ini sebenarnya sudah waktunya untuk mengundang para malaikat untuk mejadi "Presiden hingga Ketua RT", mengundang Napoleon Bonaparte untuk menjadi algojo bagi para koruptor dan memanggil Zooro (si Maling Budiman) untuk menjadi pembantu Malaikat yang menjabat menteri sosial. Agama nggak perlu di urus melalui departemen atau kementerian. Biar langsung jadi urusan setiap orang ama Tuhan. Langsung ... Nggak lewat makelar !!!Mereka semua nggak perlu digaji atau dinaikkan gajinya demi menjaga agar mereka tidak melakukan korupsi. Ya karena mereka memang punya mental "Pancasila" dan bukan "mental kere" seperti bangsa ini. Mental "Pancasila" : biar gaji kecil nggak doyan korupsi. "Mental Kere" : biar gaji segudang, korupsi jalan terus.

Ha....ha...ha.... Aku sebenarnya sudah bosan mengomentari bangsa bengek ini. Bosan melihat "maling-maling" berlaku suci yang berebutan menjadi pemimpin negeri. Ha... ha ... ha... Kita nggak bayar pajak pun sebenarnya bangsa ini sanggup tetap berdiri dan justru mampu memberi tunjangan bagi mereka yang lagi nganggur ketika "Sumber Kekayaan Negeri dikelola dengan kejujuran dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya.

Cara Buat dan Pasang Jam Digital di Header Blog

Panduan dan Tutorial BloGGeR Cara Memodifikasi Blog :

Pasang jam pada blog sebenarnya sangat bermanfaat bagi blogger. Keasyikan saat posting atau "othak-athik" blog seringkali membuat blogger lupa waktu. Bagi yang lagi nggak punya tanggung jawab acara di keesokan harinya, sebenarnya sih nggak jadi masalah, tetapi ketika misalnya pagi harus "ngantor" atau punya "janji khusus", bisa-bisa semua jadwal jadi berantakan. Yanga lebih parah lagi : jangan-jangan justru "SK Pemberhentian Kerja" yang nongol. Untuk mengatasi masalah itu, akan sangat bijaksana seandainya kita pasang jam ditempat yang setiap kali terlihat di dalam blog kita. Disamping bermanfaat bagi "diri sendiri" tentunya juga akan jadi manfaat bagi para "petualang blog" yang juga sering lupa waktu ketika sudah mulai duduk di depan PC dan "jalan-jalan di belantara dunia maya. Oh..., ya... Satu hal yang dapat kita manfaatkan dari "pasang jam di bagian header" ini adalah : Wajah blog kita akan makin bertambah manis !!! Nggak percaya ?! Coba saja ...!

Cara pasanga jam di bagian Header :

Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog-4: Tutorial BloGGeR Cara memodifikasi Blog

Posting ini adalah bagian ke-4 tentang rahasia merubah lebar halaman dan kolom blog. Contoh dalam tutorial diambil dari kode html Template Tata Letak. pertimbangan digunakannya template tata letak (template lama) karena template ini lebih mempermudah blogger untuk memahami desain dasar desain blog. Buatlah sebuah blog khusus yang hanya digunakan sebagai latihan melakukan berbagai modifikasi. Akses untuk mendapatkan template tata letak adalah di Halaman Dasbor. Lihat di bagian terbawah halaman dasbor maka akan dijumpai link Template Tata Letak . Melalui link tersebut anda bisa mendapatkan blog dengan template blogger lama (template tata letak). Ada baiknya buka terlebih dahulu beberapa tutorial di bawah ini untuk lebih mempermudah memahami tutorial bagian ke-4.
  1. Cara Memperlebar Kolom dan Halaman Blog.
  2. Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog bagian-1
  3. Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog bagian-2
  4. Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog bagian-3
Template Son of Moto

KODE CSS yang harus di rubah :

Cara Mengganti Tanda Dalam Kurung di Label Blogger

Panduan dan Tutorial BloGGeR Cara Memodifikasi Blog :

