Cumulus swf - flash

Bru masuk angin!

Arsip...

Flag Counters

Flag Counter

Pengikut

Recent Comments plus Kode CSS Box Gelap

Recent Comments

blog-indonesia.com

Vertical Menu

CLICK any categories for open!
Gubhug Reyot

Sobat Ngeblogh

Sobat Ngeblogh

Buat sobat blogger yang mau ikutan jadi follower silahkan KLIK link Follower (Follow) di ujung kanan-bawah. Dari hasil monitoring, ternyata yang link-nya telah dimasukkan ke "Sobat Ngeblogh" mengalami pertambahan pengunjung secara signifikan!
Terima kasih .: Salam :.
gubhug reyot

Pasang Energy Saving/Power Save Mode di Blog

Berikut ini akan kita jelaskan (semampu aku, broer!) tentang cara membuat, cara memasang, cara menggunakan dan cara menyimpan javascript "Energy Saving Mode" yang dikhususkan untuk blog, terutama di Blogger atau BlogSPOT.

Energy saving mode merupakan sebuah desain yang dimaksudkan untuk penghematan energy yang diaplikasikan pada blog (sementara arti sebenarnya dan fungsi penghematan energy ini, hingga detik ini masih aku coba untuk mengerti dengan memasangnya di blog!). Desain dibentuk dalam sebuah javascript dengan memanfaatkan jquery-1.3.2.js. Jika akhirnya dapat tercipta tampilan yang demikian menarik dari desain ini, hal tersebut tak lepas dengan tambahan kode CSS yang sekaligus di aktifkan dalam script. Energy Saving Mode diperkenalkan oleh http://www.onlineleaf.com dan hingga detik ini telah banyak digunakan di berbagai blog. Sampeyan bisa datang ke sana untuk copy scriptnya yang bisa dicopy secara bebas.

Hal terpenting ketika sampeyan menggunakan Energi Saving Mode: karena di dalamnya sudah menyertakan penggunaan jquery.1.3.2.js, maka ketika di blog sampeyan juga memanfaatkan jQuery, akan menjadi sempurna jika link jquery yang selama ini telah sampeyan pakai segera di buang. Bukan sebuah masalah yang membahayakan bagi blog ataupun hal-hal yang mengkawatirkan sebenarnya, ini hanyalah berdasar atas pertimbangan bahwa dengan dengan telah digunakannya jquery dalam desain Energy saving mode, maka semua fungsi dalam blog sampeyan yang dibangkitkan dengan jquery secara otomatis akan langsung di ambil perannya oleh jqury yang terdapat dalam javascript energy saving mode. Dengan cara seperti ini sekaligus apa yang diharapkan dengan dibuatnya desain energy saving mode semakin terwujud. Yah ... sampeyan khan dapat menganalogikan ini dengan seperti misalnya ketika sampeyan pakai 2 buah CD/CW secara bersamaan. He ... he ... selain lucu, aku yakin bahwa sabun cuci jadi lebih boros, juga tenaga sampeyan akan terkuras habis hanya sekedar untuk kepentingan kecil mencuci 2 buah CD/CW! He ... he ... (jangan ikutan ketawa, broer! ini sungguhan, lhoh! wong aku ketika masih kost dulu juga setiap hari sibuk cuci CD... He .... he ... mmmmm..mmm sekarang, sih, udah nggak pernah wong nggak punya! Tiap hari cuma pakai sarung! Hiiii...)

Hus ... yo lanjutin lagi ... Huh.... cerita yang model begini buat sampeyan senang plus ketawa ngakak! Akunya, nih yang repot! Hmmmm ... posting jadi nggak kelar-kelar, mbul! Udah ... jangan cekakakan lagi. N'tar tetangga pada dateng!

Cara menggunakan dan Menyimpan Javascript Energy Saving Mode


Bila sampeyan ingin menggunakan energi saving mode tanpa perlu untuk merubah teks yang ditampilkan ketika energy saving bekerja (layar gelap, broer!), silahkan link javascript ini di copy dan simpan di atas atau di bawah kode (tag) <head>.

<script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js"></script>


  • Login ke blogger : Gunakan User Name (Nama Pengguna) atau Email Address dan Password (Sandi). Setelah semua tertulis dengan benar, klik "Login".
  • Dasboard/Dasbor : Cari dan KLIK link "Design/Rancangan".
  • Design/Rancangan : Cari dan klik "Edit HTML".
  • Edit HTML-1 : Cari kode <head> Gunakan Ctrl+F untuk memudahkan pencarian kode!
  • Copy-Paste : Copy link javascript dan letakkan di atas atau di bawah kode <head>.
  • SAVE Templates/Simpan Template : KLIK SAVE Templates.
  • Buka blog untuk melihat hasilnya!

Contoh penempatan javascript Energy Saving Mode di Template


<script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js"></script>

<head>


Merubah Teks di Tampilan Energy Saving Mode


Dibawah ini merupakan isi dalamnya javascript Energy Saving Mode. Jika sampeyan ingin mengubah teks yang akan ditampilkan saat energy saving bekerja, silahkan ganti teks yang berwarna merah. Harap teks selain warna merah untuk tetap pada posisi semula!

<script type="text/javascript">

var idleTime = 0; var standby = false; function CheckInactivity() { idleTime += 10; if(idleTime > 60) { InitializeStandBy(); } } function InitializeStandBy() { if(!standby) { var h = 0; h = jQuery(window).height(); jQuery("#energysaving").show().css({ height: "0", width: "0", left: "50%", top: "50%" }).animate({ width: "100%", height: h, left: "0", top: "0", opacity: "1" }, 1000); standby = true; } } function StopStandBy() { if(standby) { jQuery("#energysaving").animate({ width: "0", height: "0", opacity: "0", left: "50%", top: "50%" }, 500); setTimeout('jQuery("#energysaving").hide();', 800); standby = false; } } document.write('<link rel="stylesheet" href="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.css" type="text/css">'); if(typeof(jQuery) == "undefined") { document.write('<script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js"></script>'); } function InitJQuery() { if(typeof(jQuery) == "undefined") { setTimeout("InitJQuery();", 50); } else { jQuery(function() { jQuery(document).ready(function() { setInterval("CheckInactivity();", 10000); jQuery(this).mousemove(function(e) { idleTime = 0; StopStandBy(); }); jQuery(document).keypress(function(e) { idleTime = 0; StopStandBy(); }); jQuery("body").append('<div id="energysaving"><p>Energy saving mode<br /><span>Move your mouse to go back to the page.</span></p><div id="copyrightOnlineLeaf">Copyright 2009 <font style="color: #666666;">OnlineLeaf.com</font> - All rights reserved</div></div>'); jQuery("#energysaving").hide(); }); }); } } InitJQuery();

</script>


Setelah teks dirubah, segera upload di file hosting. Simpan javascript di template seperti halnya cara menyimpan yang telah di sampaikan di atas!

Silahkan juga buka Tutorial lain yang sangat menarik dan patut di ikuti sampeyan semua. Akses melalui link di bawah ini :




» Happy Blogging - gubhugreyot «


5 komentar:

  1. kaga ada text warna merahnya????

    BalasHapus
  2. terimakasih ya atas tips nya, maklumlah saya masih pemula dalam mengotak atik blog, kunjungi juga blog saya ya: gtasa-modslibrary.blogspot.com

    BalasHapus
  3. ketauan copas wkwkwkkw ubah dulu sob org gaada teks merah

    BalasHapus
  4. thanks, udah berhasil gan :)

    BalasHapus

 
GR | Edited by | gubhug reyot