Menghilangkan tanda kurung buka dan kurung tutup (open parenthesis and close parenthesis) yang terdapat dalam widget label kategori/categorie bisa dilakukan dengan amat cepat melalui tool yang disertakan oleh Blogger dalam widget Label, tapi pernahkah terfikirkan untuk merubahnya menjadi bentuk yang lain yang lebih menarik sehingga berbeda dengan yang lain. Ya ..., memang amat jarang ... atau mungkin justru sama sekali belum pernah ada satupun Blogger yang mencoba untuk merubah atau mengganti tanda ini (keramat kali, ya ?!). Sebenarnya dengan amat cepat dan mudah tanda dalam kurung tersebut dalam kita rubah dalam berbagai bentuk menggunakan sebuah image/gambar. Penambahan image untuk mengganti tanda dalam kurung ini akan kita sertai dengan perubahan posisi jumlah Label agar supaya "penampakan" (hi ... kaya dunia setan, saja!) Label tidak terlihat berjubel. Bentuk akhir dari Label yang akan kita modifikasi ini kira-kira bentuknya akan seperti ini :

Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog -3: Tutorial BloGGeR Modifikasi Blog

Panduan dan dan tutorial untuk melakukan modifikasi template ini berdasarkan template lama blogger. Bagi yang berniat belajar pasti akan sangat bermanfaat. Belajar dengan template lama lebih mempermudah dan mempercepat blogger dalam memahami desain blog dibandingkan template blogger baru yang sekarang ini ada. Untuk mendapatkan template blogger lama silahkan buat blog latihan dan gunakan template lama blogger dengan cara memilih Pilih Template Tata Letak yang tersedia di Dasbor pada bagian terbawah halaman. Sebelum tutorial ini telah terposting bagian-1 dan bag-2 oleh karena itu sebaiknya buka dulu 2 (dua) posting sebelumnya.
  1. Cara Memperlebar Kolom dan Halaman Blog.
  2. Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog bagian-1
  3. Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog bagian-2

Template 897

KODE CSS yang harus di rubah :

Cara Membuat Elemen Baru di Sidebar: Panduan BloGGeR Tata Letak

Membuat Elemen baru berfungsi untuk mendapatkan ruang baru guna menambah widget dalam kolom yang berbeda-beda. Dengan elemen yang baru ini membuat penataan blog menjadi terasa lebih mudah. Sebagai bahan percobaan kita akan menggunakan template Minima bawaan blogger. Bentuk desain yang sederhana dari template ini akan memudahkan blogger untuk berujicoba sekaligus memahami secara cepat teknik membuat elemen baru di bagian sidebar.

Beberapa tahapan dilalui untuk membuat elemen baru ini :

Cara Membagi Kolom Widget: Panduan dan Tutorial BloGGeR Widget

Membagi kolom widget menjadi sangat penting untuk menciptakan penampilan blog yang simple, harmonis dan memberikan kesan rapi. Banyaknya hal yang perlu ditampilkan dihalaman blog membuat blogger harus pintar menata sehingga halaman blog terlihat rapi, cantik dan menarik dan jauh dari kesan awut-awutan. Blog tak ubahnya sebuah tempat tinggal yang akan membuat kerasan ketika rumah tinggal tersebut ditata, dipelihara, dihias dan bahkan jika perlu ketika dibangun "mengundang pakar fengshui" dengan harapan menjadi tempat yang menjadi sumber kebahagiaan, memperlancar "rejeki" dan membuat tamu-tamu datang silih berganti dengan membawa "jalan bagi berkah" keluarga. Meskipun beberapa blogger menganggap "penampilan tidak penting, yang penting isinya", tapi percayalah bahwa "slogan bodoh" itu hanya karena memang sang blogger seorang yang "kemproh" (;orang yang tidak mengerti arti kebersihan , keindahan dan kerapian alias mandi dan gosok gigi saja nggak pernah !) atau sebetulnya bukan blogger yang telaten (malas) dan mampu menata blognya dengan baik.

Membagi kolom widget bukanlah sesuatu yang sulit dan sebenarnya dapat dilakukan oleh siapapun, bahkan

Tutorial BLOGGER: Konversi px, em, pt dan % dalam CSS

Satuan yang digunakan sebagai ukuran dalam KODE CSS memang tidak hanya menggunakan satu macam satuan. Dari beberapa satuan yang dikenal, yang paling sering digunakan dalam desain web atau blog adalah em, px, pt dan %. Bagaimana konversi dari ke-4 satuan tersebut sehingga dengan cepat kita dapat memahami ukuran sebenarnya ?

  pt  px  em  %
  6   8  0.5  50
   7  9  0.55  55
  7.5   10  0.625  62.5
  8  11  0.7   70
  9  12   0.75  75
  10  13  0.8   80
    10.5  14   0.875  87.5
  11   15  0.95  95
   12  16  1  100
  13  17   1.05  105
  13.5  18  1.125   112.5
   14  19  1.2  120
  14.5  20   1.25  125
  15  21  1.3    130
   16  22   1.4  140
  17    23  1.45   145
   18  24  1.5  150
  20   26  1.6  160


Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :


Update » January, 08, 2012

» Happy Blogging - gubhugreyot «

Font-Family yang sering digunakan dalam KODE HTML: Panduan BloGGeR Font

Tutorial BloGGeR dan Panduan BlogDETIK tentang berbagai Jenis font yang bisa dimanfaatkan ketika ngeblog ini akan sangat bermanfaat untuk menciptakan berbagai variasi bentuk teks yang membuat blog tampil lebih segar dan tidak tampak monoton. Berbagai macam bentuk font diciptakan melalui kode css atau kode html seperti :

Contoh Kode CSS :

h3{font-family:Cataneo BT;font-size:1em;color:blue; ...dst }, atau yang lain misalnya :
span.antik {font-family:monotype Corsiva;font-size:22px;font-weight:bold; ...dst }

Contoh Penggunaan di Kode HTML :

<div style="background:#555;color;:blue;font-family:Cursive;font-weight:bold;font-size:27px;padding:5px;float:left; .... dst;"> Teks dan isi yang lain </div>

Tabel Font-Family :

Rahasia Cara Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog -2: Tutorial BloGGeR Modifikasi Blog

Untuk mecoba apa yang kami sampaikan pada posting ini alangkah baiknya anda membuka dulu 2 (dua) posting sebelumnya yang di dalamnya juga terdapat prosedur untuk melakukan perubahan desain blog :

1. "Memperlebar Kolom dan Halaman Blog" yang bisa anda buka dengan KLIK di sini !.

2. "Rahasia Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog bagian pertama" yang terpostingkan di sini !.

Rahasia Cara Merubah Lebar Halaman dan Kolom Blog -1: Panduan BloGGeR Modifikasi Blog

Merubah lebar halaman dan kolom blog yang paling mudah akan terasakan ketika desain blog yang kita rubah tanpa menggunakan background image, seperti halnya Template Minima bawaan Blogger atau template-template yang lain dimana background image yang digunakan tidak harus dirubah baik tinggi (height) ataupun lebarnya (width) ketika semua bagian kolom dirubah ukurannya. Meskipun demikian, janganlah mengendorkan semangat kita apabila perubahan desain blog mengharuskan kita juga harus membuat background image yang baru guna disesuaikan dengan perubahan yang kita lakukan. Percayalah bahwa tuntutan dan keharusan membuat background image yang baru tersebut akan semakin meningkatkan pemahaman kita baik terhadap desain sebuah blog maupun pengetahuan kita akan desain gambar/image karena secara otomatis kita akan termotivasi untuk belajar tentang desain background image dengan mempelajari cara membuatnya menggunakan software yang sebelumnya tidak pernah kita sentuh, seperti Adobe Photoshop ataupun software yang lain.

Untuk melangkah lebih jauh pada bagian ini sebaiknya anda

Cara Memperlebar Kolom dan Halaman Blog: Panduan BloGGeR Modifikasi Blog

Membuat desain blog sendiri, baik secara total maupun dari hasil meronovasi blog jadi merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger. Banyak hal sebenarnya yang bisa kita lakukan terhadap desain sebuah blog (template), diantaranya dengan melakukan desain ulang pada ukuran (lebar) kolom, bentuk kolom, bentuk font, jenis font, tebal font, warna background dan warna font, background image, maupun variable lain dalam KODE html yang merupakan komponen dasar untuk membangun sebuah template seperti misalnya padding, margin, border dan beberapa yang lain.

Mendesain ulang lebar kolom sebuah blog sangat berguna sebagai langkah awal mengenal lebih dalam bagaimana sebuah blog dibangun. Melalui ini pula seorang blogger dapat melakukan beberapa

Cara Merubah Teks "Diposkan oleh ...." dan "Posted by ...""

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR Kolom Komentar :

Kalau kita telaten "mengobrak-abrik" kode html dalam template, sebenarnya banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk merestorasi "kemolekan dan kegantengan" blog. Salah satu perubahan yang bisa kita lakukan adalah pada kata "Diposkan oleh ..." atau "Posted by ..." yang biasanya terletak di bawah judul posting. Kata tersebut dapat diganti dengan teks biasa dengan tulisan berbeda atau dalam bentuk gambar/image. Segala bentuk kata bisa kita gunakan untuk menggantinya. Anda bisa menggantinya dengan Written by ..., Dikirimkan oleh ..., Ditulis oleh ..., Dipun serat dening .... atau mungkin anda ingin menuliskan "Dilembur oleh ...". Silahkan saja karena anda bisa menuliskan apapun untuk posisi itu. Contoh perubahan yang bisa anda lihat adalah

Cara Membuat Kolom Baru di bagian Header: Tutorial BloGGeR Modifikasi Blog

Menambah teks atau image di bagian header memang tak bisa dilakukan tanpa mengadakan renovasi ruang header. Desain template dari blogger memang hanya menyertakan ruang untuk judul blog dan ruang deskripsi blog. Membangun kolom baru di bagian ini perlu untuk melakukan penambahan KODE HTML. Cara termudah merupakan satu solusi yang banyak diharapkan karena yang jelas tidak bikin pusing bagi yang belum begitu memahami tentang per"KODE"an (seperti juga aku! Baru latihan dan ternyata sangat asyik !). Penambahan kolom akan kita lakukan di bagian sebelah kanan. Untuk lebar kolom atau tingginya dapat kita atur sesuai kebutuhan, begitupun jumlah kolom yang diinginkan. Satu persyaratan yang harus dilakukan supaya tidak terlalu banyak KODE asli bawaan blogger yang harus di rubah, kamu harus masuk dulu di halaman "Elemen Laman" untuk "memurnikan" kolom header terlebih dahulu. Apabila kolom header sudah dalam kondisi normal, maka perubahan untuk penambahan kolom langsung dapat kita lakukan.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk menambah kolom di bagian header :

Cara Cepat Cari Kode HTML: Tutorial BloGGeR Kode HTML

Mencari KODE html, baik berupa KODE CSS ataupun xhtml dan KODE yang lain pada ruang Edit HTML template bila hanya mengandalkan mata telanjang dan ketelitian melulu akan menyita banyak waktu dan bikin kepala "mot-motan". Ada cara cepat dan sangat membantu kita untuk mencari KODE-KODE tersebut.

Cara Cepat Cari KODE HTML :

Cara Membuat dan Ganti Judul Blog dengan Teks Animasi

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR Animasi :

Membuat blog tampil menarik sudah menjadi kewajiban seorang blogger. Materi posting bagus tentunya harus didukung dengan penataan yang baik dan penampilan menarik. Bukankah sekalipun punya wajah cantik bodi "bahenol" kalau tidak pernah mandi dan berpakaian rapi serta sesekali berdandan akhirnya membuat orang malas juga untuk mendekatinya ? Hal seperti ini berlaku juga untuk sebuah blog. Posting yang sudah dengan susah payah dibuat (nglembur dan menghabiskan energi sekaligus nasi goreng dan rokok) tak jadi menarik bila penampilan blog sama sekali tidak di"othak-athik". "Ah, paling-paling orang ini baru seminggu ngeblog", begitu biasanya petualang blog berkata (dalam hati tentunya) kalau melihat wajah blog yang "sama sekali" persis dengan blog bawaan blogger. "Kacian", khan ?!

Merubah Bentuk teks judul blog kebentuk gambar merupakan salah satu cara merubah wajah header blog. Metode ini memungkinkan kita untuk lebih banyak menciptakan

Cara Membuat Label atau Categories Tampil Cantik

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR Modifikasi Blog :


Mungkin suatu ketika pernah terbersit dalam pikiran kita : Gimana ya membuat bentuk teks "Label" atau "Categories" seperti punya si "Anu". Kok bisa, ya...?! Kok nggak ada template bawaan blogger yang modelnya seperti yang itu ?!

Jangan kuwatir, kawan ! Ada cara super cepat untuk merubah tampilan label atau categories punya kalian. Nggak perlu bingung bagaimana cara buat teksnya. Semua sudah ada yang menyediakan. Gratis, lagi !

Langkah-langkahnya :

Cara Membuat Gambar Animasi sebagai Profil Blogger

Panduan BloGGeR dan Tutorial BloGGeR Animasi :

Bagaimana menampilkan sebuah inovasi baru yang oleh Blogger tidak disediakan fasilitasnya merupakan sebuah tantangan dan keasyikan tersendiri. Upaya ini adalah sebuah ungkapan kepedulian dan usaha untuk memperkaya penampilan Blogger sehingga diharapkan mampu semakin meningkatkan daya saing dan popularitas. Sebuah hal yang sederhana sebenarnya, akan tetapi semoga dapat kita nikmati sebagai sebuah imajinasi yang dapat semakin menambah keindahan dan sekaligus "keanehan" bagi pembaca blog. Bagaimana sebenarnya bentuk Profil animasi ini ? Ya..., demo memang sangat perlu karena acapkali kita kecewa dengan bentuk tutorial yang "muluk" tapi tanpa bisa kita saksikan bentuk sebenarnya. Ya .. karena kadang-kadang juga setelah kita dengan amat telaten dan "lelah" mencoba tutorial yang diberikan, eee .... ternyata

Cara Membuat Date Header (Tanggal Posting) Tampil Gaya

Panduan dan Tutorial BloGGeR spesial :


Sesuatu yang baru belum tentu membuat orang tertarik, tetapi kalau hal baru itu menyangkut gaya penampilan blog pasti akan membuat blogger "kepingin untuk melihat. Bagaimana ? Seperti apa ? Benar nggak, sih ?! Cocok nggak, ya, buat blog ku ?! Hal-hal seperti itu sering atau bahkan pasti menjadi pertanyaan dalam hati setiap blogger.

Kalau biasanya tampilan date header hanya berupa teks memanjang yang menunjukkan tanggal, hari, dan bulan, maka dengan desain date header baru ini kita bisa mengatur seluruh komponen hari , tanggal atau jam dengan warna dan spesifikasi font yang berbeda tergantung selera blogger.

Desain date header baru memadukan KODE CSS dan javascript yang ditempatkan pada bagian head dan body serta sebuah background berbentuk gambar/image sebagai latar belakang yang dengan tujuan memberikan penampilan yang

Panduan Cara membuat Blog Dofollow Dofollow Dofollow

Bila blog kamu masih berbentuk nofollow, sebaiknya segera dirubah menjadi difollow. Apa sih sebenarnya dofollow ? Secara sederhana fungsi dofollow bisa dikatakan sebagai sebuah cara untuk membuat sebuah blog menjadi lebih ramah dan bersahabat terhadap sesama blogger atau pembaca blog. Mengapa demikian ? Dofollow akan membuat link balik (backlink) kepada setiap pemberi komentar sehingga secara tidak langsung maka akan menciptakan lebih banyak komunikasi dan persahabatan yang berakibat pada percepatan peningkatan ranking sebuah blog. Bagaimana cara untuk membuat blog kamu menjadi sebuah blog yang "dofollow" ?!

Cara membuat blog menjadi dofollow :

Cara Membuat Judul Blog - Nama Blog Berbentuk Link: Panduan BloGGeR Link

Contoh bentuk Judul Blog berbentuk Link :


Judul Blog - Nama Blog - Blog Title

O..ya, jika kamu pakai blog bawaan blogger maka judul blognya pasti hanya sekedar teks apa adanya yang sama sekali

Menambah Data Pribadi pada Link Gambar: Tutorial BloGGeR Link

Mungkin anda pernah atau bahkan sering sekali upload gambar/image di free image file hosting Tinypic?! Setelah upload kita lakukan kita akan mendapatkan URL gambar yang sangat sederhana tanpa identitas pribadi yang sudah kita sertakan pada file gambar yang kita buat. Anda tidak perlu kecewa jika anda ingin identitas anda tercantum di dalamnya karena kita dengan mudah dapat

Cara membuat Analog Clock dengan Background Animasi

Gambar di bawah adalah bentuk Analog Clock dengan Background Animasi



Silahkan langsung copy paste KODE dan simpan sebagai

Cara Membuat Background Animasi pada Judul Posting

Background animasi yang dipadukan dengan judul posting akan mampu menciptakan sebuah penampilan baru yang memberi nuansa baru pada blog. Background animasi ini akan membuat judul posting mempunyai latar belakang/bacground baru yang sangat jauh berbeda dari bentuk semula. Variasi animasi background yang dapat digunakan sebenarnya amatlah banyak, akan tetapi kali ini akan kita coba tampilkan sebuah background animasi pelangi yang sangat menarik untuk dimanfaatkan guna memperindah tampilan blog. Contoh bentuk Judul posting yang menggunakan background animasi :

Cara Mengatur dan Merubah Tampilan Font dan Warna di BlogSPOT


Kala anda membuka template di bagian "dasbor" maka ada sebuah toolbar "Font dan Color" yang tampak di sana. Toolbar ini berfungsi untuk merubah warna dan jenis serta ketebalan font pada blog. Jadi untuk merubah beberapa variabel tersebut di atas, anda tidak perlu mengobrak-abrik template. Semua perubahan yang berkaitan dengan font ada pada bagian tersebut.Apabila anda KLIK pada toolbar tersebut akan muncul gambar seperti gambar di atas (KLIK gambar untuk melihat variabel yang lain) ! Setelah terbuka silahkan KLIK pada bagian yang akan di rubah kemudian lanjutkan KLIK pada warna, jenis font, ketebalan ataupun style font dan setelah semua sesuai dengan keinginan lanjutkan KLIK SIMPAN PERUBAHAN. Lihat hasilnya dengan membuka blog !

Variabel yang dapat di rubah :

Cara Membuat Hover pada Background Sidebar Widged

Tutorial BloGGeR dan Panduan BloGGeR tentang Widget :

Hover pada background berfungsi untuk merubah warna background ketika mouse berada di atas bagian tersebut. Sebagai contoh : pada saat kita melihat ada sesuatu yang menarik pada sebuah blog, ketika cursor belum kita arahkan ke bagian tersebut masih berwarna hitam (ini misalnya !), tetapi begitu cursor mulai menyentuh ruang pada bagian tersebut, secara tiba-tiba seluruh bagian ruang (kolom) tersebut menjadi berwarna biru tua, dan bahkan mungkin muncul garis tepi (border). Kondisi seperti ini bisa

Cara Membuat box atau Bingkai Judul Posting: Panduan BloGGeR Modifikasi Blog

Panduan BloGGeR Cara Membuat Bingkai atau Box Judul Posting membawa sampeyan untuk memanfaatkan secara maximal beberapa kode CSS hingga mampu memberikan sebuah penampilan yang lebih menarik pada judul posting. Untuk melakukan modifikasi pada judul posting ini kita hanya akan melakukan perubahan pada kode CSS pembentuk judul posting yang terletak diantara kode (tag) <head> dan </head>

Langkah Pembuatan

  1. Login ke Blogger.
  2. Amankan template : caranya lihat di sini !
  3. Tetap di Edit HTML
  4. Cari Syntax :
  5. .post h3 a{
            ....
            ....
            ....
            dst
    }
  6. Posisi syntax di atas terletak pada deretan kode CSS template pada bagian atas.Untuk mempermudah pencarian gunakan Ctrl+F
  7. Contoh bentuk KODE :

Cara membuat dan Menampilkan Gambar/Image di Judul Posting

Contoh bentuk Tampilan gambar/image yang menyertai judul posting dipadukan dengan marquee effects :

Judul Posting

Mungkinkah menampilkan gambar pada judul posting dan bisa terlihat setiap posting dilakukan ? Mungkin saja ! kenapa tidak ?! Yang kamu perlukan adalah : Cari atau buat dulu sebuah gambar dalam ukuran kecil (kira-kira ukuran tingginya berkisar 14pixel atau height=14px). Gambar ini bisa berupa gambar yang menampilkan identitas blog atau yang berisi hal yang

Cara Membuat Judul Posting Berjalan dengan Marquee Effects: Panduan BloGGeR Kilat

Tutorial BloGGeR tentang Read More Berjalan, dapat juga diterapkan di judul Posting, sehingga judul poostingpun bisa menari. Fungsi ini tercipta berkat Efek bounce yang diciptakan melalui fungsi marquee effects. Penerapan efek ini pada judul posting akan membuat teks pada judul posting bergerak ke arah kanan dan ke arah kiri secara terus menerus. Tek akan berbalik arah ketika sudah mentok di ujung kanan atau kiri. Contoh efek bounce bisa kamu lihat

Cara Membuat Efek Raster pada Gambar: Panduan BloGGeR Efek

Banyak sekali hal sederhana ternyata mampu memberikan suatu hasil yang tidak terduga. Efek raster adalah salah satunya. Hanya dengan memanfaatkan sebuah gambar berbentuk raster yang dipadukan dengan obyek gambar utama yang justru dijadikan sebagai background, maka jadilah sebuah obyek baru dengan bentuk gambar raster.

Contoh di bawah ini adalah sebuah obyek gambar yang diberi efek raster :


Attractive Animated Image Borders : Panduan BloGGeR Cara membuat Animasi Bingkai Gambar

Contoh Gambar dengan Animasi Pada Border


Animasi Border gambar/image merupakan hasil pemanfaatan fungsi padding dan background animasi. Pemberian padding memberikan ruang bagi gambar sehingga seolah-olah tampak sebagai border. Bila kamu menginginkan background image yang lain untuk dimanfaatkan sebagai pembentuk border, kamu bisa menggunakan background animasi yang

Javascript Text Animation: Panduan BloGGeR Cara Membuat Animasi Text

Sebuah animasi text yang sangat cantik dan menarik untuk dimanfaatkan sebagai pemanis blog. Kamu bisa mengisinya dengan kata-kata sambutan atau kata lain yang sekiranya penting atau menarik bagi pembaca blog. Untuk menggunakannya dalam blog sangat mudah sekali karena tinggal copy paste kemudian simpan di bagian manapun dari template kamu. Bis di bagian head, body atau dengan cara menambahkan widget melalui Elemen Laman (HTML/Javascript).

Beberapa variable dapat dirubah untuk mendapatkan efek animasi yang dirasa cocok.
  • var message = tempat menuliskan teks
  • var neonbasecolor, var neontextcolor, var neontextcolor2 = untuk membentuk variasi warna.
  • var flashspeed = untuk merubah kecepatan animasi
    var flashingletters, var flashingletters2 = mengatur jumlah teks warna-1 dan teks warna-2
  • var flashpause = untuk mengatur lama waktu teks berhenti (pause) dalam milliseconds (ms).

Flashing Link Animation: Panduan BoGGeR Cara Membuat Teks Link Animasi

Tutorial Blogger spesial : Cara termudah membuat flashing link yang "ditanggung" kompatible dengan semua browser yang ada adalah seperti berikut :
  1. Login ke Blogger.
  2. Lakukan pengamanan template terlebih dahulu (Lihat di Special Tutorials)
  3. Simpan KODE CSS di atas KODE ]]></b:skin>
  4. Gunakan xHTML saat posting dilakukan.

Contoh bentuk Flashing Link Animation :

JQuery Image Zoomer: Panduan BloGGeR JQuery

Image Zoomer biasa disebut juga sebagai zoom effects, magic zoom, image zoom, magic magnify dan masih banyak istilah yang lain. JQuery.1.3.2.js sanggup melakukan ini dengan sangat sempurna. Inilah salah satu keandalan JQuery.1.3.2.js. Ya..., apapun bisa dilakukan dengannya. Sebuah effect zoom yang sangat fantastic dan mampu memberikan efek zoom secara maksimal dapat dilakukan hanya dengan menambahkan sedikit javascript. Copy Javascript dan Link jQuery.1.3.2.min.js kemudian simpan di bawah tag <head> atau tepatnya di

Cara Membuat Blog Dilengkapi Jam Digital dilengkapi Hari dan Tanggal

Sangat cantik untuk melengkapi tampilan blog, terutama juga sangat efektif untuk mengingatkan waktu bagi diri sendiri atau pembaca blog karena ukurannya bisa dibuat dalam ukuran jumbo. Cara pasang di blog sangat mudah begitu pula KODE yang digunakan sangat simple. Untuk menggunakan jam digital ini cukup copy paste KODE CSS, Javascript dan bisa diletakkan di ruang Tata letak (Edit HTML) atau letakkan melalui prosedur tambah Gadget.

Masuk ke Tata Letak , Elemen Laman, Tambah Gadget, HTML/Javascript, Copy paste CSS dan Javascript kemudian KLIK SIMPAN.

Apabila proses penyimpanan KODE CSS dan Javascript dilakukan di ruang Edit HTML maka simpanlah

Digital Clock : Panduan dan Cara Membuat Jam Digital

Screenshoot Digital Clock :


Langkah pemasangan Digital Clock

  1. Login ke Blogger.
  2. Design (Rancangan)
  3. Elemen Laman (Page Element)
  4. Add Gadget (Tambah Gadget). Lakukan di bagian Sidebar (samping kanan atau kiri)
  5. HTML/Javascript.
  6. Copy paste KODE dan script.
  7. KLIK SAVE (Simpan)
  8. Open your Blog (Buka Blog) untuk melihat hasilnya.
Sampeyan bisa juga meletakkan KODE CSS di atas KODE ]]></b:skin> dan Javascript di bagian body di antara tag <body> dan tag </body>

KODE CSS dan Javascript - Digital Clock :

Syntax Highlighter for Blogger: Tutorial BloGGeR Posting Kode

Keterbatasan akan syntax highlighter (Teks berwarna-warni pada penulisan KODE CSS, Javascript, atau html seperti terlihat di blog ini !) untuk blogger memang sangat membuat prihatin. Inovasi dan kreatifitas sungguh sangat diperlukan untuk semakin memperkaya property yang memungkinkan blogger untuk tampil lebih atraktif. Syntag Highlighter yang pertama ini merupakan hasil modifikasi dari karya Dr. Nic yang alumnus University of Queensland. Apabila ingin mengunjungi websitenya kamu bisa

Gunakan Tagcloud Istimewa Rounded Corners Tag Cloud: Panduan Blogger Kreatif

Tag cloud yang satu ini sangat jauh berbeda dari tag cloud yang selama ini ada dan dipakai oleh seluruh blogger. Dari pengamatan yang aku lakukan, bahkan belum ada satupun blogger yang memakainya. Seluruh komponen dalam tag cloud spesial ini dibungkus dalam bingkai berbentuk lengkung. Dari box hingga setiap linknya. Dan yang lebih penting dari itu semua adalah : Berfungsi dengan amat sempurna di semua browser atau istilah kerennya "compatible with all browsers" ! Kita masih akan menggunakan KODE CSS sebagai pilar desainnya pertimbangan karena pengisian ulang link pada tag cloud tidak terlalu sering dilakukan (bisa dikatakan jarang sekali!) sehingga penggunaan javascript tidaklah mutlak diperlukan. Penggunaan javascript dalam tag cloud ini justru terasakan penting pada desain rounded cornersnya karena bila kita menggunakan KODE CSS murni maka KODE CSS yang diperlukan menjadi terlalu banyak dan sangat tidak praktis serta membuat bingung. Rounded Corners Tag Cloud ini

Tutorial BloGGeR Edisi Khusus: Buat Perbedaan dengan CSS Tag Cloud with Rounded Corners

Untuk menggunakan CSS Tag Cloud with Rounded Corners ini langkah pembuatanya silahkan lihat di posting sebelummya atau bisa klik di sini. Tag Cloud ini juga sudah dicoba dan ternyata hasilnya sama bagusnya dengan yang sebelumnya. Bentuk tag cloud seperti gambar di bawah :



KODE CSS :

Cara Membuat CSS Tag Cloud: Panduan BloGGeR Special Edition

Membuat tag cloud tidaklah harus menggunakak javascript atau KODE html yang rumit dan cara pasangnya membuat pusing kepala. Dengan menggunakan KODE CSS yang simple kita bisa menciptakan sebuah tag Cloud yang sangat cantik dengan penampilan yang tak kalah menarik bila dibandingkan tag cloud lain dengan KODE atau script bejibun. Kelebihan penggunaan CSS murni ini tentunya yang jelas tidak bikin blog tambah "lelet".

Cara membuat CSS Tag Cloud :

Perindah Blog dengan Background Highlight

Background highlight berfungsi untuk memberikan ciri penampilan khusus (penampilan berbeda) pada satu atau beberapa buah teks, sehingga teks tersebut tampil secara menyolok dan dengan sangat mudah dan cepat dilihat oleh pembaca. Agar penampilan background highlight tidak tampil terlalu berlebihan yang berakibat justru merusak tampilan blog dan membuat mata pembaca menjadi terlalu lelah, sebaiknya gunakan

Cara Bikin atawa Membuat Simple Hightlight Text

Cara membuat highlight text yang satu ini amat sangat simple dan mudah serta praktis digunakan. Script yang dipakai langsung diterapkan pada posting yang kita lakukan. Input Button kita pergunakan sehingga bentuk KODE yang digunakan semakin irit. Silahkan untuk melihat DEMO-nya

Cara Membuat Highlight Text: Panduan BloGGeR Percantik Blog

Highlight text akan membuat pembaca blog lebih cepat dan lebih mudah pada saat ingin mengcopy teks yang disajikan. Hanya dengan KLIK atau menyentuhkan Cursor pada "Highlight" atau "select All", maka ketika selanjutnya kita KLIK copy atau Ctrl+C maka secara otomatis semua teks akan tercopy. Javascript yang sangat dan bekerja pada daerah texarea membuat fungsi seperti ini dapat kita lakukan. Untuk membuat Highlight Text seperti dimaksud di atas, kamu bisa copy seluruh KODE CSS, javascript dan tutorial penggunaanya pada DEMO yang telah saya sediakan.

 
GR | Edited by | gubhug reyot